Back
Sekolah Islam Jakarta Barat, Cara Efektif Menanamkan Nilai Agama

Sekolah Islam Jakarta Barat, Cara Efektif Menanamkan Nilai Agama

Sekolah Islam Jakarta Barat, Cara Efektif Menanamkan Nilai Agama
Sekolah Islam Jakarta Barat, Cara Efektif Menanamkan Nilai Agama

Manusia hidup di dunia ini tidak cukup dengan pengetahuan umum saja. Kita membutuhkan nilai-nilai agama untuk menghadapi persaingan sekaligus pergaulan yang semakin bebas. Untuk menanamkan nilai-nilai religious, tentunya dibutuhkan bimbingan dari orang tua. Selain menerapkan pola asuh sesuai yang diajarkan Rasulullah, orang tua perlu mempertimbangkan sekolah yang akan dipilih untuk buah hatinya. Untuk membangun karakter anak berbasis Qur’ani, Sekolah Islam Jakarta Barat adalah pilihan yang tepat.

Kurikulum Pendidikan Sekolah Islam Jakarta Barat untuk Memperkuat Karakter Anak

Pola asuh dalam Islam telah diatur sedemikian rupa, di mana pengenalan pada agama adalah poin paling utama. Sejak kecil hendaknya seorang anak dikenalkan pada Allah sebelum mengenalkannya pada ilmu-ilmu lain. Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk menanamkan karakter berbasis Al-Qur’an pada anak-anak?

  1. Mengajarkannya Salat

Pola asuh orang tua turut mempengaruhi karakter seorang anak. Untuk menciptakan generasi yang berakhlakul karimah, mengajarkan salat adalah langkah pertama. Saat anak memasuki usia 5 tahun, ajak anak-anak untuk mendirikan salat. Beri tahu mereka arti penting salat agar anak lebih memahami, bahwa salat adalah sebuah kewajiban bagi umat muslim.

  • Ajak Anak-anak membaca Al-Qur’an

Mengenalkan anak pada Allah tidak cukup dengan mendirikan salat. Sejak usia dini atau sebelum masuk ke Sekolah Islam Jakarta Barat, ajarkan mereka untuk membaca Al-Qur’an. Kenalkan mereka pada huruf-huruf hijaiyah beserta bunyinya. Seiring bertambahnya usia, Anda bisa mengajari mereka ke tahap lebih lanjut agar baccan Qur’an-nya sesuai dengan tajwid.

  • Pilihkan Sekolah Berbasis Islami

Memberikan pendidikan terbaik bagi anak adalah salah satu kewajiban bagi orang tua. Pendidikan tidak cukup dilakukan di rumah saja. Saat anak-anak sudah memasuki usia sekolah, orang tua wajib memilihkan sekolah terbaik bagi sang buah hati. Untuk memperkuat pemahamannya terkait ilmu-ilmu agama, maka daftarkan mereka ke Sekolah Islam Jakarta Barat.

Sekolahan berbasis islami ini memiliki jenjang berkelanjutan, mulai dari TK, SD, dan SMP. Selain menggunakan kurikulum sesuai standar, Excellent Islamic School Abata membekali siswa didiknya dengan penguatan karakter Islam serta integrated curriculum pada semua mata pelajaran dan kegiatan sekolahan. Metode pembelajaran yang efektif dibingkai dalam pesan nilai-nilai Islam yang memperkuat karakter anak-anak.

  • Sekolahan Berbasis Islami dengan Prestasi Unggul

Di samping membekali ilmu-ilmu agama, Sekolah Islam Jakarta Barat juga mencetak generasi unggul, cerdas, terampil, serta cerdas. Ada empat program Exiss Abata untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, mulai dari Konsep Pembelajaran Tematik K13, Konsep Project Based Learning, Konsep Pembinaan Karakter Building Learning Power, dan Konsep KBM Al-Qur’an Sistem UMMI Foundation.

Bahkan, pada tahap SMP, ada Kurikulum Kepemimpinan SASS dan Learning Style yang membuat siswa lebih siap mandiri dengan jiwa kepemimpinan yang tangguh.

Pendidikan Islami Berkelanjutan di Sekolah Islam Jakarta Barat

Menanamkan nilai agama pada anak-anak harus dilakukan secara berkelanjutan. Artinya, tidak cukup satu atau dua tahun saja, karena ketika beranjak remaja, maka anak-anak lebih rentan terjerumus ke pergaulan bebas. Jika tidak dikontrol oleh orangtua, maka nilai agama yang ditanamkan saat usia dini akan tergerus dengan akulturasi budaya.

Sebab itu, memilihkan sekolahan berbasis islami secara berkelanjutan adalah pilihan tepat untuk membentuk karakter anak yang berbasis Al-Qur’an. Di Sekolah Islam Jakarta Barat, ada tiga jenjang pendidikan secara continue, yakni KB-TK, SD, dan SMP yang menerapkan kurikulum terpadu dan mengajari anak untuk menghafal Al-Qur’an.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *