Back

Semarak Muharrom

Pada pekan ke-3 September 2017 murid Kelas 1 Exiss ABATA melaksanakan Tematik EST yaitu Emotional and Social Thematic yang dikemas dalam pembinaan karakter Planning Skill pada proyek Semarak Muharrom. Persiapan proyek dimulai dengan Weekly Plan, informasi lagu, dan informasi agar wali murid menyiapkan pakaian nuansa putih untuk ananda kenakan pada hari Jum’at.

Hari Senin, 18 September  2017 murid melaksanakan tahapan Introduction. Murid mengamati slide untuk mengeksplor tentang Santunan, nama-nama bulan Masehi dan Hijriyah. Mengeksplor tentang keistimewaan bulan Muharrom yang menjadi salah satu sumber belajar murid melalui video yang diunggah dari internet. Keistimewaan itu diantaranya (1) termasuk empat bulan Haram (suci), firman Allah SWT dalam QS. At Taubah/9: 36; (2) dinamakan juga Syahrullah atau Bulan Allah, dalam Hadits Nabi SAW (HR. Muslim); (3) merupakan bulan kemenangan Nabi Musa AS atas Fir’aun, dalam Hadits Nabi SAW (HR. Al Bukhary); (4) saat disunnahkan puasa hari Asyura’, dalam Hadits Nabi SAW (HR. Muslim); (5) saat disunnahkan puasa tasu’a untuk berbeda dengan Yahudi, dalam Hadits Nabi SAW (HR. Ath Thabrani dan Baihaqy serta Ibnu Huzaimah); (6) saat puasa sunnah tanggal 11 Muharram, dalam hadits Nabi SAW (HR. Ahmad); (7) saat bersedekah pada hari ‘Asyuro. Murid mengamati contoh kegiatan bersedekah. Murid menonton video dan lagu yang mengandung hikmah untuk memotivasi dan mengembangkan empati. Berbagai ekspresi yang muncul di wajah anak kelas satu di kelas In syaa Allah menunjukkan respon neurons atau koneksi sinaptik yang banyak atas hikmah dari tayangan video/lagu. Beberapa mata terlihat berkaca-kaca. Murid menyebutkan kegiatan yang dilakukan dalam tayangan dan kegiatan yang dilakukan setiap hari. Murid menentukan lama atau sebentar untuk contoh kegiatan yaitu saat: latihan dan tampil, ibu memasak dan makan, tidur siang dan tidur malam, naik tangga dan meluncur di perosotan, mandi dan menyikat gigi (Matematika).

Hari Selasa, 19 September 2017 murid melaksanakan tahapan Planning 1. Murid membaca kalimat Murid Kelas 1 latihan penampilan pada siang hari. Lalu membaca lagi kata siang. Lalu membaca  ng. lalu menebalkan huruf n dan g, serta kata lainnya ( Bahasa Indonesia). Murid dengan bimbingan wali kelas membicarakan rencana tampil dalam acara santunan pada hari Jum’at, 2 Muharrom 1439 H/ 22 September 2017. Persiapan dilakukan dengan melibatkan wali murid membantu mengingatkan ananda agar menghafalkan atau mengulang-ulang lagu tampilan di berbagai kesempatan di rumah. Planning hari pertama murid latihan tampil di ruang kelas. Murid putri di shaf depan dan murid putra di shaf belakang. Murid dipersilahkan mengukur bahu untuk menentukan posisi masing-masing. Murid yang lebih tinggi di belakangnya, dan di pinggirnya. Murid terlihat lebih menikmati latihan saat tampilan lagu diselingi lagu lain atau video lucu.

Hari Rabu, 20 September 2017 murid melaksanakan tahapan Planning 2. Murid menyebutkan kembali perilaku terpuji: jujur, bertanggungjawab, hidup bersih, dan disiplin. Murid bersama guru menyebutkan berbagai contoh disiplin, salah satunya adalah latihan penampilan dengan tenang (c.q tertib). Murid menentukan benar atau salah setiap kalimat perilaku terpuji yang diajukan pada soal (PAI). Murid latihan tampil di area terbuka lantai outbound di lantai 1. Latihan gabungan kelas 1 Abu Bakar, 1 ‘Umar, dan 1 ‘Utsman, dengan formasi seperti saat penampilan nanti dengan posisi masing-masing murid mirip seperti posisi saat di kelas. Murid latihan dengan gerakan yang dipandu para Ustadzahnya yaitu Ustadzah Ary Yustanti, S.Pd.I, Ustadzah Sri Rahayu, S.E, Ustadzah Maemunah, S.Pd, Ustadzah Arfiah, S.Sos, dan Ustadzah Djuhanah, S.Pd.I, serta Ustadzah Syarifah, S.Sos, yang sambil tergabung menyiapkan santunan. Icebreaking dilakukan dengan reward jumlah bintang secara lisan, acungan jempol, dan bermain/game tepuk. Murid dipersilahkan bersiapan-siap untuk pulang setelah dipilih yang bisa menjawab dengan benar tentang kedatangan besok, keadaan saat datang, pakaian yang digunakan, apa saja yang dibawa, dan yang paling kompak membaca do’a penutup. Yang terlewati dari latihan ini yaitu pemilihan murid untuk menjadi pemandu gerak teman-temannya saat tampil di acara santunan.

Hari Kamis, 21 September 2017 hari libur nasional Tahun Baru Islam 1 Muharrom 1439 Hijriyah.

Hari Jum’at, 22 September 2017 murid melaksanakan tahapan Action. Murid berwudhu’ sebelum sholat Dhuha’ dilanjutkan makan snack, lalu berbaris menuju halaman gedung B untuk ikut serta acara Santunan Muharrom. Murid-murid Kelas 1 gabungan dari Kelas 1 Abu Bakar, Kelas 1 ‘Umar, dan Kelas 1 ‘Utsman, menyajikan penampilan nasyid terjemahan surat Al Fatihah. Murid ada yang tampil sungguh-sungguh mengikuti gerakan pemandu, ada yang badannya diam tapi suara lantang, ada yang bernyanyi pelan sambil menoleh-noleh, ada yang tangan diangkat setinggi kepala, ada yang wajahnya berhadapan berdua, ada yang menoleh ke temannya di belakang dalam waktu lama, ada yang seluruh badan berputar ke kiri dan ke kanan, …Alhamdulillah mereka tampil lancar.. Beberapa suara terdengar eehh ade kamu lucu banget liat deh.. Yaa Allaaaaahh..

Beberapa kesan ananda terucap saat di kelas. Alhamdulilah, semoga dapat menunaikan berbagai tugas lain dengan baik, lancar, dan gembira; serta bermanfaat dunia-akhirat ya, Nak..  Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *