Back
Rincian Biaya Sekolah SMP Islam Terbaik Jakarta Barat

Rincian Biaya Sekolah SMP Islam Terbaik Jakarta Barat

Rincian Biaya Sekolah SMP Islam Terbaik Jakarta Barat
Rincian Biaya Sekolah SMP Islam Terbaik Jakarta Barat

Anda tidak perlu khawatir dengan biaya sekolah di SMP Islam terbaik Jakarta Barat yang notabene mahal dibandingkan SMP negeri umum. Membiayai pendidikan buah hati Anda agar mendapatkan kualitas pendidikan terbaik selama hidup adalah bentuk ikhtiar yang berpahala besar bagi orangtua terhadap buah hati dan agama. Sementara ini ada sejumlah biaya dengan rincian yang beragam.

Rincian biaya sekolah SMP Islam terbaik Jakarta Barat

  1. Biaya sekali bayar

Biaya sekali bayar adalah biaya yang harus Anda bayarkan di awal masuk sekolah. Biaya awal masuk terdiri dari 2 yaitu biaya pembelian formulir dan biaya pengembangan dana. Rata-rata biaya formulir untuk SMP Islam kisaran Rp. 600 ribuan – Rp. 750 ribuan. Untuk dana pengembangan sekolah kisaran Rp. 15 juta hingga Rp. 30 juta dengan cara pembayaran dicicil atau sekaligus. Hal tersebut bisa dikonsultasikan oleh pihak komite sekolah.

  • Biaya bulanan

Biaya bulanan adalah biaya yang harus dibayarkan setiap bulan atau disebut dengan SPP. Biaya bulanan ini mencakup dana makan anak didik, laundry, dan biaya operasional lainnya. Besarnya, kisaran Rp. 400 ribuan hingga Rp. 3 jutaan.

Untuk biaya SPP ini tidak semua sekolah SMP Islam terbaik Jakarta Barat memiliki biaya tidak sebesar di atas, bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung kebijakan sekolah masing-masing.

  • Biaya tahunan

Biaya tahunan adalah biaya yang harus dibayarkan ke pihak sekolah setiap akhir tahun ajaran baru seperti:

  • Buku paket kisaran Rp1.000.000
  • Biaya seragam kisaran Rp1.200.000
  • Uang kegiatan ekstrakurikuler kisaran Rp. 2.000.000
  • Biaya komite sekolah kisaran Rp. 150.000
  • Osis kisaran Rp. 50.000
  • Daftar ulang kisaran Rp. 500.000

Biaya sekolah di atas belum termasuk biaya tambahan lainnya seperti biaya tambahan agenda pramuka, agenda kegiatan perpisahan, agenda acara lomba sekolah dan sebagainya.

Tips agar masuk SMP Islam terbaik Jakarta Barat tidak merasa beban biaya besar saat sekali masuk

  1. Cari info berapakah biaya 4 tahun sebelumnya

Biaya sekolah biasanya akan naik setiap tahunnya kendati tidak besar, Anda bisa mencari informasi 4 tahun sebelum anak masuk ke jenjang SMP. Jadi, saat anak masih duduk di kelas 3 SD Anda sudah mulai mencari seberapa besar total biaya masuk SMP Islam. Kenaikan biaya sekolah per tahunnya sekitar Rp. 50 ribuan hingga Rp. 200 ribuan.

  • Tabungkan uang khusus untuk sekolah anak sedari anak usia balita

Saat Anda yakin ingin memasukkan anak ke SMP Islam swasta tentu harus memiliki biaya yang cukup besar. Agar saat masuk terasa ringan, cobalah setiap bulan Anda sisihkan uang dari Rp. 300 ribu selama 12 tahun. Perhitungan totalnya:

= Rp. 300.000 x 12 bulan x 12 tahun

= Rp. 43. 200.000

Sehingga, saat anak masuk sekolah Anda tidak perlu bingung dengan biaya dadakan besar dan gaji Anda bisa dikalkulasikan untuk biaya sekolah lanjutan yang lebih tinggi.

  • Aturlah pengeluaran sekolah dari belanja

Anda bisa sisihkan uang belanja berapa persen untuk menambah tabungan pendidikan SMP Islam terbaik Jakarta Barat. Misalnya, setiap bulan Anda mengeluarkan uang belanja hingga Rp. 1,5 juta. Usahakan setiap hari Anda sisihkan Rp. 2000 hingga Rp. 5000 untuk menaikkan nilai uang tabungan pokok pendidikan anak. Totalnya, Rp. 2000 x 30 hari = Rp. 60.000 per bulan. Jika Anda menyisihkan Rp. 300.000 + Rp. 60.000 = Rp. 360.000

Hingga usia anak 12 tahun akan terkumpul:

= Rp. 360.000 x 12 bulan x 12 tahun

= Rp. 51. 840.000

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *