Back

Upacara Kemerdekaan Sekolah Islam Jakarta Barat SD Exiss Abata dan SMP Leaderss Khalid bin Walid

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Tepatnya pada hari Jum’at 18 Agustus 2023, Sekolah Islam Jakarta Barat SD Exiss Abata dan SMP Leaderss Khalid bin Walid melaksanakan kegiatan upacara kemerdekaan sebagai bentuk penghormatan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dan gugur dalam membela bangsa Indonesia menuju gerbang kemerdekaan. Kegiatan ini dilakukan di dua tempat terpisah, yakni Lapangan SD Exiss Abata dan Lapangan SMP Leaderss Khalid bin Walid.

Upacara Kemerdekaan Sekolah Islam Jakarta Barat yang dipimpin oleh kepala sekolah SD Exiss Abata yaitu Ustadz Hisyam Fatoni dan kepala sekolah SMP Leaderss Khalid bin Walid Ustadz Muhammad Alwi. Beliau menyampaikan beberapa amanat tentang perjuangan dalam mencapai kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara peringatan HUT RI ke-78 juga melibatkan para guru dan murid dari kelas 1 sampai kelas 6 SD Exiss Abata dan murid kelas VII – IX SMP Leaderss Khalid bin Walid.

Upacara dibuka dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh petugas paskibra, nilai-nilai luhur yang dapat ditumbuhkan di dalam kegiatan pengibaran bendera ini. Harmonisasi petugas paskibra dalam posisi badan dan gerakan ayunan tangan dan hentakan kaki menumbuhkan rasa gotong royong diantara mereka. Mereka pun harus menjaga kekompakan saat menuju  Hal ini dikarenakan pengibaran Sang Merah Putih merupakan ruh atau kegiatan inti dari pelaksanaan Upacara Bendera.

Dilanjutkan mengheningkan cipta. Peserta upacara bersama-sama mengingat dan menghayati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan serta seraya mendoakan mereka yang telah mengorbankan jiwa, raga, dan harta serta meneladani jiwa patriotisme para pejuang dan kecintaan mereka terhadap bangsa dan negara akan semakin tumbuh dan kuat.

Kemudian Pembina upacara membacakan teks Proklamasi diikuti oleh seluruh peserta upacara. Hal ini dimaksudkan agar para peserta upacara dapat mengingat dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam kemerdekaan bangsa Indonesia.

Berlanjut dengan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang dasar negara Republik Indonesia. Sehingga para murid dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. 

Kemudian yang terakhir adalah amanat pembina upacara Sekolah Islam Jakarta Barat dalam hal ini disampaikan oleh Ustadz Hisyam Fatoni dan kepala sekolah SMP Leaderss Khalid bin Walid Ustadz Muhammad Alwi. Keduanya mengigatkan para murid tentang rasa Syukur kepada Allah SWT atas kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia dengan terus menanamkan nilai-nilai perjuangan sebagaimana perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *