Back

Kegiatan Idul Adha 1442 H Exiss Abata

Selayaknya tahun-tahun sebelumnya setiap tanggal 10 Dzulhijjah kita sebagai umat Islam merayakan Hari besar, yakni Idul Qurban. Kata qurban berasal dari bahasa Arab ‘qurban’ dari akar kata qaraba, yaqrabu, yang berarti pendekatan. Sebagaimana makna tersebut, Idul Qurban adalah hari dimana kita diberi kesempatan untuk lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah SWT. 

Firman Allah SWT:

“Dan unta-unta itu Kami jadikan untuk-mu bagian dari syiar agama Allah, kamu banyak memperoleh kebaikan padanya. Maka sebutlah nama Allah (ketika kamu akan menyembelihnya) dalam keadaan berdiri (dan kaki-kaki telah terikat). Kemudian apabila telah rebah (mati), maka makanlah sebagiannya dan berilah makanlah orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami tundukkan (unta-unta itu) untukmu, agar kamu bersyukur.”

“Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demi-kianlah Dia menundukkannya untuk-mu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” 

(QS. Al-Hajj [22]: ayat 36-37).

Idul Qurban tidak hanya tentang hubungan kita kepada Sang Pencipta, namun juga ibadah yang menjadi penyambung hubungan kita kepada sesame manusia. Maka bersyukur bukan hanya tentang ucapan Alhamdulillah dari lidah melainkan bagaimana kita memanfaatkan segala nikmat yang telah kita dapatkan untuk mendapatkan keridhoan Allah SWT. Tak sebatas pahala yang kita dapat, tapi juga kebahagian saat dapat memberikan sedikit kebahagiaan kepada orang lain.

Sebagai tanda rasa syukur itu pula Alhamdulillah sudah terlaksana kegiatan pemotongan hewan qurban yang diselenggarakan oleh LPI A BA TA pada hari rabu, 21 Juli 2021

Dengan rincian sebagai berikut :

Jumlah hewan qurban

1. Hewan Sapi 3 ekor

2. Hewan Kambing 17 ekor

Daging qurban dibagikan kepada warga sekitar sekolah (RT 2, RT 3 dan RT 5) dan civitas akademik LPI  A BA TA

Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh orangtua murid mulai dari KB-TK dan SD yang tela berpatisipasi dalam menggalang dana tabungan dan menyerahkan hewan qurban pada tahun ini.

Mudah-mudahan Allah jadikan sebagai amal Solih kita semua di sisi Allah SWT.

Amin ya rabbal alamin

Wallahua’lam bish Shawab

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *