Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur dengan Kegiatan Bazar Sekolah

Sepekan yang lalu tepatnya hari Rabu, 14 November 2018 Faqih, Awfa, Rafi dan Reifan mendapat tugas kelompok. Mereka harus membuat ide wirausaha yang akan ditunjukkan saat bazar sekolah. Keempat anak itu mendapatkan kesempatan memperkenalkan kuliner dari daerah Jakarta. Mereka yang bersahabat ini menamai kelompok mereka Sahabat Jakarta. Sebelum mengikuti bazar sekolah, keempat anak itu berdiskusi untuk menentukan kuliner khas apa yang akan mereka jual, harga jual dari kuliner yang mereka jual dan bagaimana cara agar stand mereka menarik untuk dikunjungi. Masih ada enam puluh enam siswa lainnya melakukan hal sama yang terbagi dalam 18 kelompok dengan mengusung 18 daerah di Indonesia.

Kegiatan bazar adalah salah satu bentuk kegiatan belajar mengajar SD EXISS ABATA. Kegiatan bazar kali ini dilaksanakan oleh siswa kelas 6 dengan tema “ Lebih Mengenal Indonesia dengan Kekhasan Kulinernya”. Kegiatan ini selain bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan kecerdasan para siswa juga sebagai implementasi terhadap mata pelajaran yang relevan, seperti implementasi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan melakukan kegiatan jual beli, Bahasa Indonesia dengan melatih berkomunikasi dengan orang lain, Seni Budaya dan Keterampilan dengan membuat kreativitas kuliner yang mereka jual, Matematika dengan menghitung dan menentukan modal, harga jual dan besaran laba/untung yang mereka dapatkan dan mata pelajaran Komputer dengan membuat poster/flyer sebagai salah satu alat dan cara mempromosikan stan mereka dan membuat laporan keuangan sebagai bentuk kontrolisasi pengeluaran dan pendapatan.

Kegiatan bazar bukan hanya melatih dan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman siswa secara akademis tetapi juga menanamkan dan menumbuhkan jati diri siswa untuk menerapkan nilai saling mengasihi, jujur, membangun kepercayaan satu sama lain dan menekankan nilai sopan santun dalam aktivitas kehidupan, seperti hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, yang berbunyi “Pedagang yang senantiasa jujur lagi amanah akan bersama para nabi, orang-orang yang selalu jujur dan orang-orang yang mati syahid.”

Berdagang merupakan salah satu profesi yang sangat mulia dan utama selagi dijalankan dengan jujur dan sesuai dengan aturan serta tidak melanggar batas-batas syari’at yang telah ditetapkan oleh Allah dan rasul-Nya di dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dengan belajar dan berlatih profesi ini dalam bentuk kegiatan bazar diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan menumbuhkan jiwa entrepreneur sukses dunia akhirat, aamiin.

 

Leave a comment