Back

Pohon Cita-cita

Pada pekan ke-2 Agustus 2017 murid Kelas 1 Exiss ABATA melaksanakan Tematik BCT yaitu Bussiness and Career Thematic yang dikemas dalam pembinaan karakter Be Merciful pada proyek Cita-cita. Langkah persiapan pada proyek ini murid menyiapkan botol bekas air mineral ukuran 330 ml dan foto ukuran setinggi botol yang dibawa. Langkah persiapan ini tertera dalam Weekly Plan yang dibagikan pada hari Kamis, 3 Agustus 2017.

Hari Senin, 7 Agustus 2017 murid melaksanakan tahapan Introduction. Murid mengamati slide untuk mengeksplor tentang arti Cita-cita, dan mengeksplor tentang Kidzania yang menjadi salah satu sumber belajar murid melalui video yang diunggah dari internet. Murid mengamati slide dan menyimak penjelasan bahwa cita-cita adalah keinginan, harapan, atau tujuan yang selalu ada dalam pikiran seseorang, dan contoh profesi yang menjadi cita-cita. Murid juga mengamati contoh kegiatan proyek cita-cita melalui tampilan foto-foto. Murid menghitung jumlah contoh profesi yang ditampilkan, jumlah foto, jumlah beberapa benda di kelas seperti loker, lemari, meja, kursi, botol; lalu melakukan beberapa penjumlahan secara lisan dan secara tulis 5 soal (Matematika). Murid meletakkan botol di loker dan mengumpulkan foto untuk ditempel sementara di area info kelas.

Hari Selasa, 8 Agustus 2017 murid melaksanakan tahapan Planning 1. Murid dengan bimbingan wali kelas menyebutkan alat dan bahan yang perlu disiapkan, tata tertib pelaksanaan, dan  merencanakan cara membuat kreasi cita-cita, serta merencakan persiapan kunjungan ke Kidzania bersama Kelas 2. Tanpa komando murid langsung ramai membicarakan Kidzania, diantaranya soal sudah pernah ke sana, ayah/bunda kerja berdekatan, cerita saat menjadi pilot, polisi, uang kidzos, sim, pemadam kebakaran.  Murid juga menyimak penjelasan bahwa diantara upaya meraih  cita-cita adalah memperkenalkan diri sendiri dengan bahasa yang santun (B.Indonesia). Murid membaca lancar nama-nama kelompok dan pendampingnya.

Hari Rabu, 9 Agustus 2017 murid melaksanakan tahapan Planning 2. Murid Kelas 1 dan 2 melakukan survey atau berkunjung bersama  ke Kidzania untuk eksplor dan melaksanakan beberapa peran dalam profesi –profesi yang tersedia. Murid berbaris per kelompok dan menyimak tasmi’ QS. Al A’la oleh ananda Reina Kelas 2 Zubair. Keberangkatan dilepas oleh Ustadz Encep Sopyan Sori, M.Pd.I selaku Kepala Sekolah. Kegiatan murid dalam perjalanan diantaranya muroja’ah beberapa Surat dari Juz 30. Pukul 09.30 Wib murid menggunakan lift naik ke lantai 6 untuk tiba di area Kidzania. Murid segera memasuki berbagai peran profesi dengan pendampingan 1 Ustadz/ah per 8 murid. Murid Kelas 1 didampingi oleh Ustadz Alwi, Ustadzah Aar, Ustadzah Ayu, Ustadzah Mae, Ustadzah Ary, Ustadzah Ifah, Ustadzah Azizah, Ustadzah Iin, dan Ustadzah Rahma. Beragam keramaian kegiatan peran profesi dan  beragam suara riuh rendah dari suara aktivitas profesi dan suara riuh anak yang melakukan peran, simpang siur ada yang menuju pergantian profesi, ada yang mengantri profesi, ada yang ke kamar kecil. Dengan kerjasama dan do’a berbagai pihak Alhamdulillah lancar dan murid pulang pk. 15.00Wib membawa cerita-cerita yang beberapa kalimatnya sempat terdengar saat bertemu dengan ayah/bunda yang menjemputnya.

Hari Kamis, 10 Agustus 2017 murid melaksanakan tahapan Action. Murid mengambil botol yang sudah diberi nama dan disimpan di loker masing-masing. Lalu memakai celemek, dan mengecat luar botol dengan cat asturo menggunakan kuas sesuai tata caranya. Murid boleh menggunakan dua warna yang disukai, dan menyisakan sisi botol untuk area tampilan foto. Setelah murid mengoleskan warna cat dengan hati-hati dan lembut, murid juga menebalkan tulisan kata boy, girl, teacher, dengan hati-hati dan lembut (B.Inggris).

Hari Jum’at, 11 Agustus 2017 murid melaksanakan tahapan Report. Sebelum memulai kegiatan membuat report, murid dipersilahkan menulis nama, kelas, dan cita-cita beserta alasannya di belakang foto masing-masing, lalu memasukan foto ke dalam botol dan menggantung botol dengan tali pada ranting yang disediakan. Ranting berasal dari pohon dan lingkungan yang telah Allah ciptakan untuk kita semua manusia (PAI). Selanjutnya murid membuat report berkelompok @ maksimal 4 orang. Dan melakukan presentasi singkat tentang kegiatan proyek cita-cita.

Beberapa kesan ananda terdengar saat mereka bertukar cerita dengan teman tentang profesi yang mereka perankan di Kidzania. Ada juga ananda dapat menjawab dengan mantap dan cepat saat ditanya apa cita-citanya. Alhamdulilah, semoga tercapai indikator pembelajaran dan tercapai cita-cita ananda semua kelak. Semoga bermanfaat dunia akhirat ya, Nak..  Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin.. (by: Djuhanah)

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *