Alhamdulillah kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Sekolah Islam Jakarta Barat SD Exiss A BA TA yang diselenggarakan pada tanggal 06 – 10 Juni 2022 berlangsung dengan lancer. Kegiatan PAT ini merupakan kegiatan akademik yang diselenggarakan pada akhir semester genap oleh Sekolah Islam Jakarta Barat SD Exiss ABATA. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengukur tingkat penguasaan siswa, seperti aspek pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) dan keterampilan. PAT juga memiliki indikator keberhasilan salah satunya yaitu  terselenggaranya evaluasi akademik masing-masing siswa per semester. Dari indikator tersebut dapat diambil keputusan apakah siswa tersebut naik kelas atau tidak.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini dilakukan dengan sistem 2 gelombang yaitu, gelombang 1 pada pukul 07.30 – 09.40 WIB dan gelombang 2 pada pukul 09.50 – 12.10 WIB. Dimana peserta pada gelombang 1 yaitu siswa kelas 1, 2, dan 4. Sedangkan pada gelombang 2 yaitu kelas 3 dan 5. Para siswa sudah disiapkan ruangan dengan kapasitas 12 siswa per ruangan. Agar suasana belajar bisa lebih tenang dan nyaman.

Mata pelajaran yang diujikan secara teori yaitu Pendidikan Agama Islam, Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia, PPKN, dan SBDP. Kemudian untuk mata pelajaran yang diujikan secara praktik adalah Al-Qur’an (Tahsin Tahfidz), PJOK, Bahasa Arab dan Hadist. Untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, PPKN dan SBDP dimasukan ke dalam tematik yaitu ada di Tema 5, 6, 7 dan 8. Alhamdulillah tidak ada kendala yang berat dalam kegiatan ini dan semua berjalan dengan baik. Semoga dengan adanya kegiatan ini siswa siswi SD EXISS A BA TA memiliki jiwa semangat dan memotivasi agar minat belajar yang semakin tinggi. Aamiin allahumma aamiin.

Panitia PAT

Dita Patria Ulfah

Leave a comment