Back

Sekolah Tahfidz Quran Jakarta Barat Terbaik, EXISS Abata

EXISS Abata adalah sekolah tahfidz quran Jakarta barat yang mengimplementasikan konsep pendidikan Islam, yang berlandaskan AL-Quran dan Hadits. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah tahfidz quran terbaik yang menyediakan 3 jenjang pendidikan, yaitu KB-TK EXISS Abata, SD EXISS Abata, dan SMP Leaders Khalid bin Walid. 

Kurikulum Pembelajaran Sekolah Tahfidz Quran Jakarta Barat

Excellent Islamic School Abata memiliki kurikulum sekolah tahfidz alquran yang unik, yang digunakan sebagai acuan untuk mencetak generasi Islami, yang tidak gagap teknologi. Kurikulum tersebut diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar dan  disesuaikan dengan tingkatan jenjang pendidikan. 

  1. Kurikulum & KBM KB-TK EXISS Abata

Sekolah Tahfidz Quran Jakarta Barat, KB-TK EXISS Abata bertujuan mencetak generasi yang kreatif  dan berakhlak baik serta terpuji.  Untuk mencapai tujuan tersebut, sekolah tersebut menerapkan sistem UMMI dalam pembelajaran AL-Quran kepada para siswanya.

Kendati mengacu pada sistem pendidikan Islam, KB-TK EXISS Abata tetap memperhatikan dan mengikuti perkembangan pendidikan teknologi abad 21. Tidak hanya itu, pengembangan bahasa seperti bahasa Inggris dan Arab juga turut dimasukkan kedalam kurikulum pembelajaran.

Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, KB-TK EXISS Abata menerapkan sistem pembelajaran moving class serta pembelajaran dengan metode sentra. Metode sentra yaitu, di mana siswa menjadi subjek pembelajaran. 

Metode ini memmungkinkan siswa untuk belajar lebih aktif dan mandiri. Melalui penerapan metode ini, siswa akan mampu menerapkan dan memahami materi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuannya. 

  • Kurikulum & KBM SD EXISS Abata

Sekolah Tahfidz Quran Jakarta Barat, SD EXISS Abata menerapkan sistem pembelajaran yang didasarkan pada kurikulum nasional dari pemerintah Republik Indonesia dan kurikulum tambahan, UMMI Foundation.

Siswa sekolah tahfidz ini akan belajar tematik seperti siswa di sekolah dasar lain, hanya saja siswa di SD ini mendapatkan materi pembelajaran tambahan yang terkait dengan pendidik Islam.

Materi pembelajaran tersebut didasarkan pada kurikulum UMMI Foundation, yang mana  siswa akan belajar akan belajar tentang tartil, tahfidz, tajwid dan ghoroibul quran, serta waqf ibtida

  • Kurikulum & KBM SMP Leaders Khalid bin Walid

Sekolah Tahfidz Quran Jakarta Barat, SMP Khalid bin Walid menggabungkan 3 kurikulum dalam kegiatan belajar mengajar. Ketiga kurikulum tersebut adalah kurikulum UMMI Foundation, kurikulum Diknas, dan kurikulum kepemimpinan SASS.

Dari tiga kurikulum tersebut, kurikulum Diknas merupakan kurikulum utama yang diterapkan saat kegiatan belajar mengajar. Sama halnya dengan siswa di SMP lain, siswa di SD EXISS Abata juga belajar Matematika, IPA Tematik (Fisika & Biologi), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, dan Kewarganegaraan.

Sedang pada kurikulum tambahan, yakni UMMI Foundation dan SASS siswa akan belajar terkait tartil, tajwid dan ghoroibul quran, tahfidz, serta waqf ibtida’. Pada kurikulum SASS, siswa akan mendapatkan pelajaran yang berkaitan dengan islamika akhlaqul karimah, outbound leadership program, dan life skills. 

Keterampilan dasar fisik yang akan diberikan kepada siswa di antaranya adalah berenang, throwing sport, safety riding, dan bela diri praktis. Selain itu, siswa juga akan dibekali dengan P3M, safety proceduring and mountaineering, navigasi darat, botani dan zoologi praktis, serta jungle cooking.

Pendaftaran dan Biaya Pendidikan Sekolah Tahfidz Quran Jakarta Barat

Sekolah Tahfidz Quran Jakarta Barat EXISS Abata membuka pendaftaran setiap tahun, biasanya pendaftaran akan dibuka pada bulan Oktober. Untuk bisa masuk ke sekolah tahfidz qur’an ini, calon siswa harus melalui tahapan observasi calon murid dan wawancara orang tua.

Jika dinyatakan lolos, di bulan berikutnya siswa akan melakukan pengukuran seragam dan melakukan daftar ulang. Dalam daftar ulang, siswa dan orang tua diharuskan menyelesaikan tanggungan administrasi keuangan, yang mana besaran tanggungan keuangan tersebut berbeda antar jenjang pendidikan. 

Siswa baru akan masuk dan mengikuti kegiatan belajar mengajar pada bulan Juli dengan aturan  berpakaian yang telah ditentukan oleh sekolah tahfidz di Jakarta Barat ini. Siswa akan melakukan kegiatan belajar mengajar bersama ustadz dengan menerapkan kurikulum yang telah menjadi acuan dasar EXISS Abata.

Pendaftaran biasanya dilakukan secara serentak, mulai dari KB-TK EXISS Abata, SD EXISS Abata, dan SMP Leaders Khalid bin Walidsecara online. Jika ingin tahu info pendaftaran sekolah Tahfidz Quran Jakarta Barat, EXISS Abata silahkan klik link berikut ini https://abata.sch.id/pendaftaran/

    13 Comments

  1. Encep Sopyan
    January 22, 2022
    Reply

    Terbukti dg para alumni yg berprestasi di bidang Al Qur’an nya.

    So, jangan ragu. Cari sekolah yg baik pmbelajaran Al Qur’annya yaa ABATA

  2. Unun
    January 22, 2022
    Reply

    Barakallahu fiikum…

    Sekolah yang mengedepankan interaksi murid dengan Al-Qur’an setiap harinya insyaAllah menjadi generasi Rabbani

  3. Heny Kurniawati
    January 22, 2022
    Reply

    Baarakallaahu fiik… Semoga dengan hadirnya ABATA sebagai sekolah yang mengedepankan pembelajaran Al Qur’an, maka akan terlahir generasi pejuang peradaban Islam yang cinta Al Qur’an dan menjalankan sunnah-sunnah Nabi-Nya. Aamiin yaa mujiib….

  4. January 22, 2022
    Reply

    Exiss Abata adalah sekolah yang memiliki capaian bacaan dan hapalan Qur’an yg baik dan sdh terbukti dengan lulusannya..termasuk anak saya sekarang mencapai 15 juz…ayo segera daftar anak anda ke Exiss Abata!

  5. January 22, 2022
    Reply

    Sekolah Islam Abata sudah banyak menciptakan lulusan tahfidz Qur’an terbaiknya InsyaAlloh dapat lebih berkembang n maju kedepannya … Khususnya SMP Leaders semoga Bravo Abata …

  6. Devi
    January 22, 2022
    Reply

    EXISS ABATA sekolah Islam di Jakarta Barat yang mencetak generasi Rabbani yang senantiasa berinteraksi dengan Al Qur’an dan berorientasi pada ImTaq dan IpTek

  7. Bunda Tsabita
    January 22, 2022
    Reply

    Maa syaa Allaah, setiap hari murid-murid mendengar dan melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an. Semoga menjadi keberkahan para murid dan klg.aamiin

  8. Bunda Tsabita
    January 22, 2022
    Reply

    Maasyaa Allah, sekolah ABATA, Sekolah yang sudah banyak melahirkan generasi penghafal Quran. Baarakallahu fiik.

  9. Devi
    January 22, 2022
    Reply

    Sekolah yang mencetak generasi Rabbani yang senantiasa berinteraksi dengan AlQuran dan berorientasi ImTaq dan IpTek…..mari bergabung bersama EXISS A BA TA

  10. Bunda echa
    January 22, 2022
    Reply

    The real reality, karakter yg dibentuk disekolah Abata kebawa sampai rumah, siswa selalu memurojaah bacaan Alquran dalam setiap kegiatan yg dilakukan dirumah tanpa tidak sadar muroja’ah sambil bermain.

  11. Arief
    January 23, 2022
    Reply

    Buat yang ingin anaknya dibiasakan baca, menghafal dan berakhlak Al-Qur’an, saya rekomendasi sekolah ini.

  12. January 23, 2022
    Reply

    Sekolahnya para penghafal Al-Qur’an, mencetak calon” pemimpin yang hafiz Al Qur’an dan berkarakter Qur’ani…. Yuuk daftarkan aj

  13. Khidir
    January 23, 2022
    Reply

    Sangat di sarankan untuk anak anak kita di zaman ini yaitu ilmu agama sejak usia dini, Untuk membantu para orang tua agar anak mempunyai akhlak yang baik dan juga memiliki prestasi akademik

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *