Back

Pembelajaran IPA dengan praktek langsung SD EXISS ABATA

Berkembang biak adalah salah satu ciri makhluk hidup. Makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan keberadaannya di muka bumi ini. Perkembang biakkan pada makhluk hidup bisa melalui proses perkawinan (generatif) atau melalui cara tidak kawin (vegetatif).

Perkembang biakkan vegetatif pada tumbuhan dapat terjadi secara alami atau buatan. Yang paling sering digunakan pada perkembang biakkan vegetatif buatan adalah melalui proses mencangkok.

Materi ini yang coba dipraktekkan oleh murid kelas 6 Sekolah Islam Jakarta Barat SD Exiss Abata sebagai bentuk pembelajaran melalui praktek langsung. Langkah mencangkok yang dilakukan adalah :

  1. Memilih tanaman induk yang akan dicangkok, tanaman yang dipilih berukuran tidak terlalu besar, berumur tidak terlalu tua atau muda, batang berbentuk tegak dan mulus.
  2. Memilih ranting atau batang tanaman yang berbentuk lurus.
  3. Mengupas kulit pada batang tanaman,tujuannya menahan aliran nutrisi dan merangsang pertumbuhan akar
  4. Membersihkan kambium pada batang tanaman, fungsinya agar kulit batang tidak tumbuh kembali.
  5. Menutup batang dengan media tanam dan kulit batang diberikan cairan perangsang tumbuh akar.
  6. Proses mencangkok sdh selesai, dan akar akan tumbuh setelah 3 bulan dari proses pencangkokkan.

Tugas berikutnya dari murid kelas 6 Sekolah Islam Jakarta Barat SD Exiss Abata adalah membuat jadwal piket pengamatan pertumbuhan  dan menyiram tanamanan. Insya Allah 3 bulan ke depan akan tumbuh calon tanaman baru sebagai bentuk kesuksesan mencangkok dan murid lebih faham tentang materi perkembang biakkan tumbuhan.

Oleh : Mohamad Rusdi

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *