SMP Khalid bin Walid atau juga dikenal dengan ABATA Srengseng merupakan salah satu lembaga pendidikan menengah pertama terbaik di wilayah Kembangan Jakarta Barat. Siswanya setiap tahun terus berdatangan.

Oleh sebab itu kami akan review berdasarkan website resmi, wawancara dengan pihak pengelola, dan beragam sumber lainnya. Kami akan sajikan keunggulan pendidikan, serta biaya masuk terkini.

SMP Tahfidz Khalid bin Walid Srengseng

SMP Tahfidz Khalid bin Walid Srengseng adalah lembaga pendidikan Islam yang tidak hanya menekankan aspek pendidikan formal saja, tapi juga mengintegrasikannya dengan pendidikan Islam dengan cukup baik.

Artinya antara pendidikan keislaman dengan pendidikan formal diramu dengan seimbang. Tidak salah satu diunggulkan, tidak pula salah satu ditinggalkan. Inilah yang menjadi daya tarik utama.

Program Pendidikan dan Kurikulum

Program pendidikannya terdiri dari tiga bagian utama. Yang pertama adalah kurikulum naisonal dengan pembelajaran wajib pada materi Matematika, IPA Tematik, Bahasa Indonesia, Inggris, IPS dan lainnya. Ini sesuai dengan standar pemerintah.

Yang kedua adalah kurikulum kepemimpinan yang mengedepankan pendidikan akhlaq, leadership melalui program outbound, bahkan life skill. Ini cukup bagus untuk siswa dalam masa aqil baligh. Berikutnya adalah program Al Quran.

Kegiatan SASS Leaderss Camp K7 2021 – 2022

Al Quran dan Tahfidz

Nah di SMP ini menurut kami cukup berani menampilkan standard Al Quran dengan begitu tinggi. Metodenya adalah UMMI, yaitu metode yang sering digunakan oleh banyak sekolah unggulan di Indonesia.

Adapun untuk targetnya adalah lulus tartil 6 jilid UMMI, memahami tajwid dan ghoroibul Quran sebanyak dua jild. Bahkan Waqf Ibtida’ satu jilid. Total yang harus dipelajari 9 jilid.

Belum cukup sampai itu, bahkan untuk hafalan Quran memiliki target sampai 5 juz yaitu juz 1, 2, 28, 29, dan 30. Untuk ukuran SMP, ini sangat banyak. Bisa dikatakan sebagai salah satu SMP Tahfidz Quran.

Pendidikan Life Skills

Sisi menarik lain dari SMP ini adalah life skill yang melimpah dan menjadi bagian kurikulum penting. Di antaranya adalah berenang, beladiri praktis, throwing sport, safety riding, ini menjadi ketrampilan dasar.

Masih adalagi safety procedure dan mountaineering, navigasi darat, botani dan zoologi praktis, jungle cooking. Hal ini tidak banyak dilakukan di sekolah sejenis.

Fasilitas Melimpah

  • Gedung milik sendiri
  • Perpustakaan
  • Wifi 24 jam
  • Lapangan olah raga
  • Ruang UKS
  • Laboratorium IPA
  • Laboratorium Komputer
  • Kantin Sehat dan Halal
  • Parkir Mobil

Ektrakurikuler

PencaksilatFutsal
Basket BallRenang
MarawisSinematografi
TaekwondoMemanah
RoboticPramuka
Bahasa InggrisDll

Untuk ukuran siswa SMP, beberapa ekstra ini cukup bagus untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Utamanya dalam Robotic dan Sinematografi.

 Biaya Masuk SMP Leaderss Khalid bin Walid 2022-2023

Biaya PendaftaranRp550.000
Uang PangkalFree
Uang Pendidikan 2022-2023Rp4.000.000
Bahan Pembelajaran & SeragamRp2.300.000
SPP Bulan Juli 2022Rp900.000
TotalRp. 7.750.000

Biaya di atas belum termasuk potongan jika berasal dari SD Exiss Abata, yaitu sebesar 10% dari uang pangkal. Lumayan. Untuk informasi lebih detil bisa hubungi nomor 0812 1348 2972.

Menurut kami biaya di atas tergolong tidak mahal. Bisa dibandingkan dengan SMP Islam lain di Jakarta yang berada di kisaran 20 jutaan. Linknya bisa dikunjungi di sini. Sudah kami  sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap SMP Tahfidz Khalid bin Walid berada di Jalan Haji Mandor Salim No. 45 Rt 5 Rw 2, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sajikan di bagian bawah.

Untuk informasi lengkap, lebih update dan valid bisa kunjungi website resminya di https://abata.sch.id/. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Source : https://panduanterbaik.id/smp-khalid-bin-walid/

Leave a comment