Pada pekan ke-4 Nopember 2017 murid Kelas 1 Exiss ABATA melaksanakan Tematik BCT yaitu Business and Carieer Thematic yang dikemas dalam pembinaan karakter Creativity pada proyek Membuat Es Kelapa Muda. Persiapan proyek dimulai dengan Weekly Plan dengan catatan informasi yang perlu dibawa murid pada hari Senin.

Hari Senin, 20 Nopember  2017 murid melaksanakan tahapan Introduction. Murid mengamati slide untuk mengeksplor tentang pohon kelapa. Mengeksplor tentang keistimewaan pohon kelapa, bagian-bagiannya, dan berbagai manfaatnya. Murid menonton video-video tentang membuat es kelapa muda. Murid menyebutkan kegiatan yang dilakukan dalam tayangan. Murid menyebutkan benda-benda dalam video yang berbentuk bangun ruang. Murid mengelompokkan bangun ruang yang tersaji dalam video (Matematika).

Hari Selasa, 21 Nopember 2017 murid melaksanakan tahapan Planning. Murid dengan bimbingan wali kelas membicarakan rencana kegiatan membuat es kelapa muda. Murid menyebutkan alat dan bahan membuat es kelapa berdasarkan pengalamannya. Murid menyebutkan kembali alat dan bahan sesuai gambar yang ditampilkan slide. Murid membaca lancar teks urutan kegiatan dan tata tertib membuat es kelapa muda, dengan jeda dan suku kata serta huruf (Bahasa Indonesia).

Hari Rabu, 22 Nopember 2017 murid melaksanakan tahapan Action. Murid bersama guru menyebutkan kembali urutan kegiatan dan tata tertib membuat es kelapa muda. Murid bersama guru membicarakan bahwa membuat es kelapa muda termasuk perbuatan baik, misalnya untuk bersyukur kepada Allah. Allah SWT akan menambah nikmat bila kita melaksanakan perintahnya diantaranya  syahadat, sholat, berzakat, berpuasa, dan menunaikan haji bila mampu. Murid menyebutkan Rukun Islam dengan bantuan tepuk Rukun Islam (PAI). Murid dengan bimbingan guru menyebutkan perbuatan baik yang lain dan berbuat baik itu sangat diutamakan sesuai Hadits Nabi SAW tentang “Keutamaan Berbuat Baik” (HR. At Tirmidzi).

Hari Kamis, 23 Nopember 2017 murid melaksanakan tahapan Report. Murid dan guru membicarakan bahwa membuat es kelapa muda bisa dilakukan di rumah bersama anggota keluarga. Murid dengan bimbingan guru menyebutkan anggota keluarga dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Murid secara kelompok menulis di lembar karton laporan kegiatan membuat es kelapa muda; dengan iringan musik instrument lagu nasional dan lainnya. Kelas ramai dan meriah. Murid dalam kelompok riuh membagi tugas untuk menulis judul besar, tanggal, tujuan proyek, alat dan bahan yang digunakan, langkah pembuatan, kesimpulan bermotivasi, dan created by. Murid dipersilahkan menghias laporan dengan berbagai gambar tentang es kelapa muda. Kelas tambah ramai membicarakan aku mau menggambar ini.. aku gambar ini..

Hari Jum’at, 22 September 2017 murid melaksanakan tahapan Presentasi. Murid duduk berkelompok putra dan kelompok putri. Murid secara bergantian menjadi kelompok presenter dan kelompok penyimak. Murid perwakilan (c.q bergiliran) terlihat sangat antusias saat bertugas menjadi petugas merekam presentasi; duduk di kursi merekam dengan camera kelas sambil senyum lebar dan tertawa tanpa suara. Presentasi dilakukan di depan kelas dengan bantuan teks pada slide: Assalamu ‘alaikum wr.wb.. Kami dari kelompok __ terdiri dari (murid menyebutkan nama masing-masing bergantian dengan gaya) akan mempresentasikan proyek Membuat Es Kelapa Muda. Proyek ini bertujuan __. Alat dan bahan yang kami gunakan antara lain __. Tahapannya adalah __. Demikian presentasi kami, apakah teman-teman ada yang ingin bertanya? Silahkan __ (perwakilan kelompok penyimak). Terimakasih atas pertanyaannya. (Presenter membuat lingkaran untuk diskusi menyamakan kalimat jawaban yang akan diucapkan bersama-sama).

Jawabannya adalah __. Bila tidak ada yang bertanya lagi, kami tutup presentasi ini, terimakasih atas perhatiannya, wassalamu ‘alaikum wr.wb.. Murid mendapat reward tepuk tangan bersama, kata hebat, ekspresi sangat senang dan memuji, dan/atau memberikan isyarat ibu jari, setelah presentasi. Sebagian murid tampil presentasi dengan gerakan gaya, sebagian berdiri tegap, sebagian bersuara lantang, dan sebagian kurang terdengar. Beberapa murid penyimak ikut bersuara bersamaan presenter ataupun mendahului; sepertinya mulai hafal dengan kalimat-kalimat yang diucapkan dalam presentasi rutin.

Untuk menutup proyek Es Kelapa Muda ini, murid menjawab pertanyaan guru bahwa murid bisa dan merasa senang melaksanakan proyek ini. Beberapa murid dengan antusias berkeinginan membuat es di rumah bersama Bundanya. Semoga bermanfaat dunia akhirat ya, Nak.. Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin.

Leave a comment