Project-Based Learning Kelas 2 SD EXISS ABATA: Kreativitas Melukis Gerabah di Sekolah Islam Jakarta Barat

admin

|

Desember 11, 2024

Project-Based Learning Kelas 2 SD EXISS ABATA: Kreativitas Melukis Gerabah di Sekolah Islam Jakarta Barat

Project-Based Learning Kelas 2 SD EXISS ABATA: Kreativitas Melukis Gerabah di Sekolah Islam Jakarta Barat

Pendahuluan

Pendidikan dasar memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter, keterampilan, dan kreativitas anak-anak. Salah satu pendekatan yang efektif untuk mengembangkan kreativitas murid adalah Project-Based Learning (PBL), atau Pembelajaran Berbasis Proyek. Metode ini menekankan keterlibatan aktif murid dalam menyelesaikan masalah nyata, serta mengasah keterampilan sosial dan kreativitas mereka.

Di kelas 2 SD EXISS ABATA, sebuah sekolah Islam Jakarta Barat, salah satu proyek yang diadakan untuk mengembangkan kreativitas adalah kegiatan melukis gerabah. Melalui kegiatan ini, murid tidak hanya belajar mengenai seni rupa, tetapi juga mengembangkan keterampilan motorik halus, belajar tentang proses produksi kerajinan tangan, serta meningkatkan rasa percaya diri mereka melalui ekspresi seni.

Project-Based Learning Kelas 2 SD EXISS ABATA: Kreativitas Melukis Gerabah di Sekolah Islam Jakarta Barat

Tujuan Pembelajaran

Tujuan utama dari proyek melukis gerabah ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada murid untuk:

  1. Mengembangkan kreativitas dalam seni rupa, khususnya melalui lukisan di atas media gerabah.
  2. Memahami proses pembuatan dan penghiasan gerabah.
  3. Mengembangkan keterampilan motorik halus, seperti menggenggam kuas, mengaplikasikan warna, dan mengatur komposisi.
  4. Menumbuhkan rasa percaya diri melalui hasil karya seni yang dapat dibanggakan.

Proses Pembelajaran

  1. Pengenalan tentang Gerabah Sebelum memulai kegiatan melukis, guru memberikan pengenalan tentang apa itu gerabah. Gerabah adalah barang kerajinan yang terbuat dari tanah liat dan dibentuk dengan tangan atau alat bantu, kemudian dibakar hingga keras. Murid belajar tentang berbagai jenis gerabah yang ada, seperti pot, vas, atau patung-patung kecil.
  2. Pengenalan Teknik Melukis Setelah memahami tentang gerabah, murid dikenalkan dengan berbagai teknik melukis yang dapat diterapkan pada media gerabah. Teknik yang diajarkan meliputi:
    • Teknik dasar menggambar dengan kuas.
    • Penggunaan warna yang tepat untuk menciptakan efek visual yang menarik.
    • Pencampuran warna untuk menciptakan gradasi atau pola-pola tertentu.
  3. Pembagian Tugas dan Pembimbingan Setiap murid diberikan gerabah berbentuk pot kecil atau benda kerajinan sederhana lainnya yang telah dibentuk oleh guru sebelumnya. Dengan bimbingan dari guru, murid mulai melukis gerabah tersebut sesuai dengan ide dan imajinasi mereka. Murid diperbolehkan untuk bereksperimen dengan warna dan bentuk, sehingga mereka bisa mengekspresikan diri mereka dengan bebas.
  4. Proses Kreatif dan Kolaborasi Dalam proyek ini, murid tidak hanya melibatkan diri secara individu, tetapi juga melakukan kolaborasi dengan teman-teman sekelas. Mereka saling memberi masukan tentang desain dan warna yang dipilih, serta berbagi ide tentang motif yang ingin mereka ciptakan. Proses kolaboratif ini juga membantu mereka belajar bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain.
  5. Evaluasi dan Refleksi Setelah selesai melukis, proyek ini diakhiri dengan sesi evaluasi. Setiap murid diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas. Mereka menjelaskan tentang proses kreatif yang mereka jalani, motif yang mereka pilih, dan pesan yang ingin disampaikan melalui karya seni tersebut. Hal ini tidak hanya meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum, tetapi juga mendorong mereka untuk berpikir kritis tentang karya seni mereka.

Manfaat Proyek Melukis Gerabah

Proyek ini memberikan banyak manfaat bagi perkembangan murid, di antaranya:

  • Mengembangkan Kreativitas: Anak-anak diberi kebebasan untuk mengekspresikan ide mereka dalam bentuk lukisan di atas gerabah, yang membantu mereka berpikir kreatif dan mencari solusi dalam proses berkarya.
  • Peningkatan Keterampilan Motorik Halus: Melukis pada media yang kecil dan detail seperti gerabah membantu meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keterampilan motorik halus murid.
  • Kerja Tim dan Kolaborasi: Dalam proyek ini, murid tidak hanya bekerja sendiri tetapi juga berdiskusi dan bekerja sama dengan teman sekelas. Hal ini membantu mereka untuk belajar berkolaborasi dan menghargai hasil karya orang lain.
  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri: Ketika murid melihat hasil karya mereka yang selesai dan dipresentasikan di depan kelas, mereka merasa bangga dan lebih percaya diri dengan kemampuan mereka dalam menciptakan sesuatu.

Kesimpulan

Melalui kegiatan Project-Based Learning melukis gerabah di kelas 2 SD EXISS ABATA, sebuah sekolah Islam Jakarta Barat, murid tidak hanya mendapatkan keterampilan seni yang bermanfaat, tetapi juga memperoleh pengalaman yang dapat meningkatkan kreativitas, kemampuan berkolaborasi, dan rasa percaya diri mereka. Proyek ini adalah contoh nyata bagaimana pembelajaran berbasis proyek dapat membentuk karakter dan keterampilan murid secara menyeluruh, mempersiapkan mereka untuk tantangan di masa depan.

Project-Based Learning Kelas 2 SD EXISS ABATA: Kreativitas Melukis Gerabah di Sekolah Islam Jakarta Barat

Baca Kegiatan Lainnya
Project-Based Learning Kelas 1 SD EXISS ABATA: Membuat Kreasi dari Stik Es Krim

Project-Based Learning Kelas 1 SD EXISS ABATA: Membuat Kreasi dari Stik Es Krim

KB – TK – SD EXISS ABATA Berhasil Mengumpulkan Donasi sebesar Rp8.750.000 untuk Palestina melalui Kerja Sama dengan Lembaga Sapa Islam

Selamat Menempuh Sumatif Akhir Semester Ganjil (SAS) Kelas 2 – 5 SD EXISS ABATA & Kelas 7 – 8 SMP Leaderss Khalid bin Walid Tahun Pelajaran 2024/2025 02 – 13 Desember 2024

Akreditasi SMP Khalid bin Walid: Menjamin Kualitas Pendidikan yang Terus Berkembang

Akreditasi SMP Khalid bin Walid: Menjamin Kualitas Pendidikan yang Terus Berkembang