Back

Pengenalan Profesi Melalui Kunjungan Pendidikan Ke Kidzania

Profesi adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan teknik dan ilmu serta pendidikan khusus. Profesi ini merupakan sebuah hal yang sangat penting dimiliki oleh orang tua dan penting diajarkan kepada anak sejak dini terutama anak usia SD. Karena dengan mengenalkan profesi kepada anak anak dapat menstimulasi anak agar mereka lebih mengetahui hal hal tentang pekerjaan orang lain, ini juga dapat memotivasi anak usia dini untuk bisa memiliki cita cita dan impian bagi masa depan mereka.

Pengenalan cita-cita kepada anak penting untuk diajarkan sejak kecil. Pengenalan tersebut hendaknya dilakukan dengan cara menarik. Hal ini mendasari Sekolah Islam Jakarta Barat SD Exiss Abata untuk rutin mengadakan kegiatan Kunjungan Pendidikan ke Kidzania dengan tujuan mengenalkan sejak dini kepada para murid tentang berbagai macam profesi.

Kegiatan Kunjungan Pendidikan ke Kidzania dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus s/d 3 Agustus 2023 bagi murid kelas 1, 2 dan 3 Sekolah Islam Jakarta Barat. Menggunakan bus, para siswa sudah terlihat excited selama di perjalanan, sampai pintu masuk Kidzania, setiap anggota rombongan diberi gelang merah seperti jam tangan sebagai penanda pengunjung. Rombongan antri dengan tertib dan melalui bag detector seperti di bandara untuk menuju area inti dari Kidzania yang berupa replika kota dengan bangunan-bangunan profesi dan disebut layanan.

Profesi yang ditawarkan antara lain adalah : Polisi, Pemadam Kebakaran, Dokter, Pekerja Pabrik, Seniman, Ilmuwan dll. Dalam proses memperoleh pekerjaan para murid akan mengantri, menjalani pelatihan sampai mencoba mengerjakan pekerjaan yang mereka sudah pilih. Bila berhasil maka di akhir permainan akan mendapatkan “Upah” berupa Kidzos (mata uang Kidzania)

Dengan mengetahui dan merasakan sendiri beraneka macam profesi ini para murid diharapkan dapat menentukan sendiri untuk memilih karir profesinya kelak. Karena, di Kidzania murid dapat me-manage dirinya sendiri baik itu manajerial keuangan, manajerial profesi, manajerial kemampuan dan lainnya seperti layaknya orang dewasa yang tengah menjalankan sebuah profesi.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *