Back

kenapa memilih bersekolah di KB-TK EXISS ABATA?

VISI, MISI DAN TUJUAN PENDIDIKAN KB-TK EXISS ABATA

Visi

Terwujudnya pendidikan dasar Islami yang berkualitas yang berorientasi pada IPTEK (Ilmu Pengetahuan & Teknologi), berbasis nilai-nilai Qur’ani dalam prinsip-prinsip tauhid.

Misi

Terwujudnya pendidikan dasar Islami yang berkualitas yang berorientasi pada IPTEK (Ilmu Pengetahuan & Teknologi), berbasis nilai-nilai Qur’ani dalam prinsip-prinsip tauhid..

TUJUAN PENDIDIKAN KB-TK EXISS ABATA

UMUM

Membantu pemerintah dalam menyediakan program pendidikan pra sekolah yang berkualitas dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional, mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan manusia Indonesia yang berkarakter Islami.

KHUSUS

1. Mengenalkan dan menumbuhkan nilai-nilai ketauhidan dalam kehidupan anak.
2. Menumbuhkan dan membina kecintaan anak pada Al qur’an, hadits dan ketauladan para nabi. 3. Menanamkan sikap, kepribadian dan tingkah laku yang Islami.
4. Mengembangkan potensi anak secara menyeluruh, mengarahkan sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
5. Melahirkan generasi yang peka terhadap lingkungannya dan berdaya guna bagi masyarakatnya.

PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN

UMUM

Membantu pemerintah dalam menyediakan program pendidikan pra sekolah yang berkualitas dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional, mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan manusia Indonesia yang berkarakter Islami.

KHUSUS

1. Mengenalkan dan menumbuhkan nilai-nilai ketauhidan dalam kehidupan anak.
2. Menumbuhkan dan membina kecintaan anak pada Al qur’an, hadits dan ketauladan para nabi.
3. Menanamkan sikap, kepribadian dan tingkah laku yang Islami.
4. Mengembangkan potensi anak secara menyeluruh, mengarahkan sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
5. Melahirkan generasi yang peka terhadap lingkungannya dan berdaya guna bagi masyarakatnya.

JAMINAN MUTU LULUSAN

1. Murid terbiasa mengucapkan 5 kata ajaib yaitu salam, permisi, maaf, tolong dan terima kasih.
2. Murid dapat mempraktekkan percobaan sains sederhana.
3. Murid memiliki kemampuan dasar calistung.
4. Murid mampu membaca Al-Qur’an dengan metode ummi jilid 1-3.
5. Murid hafal 15 surat pada juz 30.
6. Murid hafal 13 hadits dengan gerakannya.
7. Murid hafal 11 do’a harian.
8. Murid terbiasa sholat dengan tertib.

KURIKULUM DAN SISTEM BELAJAR

Aspek-aspek pengembangan yang diamati antara lain :
1. Al Islam/ Keimanan dan Ketaqwaan
• Menanamkan dasar keimanan yang lurus, berfikir, berbicara dan berakhlaq karimah. misal: sikap santun, adab makan & minum, mengucapkan kalimat-kalimat thoyyibah, kisah-kisah nabi dan keteladanan, sholat, dsb
• Pengenalan dan pemahaman tentang rukun iman dan Islam, sejarah Islam.
• Membimbing dalam membaca huruf Al Qur’an, surat-surat pendek, hadits dan doa-doa harian sesuai tingkat kemampuannya.
2. Kognitif/Intelektual
• Melalui kegiatan bermain bebas dan terpimpin, anak akan mendapatkan pengalaman-pengalaman konkrit.
• Merangsang keingintahuan anak melalui eksperimen sederhana, eksplorasi buku, pengamatan langsung atau pengenalan profesi.
• Pengenalan konsep-konsep dasar matematika/berhitung permulaan, membaca Sederhana dan story telling.
3. Motorik  Meningkatkan kemampuan anak dalam aktivitas psikomotoriknya berupa fine Motor dan grass motor.
 Merangsang koordinasi otot, otak dan syaraf dalam aktivitas olah tubuh, handcraft, music and movement.
 Supporting activity dalam bentuk lomba ketangkasan dan kesimbangan fisik.
4. Bahasa
 Menstimulus kemampuan anak untuk banyak mendengar dan berkomunikasi dengan lancar dan menambah kosakata.
 Latihan berani bertanya, menyampaikan pendapat serta mampu menjawab pertanyaan yang diajukan.
 Menstimulus minat baca, membiasakan suka buku dan cara memperlakukannya, mendorong keinginan kenal huruf dan mulai membaca.
 Menstimulus kemampuan menulis, menuangkan aspirasinya dalam coretan dan olah bahasa dalam bercerita.
5. Sosial dan Emosi
 Dengan bermain bersama teman, anak akan mengetahui bagaimana menyayanginya, berbagi, menghormati perasaan dan pendapat orang lain.
 Membimbing anak untuk memiliki kecerdasan emosinya dan melatih anak
 untuk mengatur emosinya serta mengekspresikan dengan tepat melalui interaksi sosial yang dilakukan.
 Mengembangkan rasa percaya diri anak.
6. Kreativitas dan kemandirian
 Mengembangkan kemampuan anak mengenal potensi dirinya, belajar mengambil keputusan, disiplin, tanggungjawab melalui praktek kehidupan sehari-hari serta melatihnya untuk berinisiatif.
 Merangsang anak berfikir dan bertindak kreatif dengan sarana seadanya atau yang ada disekitarnya menjadi suatu yang berguna.
 Mengembangkan kemampuan anak untuk menyelesaikan pekerjaannya sampai Tuntas.

PROGRAM KEGIATAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR DENGAN PENDEKATAN SISTEM SENTRA

Sentra Bermain di KB-TK EXISS ABATA:
1. Sentra IMTAQ (Iman dan Taqwa) Adalah: Pusat belajar anak yang menyediakan variasi kegiatan yang berhubungan dengan keImanan dan Ketaqwaan kepada Allah.
2. Sentra Persiapan Adalah: Pusat belajar anak yang menyediakan variasi kegiatan bermain dalam rangka persiapan membaca, menulis dan menghitung.
3. Sentra Bahan alam Adalah: Pusat kegiatan anak yang memberikan kesempatan anak untuk berinteraksi dengan alat dan bahan alam.
4. Sentra Bahasa Adalah: Sentra yang memberikan kesempatan kepada anak untuk mengenal bahasa asing yaitu bahasa Inggris mengenal kosa kata baru dalam bahasa Inggris yang disesuaikan dengan tema dan ungkapan-ungkapan sederhana/ aktifitas sehari-hari ( Daily Activity ).

INDIKATOR LULUSAN

 Sholeh : (Sentra Imtaq)
1. Mengenal agama yang dianut
2. Membiasakan diri beribadah
3. Berperilaku mulia
4. Gemar belajar Al Qur’an

 Cerdas : (Sentra Persiapan)
1. Mampu berkomunikasi dengan baik
2. Mampu menyelesaikan masalah
3. Gemar membaca

 Terampil : (Sentra Bahan Alam)
1. Mandiri
2. Mampu bersoasialisasi dengan lingkungan
3. Kreatif dan Inovatif
4. Motorik halus berkembang sesuai tahapan usia

 Sehat : Jasmani
1. Gemar mengkonsumsi makanan halal & sehat
2. Gemar berolah raga : Menggunakan alat permainan anak tangguh
3. Mampu menjaga kebersihan diri
4. Ceria dan semangat