Back

Mempelajari Rangka Manusia

Senin, 4 September 2017, siswa/i kelas 4 SDIT Abata melakukan percobaan pelajaran IPA selama sepekan, yakni mempelajari sistem rangka manusia. Mulai dari hari senin, dijelaskan oleh wali kelas masing-masing dan menonton video tentang sistem rangka, dan dilanjutkan dengan membuat gambar rangka di kertas karton pada hari selasa, siswa/i dibentuk 4 kelompok, dengan 5-6 orang  setiap kelompoknya. Mereka diminta untuk membawa karton, gunting, lem, kardus dan spidol warna hitam, biru dan merah.  Hari Selasa adalah saatnya mereka membuat gambar diatas karton dengan sebelumnya gambar contoh rangka sudah dberikan dengan kertas hvs pada tiap kelompok untuk dicontoh. Setelah selesai menggambar, siswa dminta menebalkan gambar mereka dengan spidol warna-warni. Rangka yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu rangka kepala/tengkorak (warna biru), rangka badan (warna hitam) dan rangka anggota gerak atas-bawah (warna merah), maka hal ini dapat digunakan untuk siswa/i lebih memahami bagian-bagian rangka. Selain itu, setiap kelompok, dibagi-bagi tugasnya dalam menggambar rangka, ada siswa yang menggambar rangka kepala, rangka badan dan rangka anggota gerak. Sehingga masing-masing mendapatkan tugas menggambar. Selesai menggambar dan menebalkan dengan spidol, kemudian dilanjutkan pada hari rabu, 6 september 2017 untuk rangkaian gambar-gambar tersebut di tempel di kardus dan di potong polanya mengikuti gambar di kertas.

Selesai di potong dari kardus, maka bagian-bagian rangka tersebut disatukan dengan cara di jahit bagian pinggir-pinggirnya dengan jarum dan benang wol, sehingga terlihat seperti wayang yang dapat digerakan bagian anggota geraknya. Hari kamis, 7 September, siswa/I membawa laptop untuk membuat report atau hasil dari mempelajari rangka, mereka membuat power point masing-masing mengenai pengertian rangka, bagian rangka, penegertian sendi dan bagian-bagian sendi yang sudah dipelajari serta membuat animasi dari ppt tersebut. Hasil dari rangkaian belajar mereka sepekan, di presentasikan di depan kelas secara indvidu, agar siswa memiliki pengalaman meceritakan ingatannya kembali mengenai rangka kepada teman-temannya. Hal ini baik untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan membuat materi tersebut melekat pada setiap siswa/i. Belajar IPA sungguh menyenangkan. Nantikan percobaan

percobaan kami selanjutnya yaa…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *