Back

Segarnyaaa Sop Buah buatan kelas 2

Subhanallah, cuaca di bulan September ini panasnya lumayan menyengat. Panas-panas begini pasti inginnya minum yang segar-segar, misalnya saja sop buah. Pas sekali bukan, sop buah yang manis dan segar sangat cocok disajikan saat cuaca panas seperti sekarang. Bagaimana ya cara membuat sop buah? Kira-kira siswa-siswi kelas 2 SD EXISS ABATA kesulitan tidak ya dalam membuatnya? Kalau sop buahnya mereka jual juga akan laku tidak ya? Yuk baca sampai habis artikel ini!

Siswa-siswi kelas 2 EXISS ABATA sangat excited loh ketika tahu bahwa kegiatan mereka diminggu ini membuat sop buah. Karakter yang diharapkan muncul dalam kegiatan tersebut adalah karakter planning skill. Nantinya siswa-siswi kelas 2 EXISS ABATA akan belajar bagaimana cara membuat sop buah, dan selain dikonsumsi oleh mereka sendiri, siswa-siswi kelas 2 EXISS ABATA akan belajar untuk menjual produk yang mereka sudah buat. Nantinya hasil dari penjualan sop buah ini akan disumbangkan untuk santunan anak yatim dan pengungsi Rohingya loh.

Siswa-siswi kelas 2 EXISS ABATA di tema minggu sebelumnya sudah belajar membuat brosur promosi. Brosur promosi yang mereka buat tentunya tentang sop buah yang berhubungan dengan tema selanjutnya. Tahap planning di hari Selasa, siswa-siswi membagi-bagi tugas. Ada yang tugasnya print-out brosur promosi mereka, ada juga yang tugasnya menempelkan brosur-brosur tersebut di lingkungan sekitar sekolah. Tujuannya agar semua orang di lingkungan sekolah bisa mengetahui bahwa siswa-siswi kelas 2 akan berjualan sop buah. Siapa tau, banyak peminat yang tertarik untuk membeli sop buah kami setelah melihat brosur-brosur promosi yang ditempelkan.

Rabu, 13 September 2017, setelah pembelajaran Al-Quran, tahap action membuat sop buah mulai dilakukan. Semua siswa-siswi kelas 2 terlibat langsung dari awal proses pembuatan seperti membersihkan dan memotong-motong buah-buahan, sampai mencampurkan seluruh bahan-bahan sop buah tersebut ke dalam wadah besar. Mereka sangat antusias loh, suasana kelas penuh dengan keceriaan siswa-siswi yang saling sahut menyahut bekerjasama saat pembuatan sop buah. Wah, sudah masuk jam istirahat nih. Siswa-siswi tiap kelompoknya membagi dua tugas, ada yang bertugas menyajikan sop buah ke dalam gelas cup, ada juga yang bertugas menjajakan sop buah di meja depan kelas untuk dijual. Mereka bergantian melakukan tugas-tugas tersebut, agar semuanya bisa merasakan bagaimana euforia dari tiap-tiap tugas yang mereka kerjakan. Benar-benar diluar dugaan, sop buah yang siswa-siswi jajakan ludes terjual hanya dalam waktu kurang dari 10 menit. Sop buah yang dijual hanya 10-15 cup saja per kelompoknya. Siswa-siswipun lanjut mencicipi sop buah yang mereka buat. Pantas saja sop buahnya laris manis, tampilannya yang menarik dan rasanya enaaak juga sangat menyegarkan, mungkin karena hal ini yang membuat semua warga sekolah sangat antusias membeli produk yang dijual oleh siswa-siswi kelas 2. Uang yang terkumpul dari hasil penjualan sop buah ditiap kelompoknya dikumpulkan kembali untuk disumbangkan seluruhnya ke panitia Muharram. Uang tersebut akan digunakan untuk santunan anak yatim dan pengungsi Rohingya yang akan diserahkan pekan depan saat tema Muharram.

Setelah kemarin merasakan euforia membuat dan menjual sop buah, di hari Kamis ini siswa-siswi kelas 2 EXISS ABATA membuat report mengenai semua kegiatan yang sudah mereka lakukan di tema sop buah ini. Report yang mereka buat dikerjakan per kelompok sesuai dengan kelompok saat kemarin action. Report ditulis di selembar karton. Semua siswa-siswi menuliskan report sesuai tugas yang sudah dibagi sesuai kesepakatan per kelompoknya.

Di hari Jumat, tahapan yang harus dilalui siswa-siswi dalam akhir pembelajaran tematik adalah tahap presentasi. Tiap kelompok harus mempresentasikan report yang sudah mereka buat kemarin. Semua kelompok diharuskan mempresentasikan laporannya dan memberikan kesempatan kepada kelompok lainnya untuk bertanya mengenai hasil report yang mereka bacakan.

Inilah rangkaian kegiatan tematik kelas 2 SD EXISS ABATA dengan tema sop buah. Walau masih kelas 2 SD, alhamdulillah karakter planning skill kami sudah mulai dilatih. Kami jadi tau sekarang, ternyata selain bisa dikonsumsi langsung, buah-buahan yang begitu banyak manfaatnya ini, jika diolah semenarik mungkin bisa jadi minuman yang enak, segar, dan bernilai jual juga ya, apalagi dalam keadaaan cuaca yang sedang panas seperti sekarang, sop buah kami laris maniiiiisss.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *