Untuk menjaga dan sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaram Al Qur’an dengan baik di Sekolah Islam Jakarta Barat SD Exiss Abata dibutuhkan adanya Quality Control yang intensif, baik itu dari dalam lembaga itu sendiri (internal control) maupun dari luar lembaga itu (eksternal control).
Program ini dimaksudkan sebagai bentuk evaluasi hasil pembelajaran Al Qur’an di sekolah yang menggunakan metode Ummi khususnya bagi siswa yang sudah mencapai target pembelajaran di metode ummi. Untuk itu Sekolah Islam Jakarta Barat SD EXISS ABATA bekerjasama dengan Korda Ummi Jakarta melaksanakan Munaqasyah Al Qur’an.
Adapun siswa yang mengikuti Munaqosah Al Qur’an metode Ummi ini sebanyak 178 siswa Munaqasyah Al-Qur’an Metode Ummi ini dilaksanakan pada hari Rabu – Kamis, 15-16 Februari 2023 di EXISS ABATA JAKARTA.
Materi Munaqasyah Al Qur’an meliputi :
- Tartil Al Qur’an meliputi : Muroatul Huruf, Muroatul Harokah,Muroatus Shifat, Volume
- Fashohah meliputi : Muroatut Tajwid, Muroatul Kalimah, Tanafus, Waqof
- Ghoroibul Qur’an meliputi : Membaca Ghorib
- Tajwid Alquran meliputi : Hafalan teori
- Hafalan Juz 30 meliputi : S. Al Fatihah, S. An Naba s.d. S. An Naas
- Hafalan Juz 29 meliputi : QS Al mulk s.d Al Mursalat
- Hafalan Juz 28 meliputi : QS Al Mujadilah s.d At Tahrim
- Hafalan Juz 27 meliputi : QS Adz Dariyat s.d Al Hadiid
- Hafalan Juz 26 meliputi : QS AlAhqof s.d Qaf
- Turjuman A
No. | Materi Munaqasyah | Jumlah | Lulus | Belum Lulus | Ket |
1 | Munaqasyah Tartil | 47 | 42 | 5 | |
2 | Tahfidz Juz 30 | 95 | 88 | 7 | |
3 | Tahfidz Juz 29 | 22 | 18 | 4 | |
4 | Tahfidz Juz 28 | 12 | 12 | – | |
5 | Tahfidz Juz 27 | 2 | 1 | 1 | |
6 | Tahfidz Juz 26 | 1 | 1 | – | |
6 | Turjuman | 6 | 6 | – | |
Jumlah | 185 | 173 | 17 |
Dari hasil ujian akhir siswa Sekolah Islam Jakarta Barat SD EXISS ABATA secara umum menurut standar metode Ummi cukup bagus. Dari lima materi yang diujikan oleh tim Penguji metode Ummi secara umum rata-rata anak sudah dapat menjawab dengan baik dan dapat membaca Al Qur’an dengan tartil serta memahami bacaan ghorib dan musykilat yang ada dalam Al Qur’an. Pada materi hafalan surat-surat pendek anak juga sudah tuntas dan hafal dari target hafalan yang telah di tentukan oleh metode Ummi yaitu dari surat An Naba sampai dengan surat An Naas di Juz 30, Juz 29, Juz 28, Juz 27, Juz 26 dan Turjuman A. Untuk perbaikan kedepan agar lebih baik lagi khususnya dalam fashohah dan tartil agar lebih dipertajam pada makharijul huruf dan sifatul huruf serta dikurangi kecepatan dalam membacanya.
Untuk dapat menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran Al Qur’an siswa Sekolah Islam Jakarta Barat SD EXISS ABATA ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan :
- Kualitas bacaan ( makhroj dan shifat) lebih dipertajam
- Suara anak-anak yang kurang lantang atau kurang nyaring
- Kelancaran hafalan ( hafalan harus tartil )
- Penguasaan bacaan ghorib dan tajwid
Demikian laporan hasil munaqasyah, semoga bermanfaat dan menjadikan evaluasi ini sebagai bagian dari pengembangan pembelajaran Al Qur’an di sekolah dan di lembaga yang menerapkan pembelajaran Al Qur’an metode Ummi.