Back

Kunjungan ke Kidzania Sekolah Islam Jakarta Barat

          Pekan ini kelas 1 SDIT A BA TA melaksanakan kegiatan Kunjungan Pendidikan ke Kidzania, yaitu pada hari Kamis, 8 Agustus 2022. Sebelum melakukan kunjungan tersebut siswa-siswi melakukan aktivitas yang dimulai dari hari senin yang disebut introduction dimana mereka mengenal makna dari cita-cita. Bahwa cita-cita adalah keinginan, harapan, atau tujuan yang selalu ada dalam pikiran seseorang (ingin menjadi ….?).

Dilanjut di hari Selasa, yaitu Planning, dimana siswa merencakan kegiatan untuk membuat pohon cita-cita menggunakan pohon besar yang terbuat dari karton dan dihias dengan aneka bunga serta hewan seperti kupu-kupu, burung, dan lain-lain sesuai yang mereka inginkan. Di pohon besar terbuat bunga yang mereka buat dituliskan aneka cita-cita mereka, diantaranya adalah ada yang ingin menjadi dokter anak, polisi, pemadam, pembalap, cheef, dan masih banyak lagi.

Alhamdulillah saatnya action, yaitu kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh para siswa kelas 1 paralel Sekolah Islam Jakarta Barat. Siswa-siswi mengikuti kegiatan belajar  yang diadakan di Kidzania dengan semangat. Mereka sangat senang karena dapat bermain sambil belajar.

          Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 10.00-13.00 Wib. Siswa berkumpul di sekolah untuk mendapatkan pengarahan dari wali kelas dan juga kepala sekolah. Selama perjalanan anak-anak pun menikmati keseruan bersama ustazah juga teman-teman.

          Di Kidzania  anak-anak menikmati permainan dengan pilihan mereka masing-masing. Kegiatan yang mereka pelajari diantaranya, pemadam kebakaran, polisi, pilot, perawat bayi, membuat mie, mengamati bakteri, dokter gigi, pembalap, dan masih banyak lagi. Selain mendapatkan ilmu mereka juga mencoba secara langsung proses pengalaman kerja dan mereka akan mendapatkan hasil bekerja berupa hadiah maupun uang (uang Kidzania). Proses pembelajaran ini memberikan pengalaman yang bermakna bagi anak-anak, menanbah bekal wawasan  dan pengalaman sebagai bekal untuk menjadi anak yang mandiri.

          Alhamdulillah Sekolah Islam Jakarta Barat A BA TA selalu memberikan kegiatan-kegiatan yang seru dan menyenangkan untuk anak-anak sebagai bekal dimasa mendatang. Semoga apa yang sudah dipelajari dapat bermakna dan menjadi wawasan luas, serta sukses dunia akhirat. Aamiin. `

          Setelah mereka melakukan action, keesokan harinya para sisa menulis laporan kegiatan (Report) tentang proyek cita-cita di sekolah dengan menggunakan karton secara berkelompok. Mereka menulis mulai dari tujuan, alat dan bahan yang akan disiapkan, tujuan, serta tak lupa mereka menulis nama mereka sendiri diakhir penulisan (Created by). Dan dilanjut dengan presentasi tentantang proyek cita-cita menggunakan slide bersama dengan kelompok yang sudah ditentukan. Alhamdulilah ananda semua senang dengan kegiatan proyek cita-cita.

Dokumen Kidzania

                                                          

  Created by : Maemuah.

    1 Comment

  1. Fuad
    January 24, 2023
    Reply

    Good activity

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *