Back

Simulasi Gempa SD Exiss Abata

Indonesia merupakan daerah pertemuan 3 lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia dan lempeng Pasific. Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatra, Jawa dan Nusatenggara, sedangkan dengan Pasific di utara Irian dan Maluku utara. Di sekitar lokasi pertemuan lempeng ini akumulasi energi tabrakan terkumpul sampai suatu titik dimana lapisan bumi tidak lagi sanggup menahan tumpukan energi sehingga lepas berupa gempa bumi.
Berdasarkan fakta tersebut tidak heran jika gempa seringkali terjadi di negara kita Indonesia.
Lanjutan dari peristiwa gempa juga biasanya diikuti dengan bencana alam yang lainnya seperti tsunami dan erupsi gunung merapi. Mengingat kemungkinan terjadinya gempa dan bencana lain akan lebih sering terjadi di wilayah Indonesia dibanding negara lain. Pengetahuan dasar tentang penyelamatan diri saat bencana terjadi inilah yang seharusnya diperkenalkan pada anak-anak sejak dini.

Diantara program kegiatan yang Ada di SD Exiss Abata adalah program pengenalan dini mengenai Tim SAR. Beberapa kegiatan dalam ini antara lain, simulasi gempa, praktek membuat tandu penyelamatan, praktek pengobatan bagi yang terluka, serta simulasi penyelamatan dalam air. Tepat pada hari Kamis tanggal 25 Oktober SD Exiss Abata menggelar kegiatan simulasi gempa.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *