Back

Kegiatan Outbound Kelas 1 s/d 5 Sekolah Islam Jakarta Barat SD Exiss Abata

Outbound adalah salah satu metode pembelajaran melalui experiental learning. Bentuk kegiatannya aplikasi game-game yang ringan, setiap game dalam kegiatan outbound mengandung makna yang dalam, filosofis, dan sarat akan pesan-pesan simbolik yang bermanfaat serta membangun karakter ke arah kesuksesan dalam kehidupan, baik kesuksesan di tingkat individu maupun kesuksesan tim atau kelompok. Metode outbound merupakan metode yang paling efektif dalam mengakomodasi kebutuhan tuntutan terhadap hasil suatu pelatihan. metode ini efektif dalam membangun pemahaman terhadap suatu konsep dan membangun prilaku karakter individu. Karakter tersebut diharapkan dapat tertanam dan akan menjadi pribadi individu yang lebih baik.

Adrianus dan Yufiarti (2006:44) mengatakan bahwa “pada kegiatan outbound terdapat unsur-unsur pengembangan kreativitas, komunikasi, mendengarkan efektif, kerjasama, motivasi diri, kompetisi, problem solving dan percaya diri.” Melalui pengalaman belajar sistem outbound maka individu akan lebih peka terhadap tugas yang dimilikinya, lebih kreatif serta tertanam nilai-nilai kejujuran. Kejujuran akan terwujud dengan belajar berkompetisi yang tepat sesuai aturan, kepribadian yang termotivasi pada hal yang lebih positif akan tertanam nilai kejujuran yang lebih besar.

Pada Hari Selasa dan Rabu bertepatan tangga 15 s/d 16 November 2022 Ananda kelas 1 s/d kelas 5 mengadakan kegiatan outbound yang bertempat di lapangan Sekolah Islam Jakarta Barat SD Exiss Abata. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang menjadi bagian yang tak pernah terlewatkan, adapun untuk pembagiannya adalah :

Sesi 1 pukul 07.30-08.50 WIB diperuntukkan bagi kelas 3 & 4

Sesi 2 pukul 09.00-10.10 WIB diperuntukkan bagi kelas 5

Sesi 3 pukul 10.20-11.30 WIB diperuntukkan bagi kelas 1 & 2

Dipandu oleh kakak-kakak pelatih pramuka yang mengawali sesi dengan Icebreaking yaitu relaksasi sebelum memulai permainan, menyamakan visi dan frekuensi, game bersama seluruh peserta, dan pembagian kelompok dengan ketentuan setiap kelompok beranggotakan 8-10 orang. Sesi ketiga yaitu kerjasama diisi dengan fun games dengan tujuan untuk menumbuhkan kerjasama antar peserta. Sesi keempat yaitu kompetisi, dengan tujuan meningkatkan prestasi, bersaing secara sehat antar kelompok.

Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan siswa-siswi sangat antusias dan senang dalam mengikuti outbound. 

    2 Comments

  1. December 5, 2022
    Reply

    Exiss Abata is the best

  2. Hisyam
    December 6, 2022
    Reply

    Alhamdulillah kegiatan yg penuh dgn nilai nilai kehidupan

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *