Back

Membuat Jasuke Bersama, kegiatan P5 kurikulum merdeka !

Hari ini, Murid-murid kelas 1 membuat jasuke dalam sesi action Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ya, di sekolah islam jakarta barat kami SD Exiss Abata, setiap hari Rabu memang ada sesi Namanya action, yaitu kegiatan khusus bagi para murid  yang diisi dengan berbagai macam kegiatan praktik sesuai tema yang berbeda-beda setiap pekannya. Membuat jasuke salah satu projek dalam BCT, yaitu Bussines and Career Thematic. Target dalam kegiatan Bussines and Career Thematik, murid dilatih 4P ( product , price, place, promotion ) yaitu kompetensi membuat produk, menentukan harga produk, mencari tempat berdagang dan memasarkan pruduk. Nah, Rabu kali ini murid-murid mencoba berkreasi membuat produk jasuke, yaitu makanan khas dari Jawa Barat yang berarti jagung susu keju. Tidak hanya populer, rasanya yang enak jadi alasan jasuke digemari tidak hanya anak-anak saja, tetapi remaja dan orang tua.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang melibatkan peserta didik secara langsung untuk menyiapkan makanannya sendiri. Kegiatan ini dimulai dari menyiapkan bahan-bahan dan alat yang digunakan, serta mengolah makanan sampai siap untuk disantap. Untuk membuat jasuke, ternyata sangat mudah dilakukan. Alat dan bahan yang dibutuhkan pun mudah untuk didapatkan.

Berikut ini adalah alat dan bahan yang perlu kita siapkan untuk membuat jasuke:

  1. Jagung Manis
  2. Susu kental manis
  3. Keju batang
  4. Parutan keju
  5. Gelas/Cup

Adapun cara membuat jasuke adalah sebagai berikut ini.

  • Mengukus Jagung Manis

Langkah yang pertama adalah kita kupas jagung, cuci/bersihkan, kemudian kita kukus jagung tersebut. Kita bisa mengukusnya selama 15 – 20 menit.  Untuk menambah cita rasa jagungnya, bisa juga kita oleskan margarin pada jagung.

  • Masukkan Jagung ke dalam gelas saji/Cup

Setelah kita kukus hingga empuk dan matang, masukkanlah jagung ke dalam gelas saji yang telah kita sediakan.

  • Parutlah keju dan taburkan ke atas jagung

Kemudian, kita tambahkan parutan keju dan kita taburkan ke atas jagung di dalam gelas tadi. Penyajian keju ini selain menambah cita rasa, juga berfungsi untuk mempercantik sajian jasuke.

  • Tambahkan susu kental manis secukupnya sesuai selera

Langkah yang terakhir adalah tambahkan susu kental manis.

Setelah jasuke selesai kami buat, tibalah saatnya untuk menikmati jasuke bersama-sama. Hm, rasanya enak sekali!!! MasyaAllah Tabarakallah

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *