Back

Asyiknya Belajar IPA di SD EXISS ABATA

Dalam pembelajaran IPA dibutuhkan metode yang tepat dalam penyampaiannya . salah satu metode yang paling tepat dalam pembelajaran IPA adalah metode praktikum, karena metode praktikum membuat para siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran.

Dalam pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) banyak sekali materi yang harus menggunakan metode praktikum. Ilmu pengetahuan Alam (IPA) sebagai ilmu pengetahuan yang sistematis dan tersusun secara teratur, berlaku umum dan kumpulan data hasil observasi dann eksperimen. IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan tetapi juga merupakan proses penemuan.

Dari pernyataan tersebut jelaslah bahwa pembelajaran IPA sangat membutuhkan sebuah praktikum atau percobaan

SD EXISS ABATA selalu memperhatikan tentang perkembangan pengetahuan setiap siswanya, tidak heran jika SD EXISS ABATA bukan hanya menjelaskan secara teori tetapi setiap siswa juga mempelajari pengetahuan alam dengan konsep Real atau nyata dengan melalui Project setiap minggu melalui praktikum.

Dengan adanya praktikum setiap siswa akan berperan aktif dalam memperoleh penemuan-penemuan yang ada di sekitar.

Salah satunya yang baru dipraktikan adalah kelas 4 dengan Percobaan Perpindahan Energi Panas dan bunyi. Sebelum siswa memulai praktikum guru akan terlebih dahulu menjelaskan  tentang teori Perpindahan Energi Panas  dan Energi Bunyi. Setelah itu siswa akan memulai praktikum untuk membuktikan kebenaran tentang teori tersebut.

Dengan project yang bervariasi setiap minggunya tidak heran jika murid-murid SD EXISS ABATA dapat unggul dalam pengetahuan dan konsep dasar secara nyata.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *