Back

Kegiatan Pesantren Ramadhan, Ifthor Jama’i, dan Mabit SMP Leaders Khalid bin Walid

Pada tanggal 1 hingga 2 April 2024, Sekolah Islam Jakarta Barat SMP Leaders Khalid bin Walid mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan, Ifthor Jama’i, dan Mabit yang diikuti oleh siswa kelas 7, 8, dan 9 dengan total peserta sebanyak 51 murid. Kegiatan ini bertujuan untuk:

1. Menghidupkan Bulan Suci Ramadhan dengan amal ibadah.

2. Mendidik anak-anak agar lebih mencintai Ramadhan dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui amal nyata.

3. Menumbuhkan kerinduan dan kecintaan terhadap bulan Ramadhan.

Hari Pertama: Senin, 1 April 2024

peserta mengikuti acara khatmil Qur’an sekaligus tadabur Qur’an

Kegiatan dimulai dengan pelaksanaan shalat dhuha, dilanjutkan dengan pembacaan al-Matsurat dan Asmaul Husna. Setelah itu, peserta mengikuti acara khatmil Qur’an sekaligus tadabur Qur’an.

Setelah shalat dzuhur berjamaah, acara dilanjutkan dengan bermain game yang edukatif dan menonton film edukasi bersama-sama. Kegiatan ini bertujuan untuk menghibur serta memberikan edukasi tambahan kepada peserta.

Pada sore hari, peserta kembali melaksanakan khatmil Qur’an sesi kedua. Setelah itu, peserta bersih diri dan bersiap-siap untuk mengikuti kultum dan Ifthor Jama’i. Acara berbuka puasa bersama ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan di antara peserta.

Setelah melaksanakan shalat isya berjamaah, peserta melakukan presentasi materi tadabur Qur’an yang sebelumnya telah dilaksanakan. Acara hari pertama ditutup dengan tidur bersama di tempat yang telah disediakan.

Hari Kedua: Selasa, 2 April 2024

Hari Ke 2 Pesantren Ramadhan SMP Leaderss Khalid bin Walid Sekolah Islam Jakarta Barat

Pada hari kedua, peserta bangun pagi untuk melaksanakan qiyamullail. Setelah itu, dilanjutkan dengan sahur bersama dan shalat subuh berjamaah.

Kegiatan pagi dimulai dengan pembacaan al-Matsurat pagi dan tilawah al-Qur’an. Setelah itu, peserta melakukan olahraga pagi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik mereka.

Acara ditutup dengan penutupan resmi yang dihadiri oleh seluruh peserta dan panitia. Kegiatan Pesantren Ramadhan, Ifthor Jama’i, dan Mabit ini diharapkan dapat memberikan kesan mendalam bagi para siswa dan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap Bulan Suci Ramadhan.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *