Back

Sekolah Islam Jakarta Barat: Asah Komunikasi Lewat PBL

Sistem pendidikan di Indonesia kian hari kian berkembang lebih baik dan diyakini dapat memberikan banyak manfaat bagi para murid di kemudian hari. Generasi yang berkualitas lahir dari pendidikan yang baik.

Sekolah Islam Jakarta Barat menawarkan pendidikan yang berkualitas, berlandaskan ajaran agama, mengedepankan teknologi serta program-programnya yang lebih segar dan modern.

Banyaknya pengembangan baru dalam dunia pendidikan diharapkan akan mencetak generasi yang cerdas, berakhlak baik dalam kehidupan bermasyarakat, bermanfaat bagi orang hingga bangsa.

Program Pembelajaran di Sekolah Islam Jakarta Barat

Project Based Learning

Project Based Learning merupakan suatu metode pembelajaran yang prosesnya mengutamakan sebuah kegiatan atau proyek sebagai media pembelajarannya.

Lewat sistem Project Based Learning tersebut setiap murid akan melakukan investigasi, eksplorasi, menginterpretasi, memberi penilaian, serta informasi sebagai hasilnya yang bermula dari sebuah pertanyaan terbuka.

Kehadiran PBL dalam sistem pendidikan di sekolah Islam Jakarta Barat akan memberikan sentuhan baru yang segar bagi pengajar dan juga para siswanya dibandingkan dengan sistem yang konvensional sebelumnya.

Siswa akan lebih aktif berpartisipasi selama proses pembelajaran juga berlatih bekerja sama dalam sebuah kelompok untuk memecahkan permasalahan yang muncul dalam tugas berbasis proyek tersebut.

Bakat serta kemampuan dari tiap murid yang berbeda ini dapat ditunjukkan melalui sistem PBL sebagai medianya, selain itu juga pengetahuan mereka akan semakin berkembang setelah terlatih dalam mengerjakan proyek.

Kelebihan PBL di Sekolah Islam Jakarta Barat

  • Siswa Jadi Aktif Berpartisipasi

Kurangnya praktik public speaking membuat seseorang akan cenderung takut dalam mengemukakan pendapat.

Dengan adanya metode PBL bisa membuat siswa tergerak untuk lebih aktif berpartisipasi, berani mengungkapkan pendapat, ide atau gagasan serta mengasah kemampuan berbicara di depan umumnya.

  • Mengasah Hard Skills, Soft Skills Dan Life Skills

Mempunyai kemampuan hard skills, soft skills dan life skills dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk di masa depan. Kehadiran metode pembelajaran yang satu ini dapat mengasah ketiga kemampuan pada anak.

  • Melatih Kerja Sama Antar Murid

Setiap proyek yang diberikan akan dikerjakan dalam berkelompok, sehingga kemampuan bekerja sama yang baik sangatlah diperlukan demi mendapat hasil maksimal. Sama halnya dalam kehidupan kita yang tak pernah lepas dari bekerja sama.

Maka dengan diterapkannya sistem PBL di sekolah Islam Jakarta Barat para murid akan berlatih berorganisasi bahkan menjadi seorang pemimpin.

  • Mengubah Metode Tradisional

Metode pembelajaran tradisional lebih mengutamakan pada hapalan dan teorinya, namun tidak dengan praktiknya. Ketidakseimbangan inilah dinilai kurang ketika terjun langsung ke lapangan.

Penerapan metode yang inovatif inilah bermaksud untuk mengubah agar teori dan praktiknya seimbang.

  • Berlatih Memecahkan Masalah

Kita akan selalu dihadapkan dengan masalah setiap harinya dan dituntut untuk segera mengatasinya dengan beragam cara yang dinilai efektif.

Setiap murid akan dilatih dalam memecahkan permasalahan yang terdapat pada pembelajaran berbasis proyek tersebut, diharapkan nantinya mereka akan lebih cepat menemukan solusi ketika dihadapi sebuah masalah.

  • Komunikasi Dua Arah Terjadi

Pada metode tradisional, komunikasi di kelas biasa terjadi hanya satu arah yakni guru yang selalu menjelaskan dan murid bertugas untuk mendengar juga mencatat yang bisa dibilang kurang efektif.

Penggunaan project based learning akan mengutamakan terjadinya komunikasi dua arah yang interaktif sehingga pembelajaran akan lebih efektif.

  • “Student Centered”

Sebelumnya, pembelajaran lebih dipusatkan pada guru, program yang diterapkan  seperti PBL akan lebih memusatkannya pada murid agar mereka lebih terbuka, berani berbicara di depan publik.

“Student Centered” di sekolah Islam Jakarta Barat akan memberi wadah bagi mereka untuk unjuk kemampuan.

  • Toleran dengan Kesalahan

Sering kali para murid takut melakukan kesalahan ketika sedang belajar karena beberapa hal yang sekiranya akan membuat dirinya malu. Karena kebiasaan inilah bisa membuat anak cenderung kurang aktif.

PBL lebih toleran ketika melakukan kesalahan dalam proses belajar karena itu merupakan hal yang wajar dan umum terjadi, sehingga murid tak usah takut lagi melakukan kesalahan dan lebih tergerak untuk aktif di kelas.

Sekolah Islam Jakarta Barat menawarkan program-program berkualitas, salah satunya PBL yang dapat membuat anak lebih aktif, terbuka, pengetahuannya makin luas serta komunikatif.

    1 Comment

  1. Postingan yang bagus. Kami menawarkan solusi pengembangan website dan aplikasi android yang terjangkau dan berkualitas tinggi Dengan tim profesional kami, kami dapat membantu Anda membuat website atau aplikasi android yang berguna untuk bisnis anda. Kunjungi website kami di DeLogic.Net atau hubungi kami di 0811-321-9992

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *