Back

Seminar Parenting ABATA: Kiat Sukses Mendidik Generasi Z dan Alpha Berakhlak dan Berprestasi

Pada Sabtu, 2 Desember 2023, Lembaga Pendidikan Islam (LPI) ABATA Sekolah Islam Jakarta Barat menyelenggarakan Seminar Parenting yang mengusung tema “Kiat Sukses Mendidik Generasi Z dan Alpha Berakhlak dan Berprestasi.” Acara ini dilaksanakan di Ruang Serbaguna Ali Sadikin, Gedung Walikota Jakarta Barat, menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten, yaitu Bapak Cahyadi Takariawan, S.Si, Apt, atau akrab disapa Pak Cah.

*Tujuan Seminar: Mendidik Generasi Berakhlak dan Berprestasi*

Seminar ini bertujuan memberikan ilmu parenting kepada orang tua agar dapat mendidik generasi Z dan Alpha dengan akhlak yang baik dan mampu meraih prestasi. Dengan perkembangan zaman yang semakin cepat, pengetahuan tentang cara mendidik anak yang sesuai dengan karakteristik generasi ini menjadi sangat penting.

*Agenda dan Kegiatan Menarik:*

Acara dimulai dengan pembacaan Tasmi’ oleh murid SD EXISS ABATA, menciptakan atmosfer religius yang menghantarkan keberkahan acara. Sesi selanjutnya menampilkan hasil karya murid SD berupa produk lilin aromaterapi, menunjukkan kekreatifan mereka dalam seni dan kerajinan. Murid SMP juga berpartisipasi dengan pembuatan konten menggunakan bantuan kecerdasan buatan (AI), mencerminkan integrasi teknologi dalam pendidikan.

Puncak acara tiba dengan penampilan hadroh yang dibawakan dengan penuh kekhusyukan oleh murid SMP. Kemudian, Pak Cah menyajikan pemaparan materi utama dengan menggali berbagai kiat sukses dalam mendidik generasi Z dan Alpha. Tema-tema seperti penerapan nilai-nilai keislaman, pendekatan positif, dan pemahaman karakteristik generasi tersebut menjadi sorotan dalam materi.

*Interaktif dan Informatif:*

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang memungkinkan peserta seminar berinteraksi langsung dengan Pak Cah. Hal ini menciptakan suasana yang dinamis dan memberikan kesempatan bagi orang tua untuk mendapatkan pandangan yang lebih mendalam tentang pendidikan anak-anak mereka.

*Partisipasi dan Hasil Positif:*

Seminar Parenting ABATA ini diikuti oleh 115 peserta, menunjukkan antusiasme yang tinggi dari orang tua dalam meningkatkan keterampilan parenting mereka. Kegiatan ini memberikan wawasan berharga tentang cara mendidik generasi Z dan Alpha dengan baik, sekaligus menyoroti pentingnya nilai-nilai akhlak dalam proses pendidikan.

Seminar ini bukan hanya sebagai sumber ilmu, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun komunitas yang peduli akan pendidikan anak-anak di era digital ini. Dengan semangat pembelajaran dan kebersamaan, diharapkan hasil dari seminar ini dapat terus memberikan dampak positif dalam pembentukan generasi penerus yang unggul dan berakhlak.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *