Back

Saat Berharga Untuk Anak Kita…

 

Waktu berlalu begitu cepat “Waktu kita hanya sedikit”.

Anak-anak tak selamanya kecil. Ada saatnya mereka tumbuh dewasa, mandiri dan berkeluarga.

Ketika anak-anak menjadi dewasa… rumah kita akan menjadi sepi dari segala kegaduhan dan gangguan, serta tidak akan kita dapati lagi coretan dan gambar-gambar lucu di tembok rumah, atau tempelan dan gambar berwarna warni pada pintu lemari es..

Ketika anak-anak menjadi dewasa.. kita akan dapat membaca buku favorit kita tanpa terganggu dengan kedatangan anak kita yang minta dilap hidungnya, atau minta dipeluk dengan manja, atau mereka meletakkan tangan mereka yg lengket bekas coklat di atas lembaran buku kita, atau sedikit-sedikit memberi laporan apa yang sudah diperbuatnya..

Ketika anak-anak menjadi dewasa… tidak akan kita dapati lagi sisa-sisa remehan kue di atas ranjang, atau makanan yg berserakan di atas meja ruang tamu, dan tidak akan ada lagi yang memecahkan vas vas bunga kita..

Ketika anak-anak menjadi dewasa.. tidak akan ada lagi yang mengambil handphone kita dengan sembunyi-sembunyi untuk bermain game kesukaan mereka..

Ketika anak-anak menjadi dewasa.. tidak akan terdengar lagi teriakan dan pertengkaran ketika berebut membantu ummi, yang terkadang membuat kita tersenyum geli karenanya..

Ketika anak-anak menjadi dewasa… tidak ada lagi yg mengetuk pintu kamar kita di tengah malam karena ketakutan akan mimpi buruk, dan kamar kita menjadi aman dari mereka..

Ketika anak-anak menjadi dewasa.. Kita tak lagi harus repot-repot menghias makanan atau menata buah seperti kereta api untuk membuat mereka tertarik memakannya..

Ketika anak-anak menjadi dewasa.. Kita baru menyadari bahwa kehidupan kita menjadi berubah, mereka akan pergi meninggalkan kita dan rumah kita menjadi kosong, tenang, dan sunyi, dan kita baru menyadari betapa rindunya kita akan kehadiran anak-anak kita.

Maka, nikmatilah setiap detik kebersamaan dengan mereka saat ini.. karena setiap perkataan dan perbuatan kita terhadap mereka hari ini, itulah yang akan terukir dan terkenang di masa depan. Ternyata waktu kita hanya sedikit…

Maka, apakah yang sudah kita lakukan untuk mengisi ruang jiwa anak-anak kita? Mumpung belum terlambat… Selagi anak-anak belum dewasa, belum pula menginjak usia remaja yang penuh gejolak.. inilah saat berharga untuk kita. Inilah saatnya kita luangkan waktu kita untuk menyapa mereka… Inilah saatnya bagi kita mengisi ruang jiwa anak-anak kita.

Semoga kelak mereka tumbuh menjadi generasi yang kuat jiwanya, besar semangatnya, kokoh imannya dan tak putus-putus mendoakan kita, kedua orangtuanya. Karena tak ada lagi yang berguna sesudah kita tiada, kecuali tiga perkara :

“Shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh/ah yang mendoakan kita”.

Semoga kita bisa.. kuatkanlah yaa Rabb..

Sumber :
Saat Berharga Untuk Anak Kita,
Mohammad Fauzil Adhim

just reminder

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *