Pada hari Senin & Selasa, 18 & 19 Juli 2022 SD EXISS Abata mendapat kunjungan Tim Asesor  dari Badan Akreditasi Propinsi. Maksud dan tujuannya yakni melakukan akreditasi & Visitasi terhadap 8 standar yang menjadi syarat kualitas pada level Sekolah Dasar (SD). Setelah sebelumnya memperoleh akreditasi dengan nilai mutu A (sangat baik) pada tahun 2016 dan akreditasi ulang memang harus dilakukan dalam selang waktu setiap 5 tahun.

pada tingkatan Sekolah Dasar, 8 standar yang harus dipenuhi kualitasnya adalah : Standar Isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian. Setiap standar memiliki butir-butir pertanyaan yang harus dapat dibuktikan dengan cara memperlihatkan bukti fisik, wawancara, observasi dan metode-metode lain yang dianggap perlu oleh asesor untuk memberikan penilaian sesuai standar yang harus dipenuhi oleh sebuah Sekolah Dasar.

Proses akreditasi di hari pertama adalah pemeriksaan berkas sebagaimana yang diajukan Sekolah Islam Jakarta Barat SD EXISS Abata melalui Sispena, kegiatan asesor meliputi verifikasi data secara mendetail terhadap 8 standar yang menjadi syarat kualitas pada level Sekolah Dasar (SD). Seluruh koordinator sekolah melaporkan secara spesifik rekam data. Beragam pertanyaan dapat dijawab dengan tuntas dan dicocokan dengan data yang tertulis.

Hari kedua adalah visitasi ke kelas–kelas untuk melihat melihat sinkronisasi standar isi yang sudah dibuat dengan metode pengajaran yang dilakukan, kegiatan asesor dilanjutkan dengan melihat langsung sarana dan prasarana mulai dari kelas, UKS, ruang ekstrakurikuler, dan perpustakaan.

Alhamdulillah, salah satu hajatan besar Sekolah Islam Jakarta Barat SD EXISS telah selesai dilaksanakan. Semoga mendapat hasil yang terbaik dan memuaskan. Aamin

Leave a comment