Back

Jadilah Tim Sar Sejati, Pantang Pulang Demi Menyelamatkan Jiwa Manusia…

Setelah 2 ½ bulan setengah menjalankan rangkaian KBM di kelas 3, akhirnya Tema yang dinantikan siswa/i A BA TA datang juga yaitu “ Tim sar, yang mana tema ini paling populer dan menyenangkan oleh siswa/i A BA TA karena tema ini bertujuan untuk menyelamatkan jiwa manusia dalam mencari korban di darat, laut, dan udara. Di tema siswa/i di ajarkan kegiatan yang berhubungan Tim Sar, siswa/i diperkenalkan dengan contoh-contoh bencana, cara mengatasi gempa, cara melakukan tindakan ketika ada korban mengalami luka, contoh perlengkapan P3K, membuat tandu, melakukan water rescue serta kegiatan berenang bersama-sama dengan teman di kelas 3 dan kakak kelas 4 dengan tujuan siswa/i dapat menjadi penyelamat sejati dalam menyelamatkan jiwa manusia.

Setiap tahunnya murid-murid SD EXISS ABATA selalu mengeksperikan gaya dan kemampuannya dalam melakukan simulasi dari pos 1 s.d. 5. Kami meminta kepada seluruh murid untuk bereksperi dalam semua kegiatan simulasi Tim sar dengan baik dan benar. kami save foto-foto kegiatan tersebut di dalam folder kegiatan kelas 3 untuk dijadikan sebagai kenangan terindah. Ada juga yang meletakkan di facebook dan instragram.

Di awal pembelajaran, guru bertanya kepada murid mengenai contoh bencana di darat, laut, hutan, udara, dll.  Siswa/i pun antusias menjawabnya. Seperti ada seseorang yang menjawab contoh darat yaitu banjir dan tanah longsor, lalu ada yang menjawab contoh bencana laut yaitu kapal laut terbakar dan tsunami, ada juga yang menjawab kecelakaan pesawat terbang yang jatuh ke laut. Baik teman-teman, jawaban kalian semua betul. Dan banyak lagi contoh bencana yang lain yang belum tidak sebutkan. Banyak dari siswa/i yang mengeksperikan wajahnya dengan wajah sedih ketika melihat foto-foto tim sar ketika mengangkat korban yang tertimbun di tanah, mengangkat korban dari laut serta mengangkut korban kertika banjir dari rumahnya dengan perahu karet. Sebelum memulai melakukan simulasi dan kegiatan Tim Sar, guru memberikan penjelasan mengenai apa itu Tim Sar, tujuan tim sar, sebutkan macam-macam bencana, contoh dan dampak dari bencana, apa itu patah tulang, apa itu P3K, apa itu tandu serta water rescue.  Kemudian memberikan berbagai inspirasi pengetahuan dengan melakukan tahap intro.  Kami kelas 3 akan melakukan kegitan Tim Sar di KMC dengan langsung terjun ke lapangan dengan profesi yang nyata. Berbagai macam kegiatan dari pos 1 s,d, 5 lengkap dengan atributnya. Siswa/i senang mengdengar ketika akan tema Tim Sar, walaupun di kelas 1 , 2, dan 3 mereka sudah pernah ke sana. Di hari Selasa, guru memeriksa perlengkapan murid, lalu memberikan instruksi atau menjadwalkan kegiatan yang akan dilakukan selama di KMC dari pos 1 s.d. 5. Di hari Rabu melakukan simulasi agar ketika harinya siswa/i tidak bingung dalam melakukan kegitan tersebut. Tibanya harinya, kegiatan action dimulai, wajah murid-murid makin senang karena akan melakukan Tim Sar. Sesampainya di TKP, siswa/i berbaris perkelompok di lapangan lalu menuju pos sesuai alur yang didampingi oleh pendamping.

 

 

Di pos I siswa/i melakukan simulasi gempa.

Pos II siswa/i melakun tindakan patah tulang dengan yel-yel “Aku tau, Aku bisa dan melakukan Pro3x”

Pos III siswa/i melakukan simulasi P3K dengan mengobati korban yang mengalami luka berta, ringan, pingsan, trauma dll dengan yel-yel “Aku tau, Aku bisa dan melakukan Pro3x”

Pos IV siswa/i membuat tandu dan

Pos V siswa/i melakukan water rescue yaitu menyelamatkan korban yang mengalami kedinginan.

Siswa/i melakukan kegiatan ini sesuai alur yang dibuat oleh panitia dengan kelompok  & kelompok lainnya serta pendampingnya. setelah melakukan rangkaian kegiatan sesuai alurnya, siswa/i diperbolehkan berenang  selama 30 menit dengan didampingi oleh pendampingnya. Lalu ISHOMA. Pokoknya seruuuuu dan mengesankan dech!!!.. Jam menunjukkan pukul 13.30, sudah saatnya siswa/i kembali ke sekolah, tapi siswa/i masih betah dan tidak ingin pulang dikarenakan merasa main ingin bermain dan kurang puas.

Pada hari Jumat, kami mulai membuat report dengan alur yang di siswa/i lakukan ketika Tim Sar kemudian mempresentasinya… alhamdulilah berakhirnya tema Tim Sar, semoga dengan adanya tema Tim Sar ini, selalu memotivasi siswa/i agar menjadi manusia yang peduli dengan sesama dalam menghadapi bencana.

 

“Tim Sar Pagi, Pagi, Pagi, Semangat, Allahu Akbar”

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *