Back

Kunjungan Pendidikan SD EXISS ABATA ke TMII: Menyelami Sumber Energi

Pada Rabu, 17 Januari 2024, 56 murid kelas 3 dari SD Exiss Abata menjalani pengalaman edukatif yang tak terlupakan dengan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mendalami materi teori di kelas khususnya tentang Sumber Energi.

Kegiatan dimulai sejak pagi, saat murid-murid bersiap berangkat dari sekolah menggunakan bus menuju destinasi edukatif mereka. Perjalanan yang penuh antusiasme dan keceriaan menjadi awal perjalanan edukasi yang menarik. Sesampainya di TMII, murid-murid tidak hanya diberikan kesempatan untuk belajar dari buku teks, tetapi juga merasakan langsung pengalaman belajar di lapangan. Mereka mengunjungi beberapa objek wisata, termasuk Museum Transportasi dan Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB).

Museum Transportasi

Museum Transportasi menampilkan berbagai jenis angkutan yang merupakan bagian dari sejarah transportasi Indonesia. Di dalam museum, ada empat anjungan yaitu Anjungan Pusat, Anjungan Darat, Anjungan Laut, dan Anjungan Udara. Semua anjungan tersebut memamerkan benda koleksi yang berharga serta memiliki nilai sejarah, baik dalam bentuk asli, foto, maupun diorama. Para murid dapat mengeksplorasi perkembangan transportasi dari masa ke masa.

Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB)

Setelah menjelajah Museum Transportasi, murid berlanjut ke MLEB. Di sini, anak-anak dapat memahami konsep sumber energi secara praktis. MLEB adalah tempat yang menampilkan berbagai macam sumber energi, mulai dari listrik hingga energi baru seperti solar dan nuklir. Murid mendapatkan pengetahuan lebih lanjut tentang cara kerja dan fungsi dari setiap sumber energi tersebut. MLEB TMII tidak hanya menawarkan edukasi tentang sumber energi, tetapi juga mengajarkan pentingnya pengelolaan energi untuk keberlanjutan lingkungan.

Kunjungan pendidikan ke TMII sangat berarti dan memberikan banyak pelajaran yang berharga bagi murid. Kunjungan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru kepada murid-murid, tetapi juga merangsang rasa ingin tahu mereka. Interaksi langsung dengan lingkungan belajar di TMII memberikan pengalaman belajar yang berkesan dan mendalam. Selain itu, kunjungan ini juga membantu murid untuk lebih memahami konsep yang diajarkan di kelas. Dengan suasana yang penuh semangat, murid-murid kembali ke sekolah dengan pengetahuan yang lebih luas tentang sumber energi. Kunjungan pendidikan ini tidak hanya menjadi momen berharga dalam pengembangan akademis mereka, tetapi juga membuka pintu untuk pemahaman yang lebih dalam tentang lingkungan dan keberlanjutan.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *