LOWONGAN KERJA GURU AL-QUR’AN 2019

Let’s join us ! Excellent Islamic School ABATA
Sebagai GURU AL-QUR’AN guna mencetak generasi rabbani dambaan ummat
SYARAT:
1. Muslim & Muslimah yang Taat Beribadah,
2. Senang menghiasi diri dengan Akhlaqul Karimah,
3. Mencintai anak-anak dan dunia pendidikan,
4. Usia minimal 20 maksimal 30 tahun.
5. Pendidikan minimal SMA diutamakan S1.
6. Mampu membaca Al-Quran dengan baik & benar, Hafal Qur’an juz 30 & 29, diutamakan hafal lebih dari 5 juz.
7. Melek teknologi informasi internet dan diutamakan mampu mengoperasikan Microsoft Office (Power Point, Word, Excel),
8. Bersedia mengikuti pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi yang diwajibkan oleh lembaga.

GAJI & FASILITAS:
1. Gaji yang Menarik
2. Tunjangan Kinerja
3. Bantuan Sosial Pegawai
4. Jaminan Kesehatan dan Tenaga Kerja
5. Tunjangan Pendidikan Keluarga
6. Apresiasi Prestasi Guru
7. Fasilitas Umroh
8. Dana Pensiun

SEGERA Kirimkan Surat Lamaran & CV Anda ke sdm@abata.sch.id
Ditunggu sampai dengan 31 Januari 2019

Studi banding SDIT Baitul Maal ke SD Exiss Abata

Alhmdulillah, Hari ini, Rabu 21 Februari 2018, SD Exiss Abata kedatangan tamu Dari SD Baitul Maal Tangerang. Mereka berlima ingin studi banding ke SD Exiss Abata, tentang metode pembelajaran Al-Qur’an sistem Ummi. Kepala sekolah dan 4 orang guru SDIT Baitul Mal, ingin belajar banyak tentang prestasi yang telah dicapai SD Exiss Abata dalam menerapkan sistem Ummi. Ummi Foundatioan sebagai lembaga penjamin mutu pembelajaran Al-Qur’an, memberikan rekomendasi kepada SDIT Baitul Mal untuk belajar di SD Exiss Abata. Semoga hasil studi banding SDIT Baitul Maal ke SD Exiss Abata membantu mengefektifkan target target pembelajaran Al-Qur’an di sekolah Baitul Maal. Aamin.

Terungkapnya Jasad Fir’aun (Part III)

 

Sekarang mari kita membicarakan fenomena satu-satunya yang tidak ditemukan pada mumi fir’aun-fir’aun yang lain. Tidak seorang ahli kepurbakalaan yang bisa menjelaskannya. Ilmu kedokteran juga tidak mampu mengungkap mengapa pengenduran kedua terjadi di tangan kiri itu. Mereka pun tidak bisa menjelaskan bagaiman otot-otot itu tetap keras, atau bagaimana fungsi elastisnya bisa bekerja, sehingga ia bisa mengembalikan tangan ke posisi semula selama tidak kurang dari 3000 tahun. Padahal, sepotong karet bila terikat selama serratus tahun, maka sudah dipastikan bahwa ia akan kehilangan fungsi elastisnya dan tidak akan pernah bisa lagi mengerut.

Lalu bagaimana dengan pendapat kita dengan otot yang normalnya hanya bisa mengeras setelah mendapat perintah yang dikeluarkan dari otak? Otot yang mengalami kejang dan diikuti kekakuan, yang sebagaimana lazimnya setelah itu tidak terjadi pengerutan kedua. Urat tebal dan dan tinggi juga menjaga susunan dan fungsinya selama ribuan tahun. Jika lapisan mayat itu tidak dilepaskan dari tangan hingga urat tebal meluncur di tengah-tengah urat tinggi, maka akibatnya panjang otot pun mengecil dan tangan pun naik. Bukankah ini sudah di luar kebiasaan normal, yang berlaku dalam hokum alam? Bila mukjizat didefinisikan sebagai sesuatu yang bertentangan dengan hukum alam, maka yang bisa kita lakukan terkait dengan kasus tangan kiri Ramses II ini hsnys pasrah bahwa ini adalah bukti kebesaran Tuhan. Kebesaran bagi orang-orang setelah Fir’aun, semenjak permulaan abad ini, tepatnya pada tahun 1902 ketik tangan Ramses II ini dibiarkan dalam posisi aslinya, setelah lapisan pembungkus jasad dibuka. Meskipun sudah banyak orang yang lupa apa yang menjadi tujuan itu semua, hingga akhirnya semua mata tertuju dan mencermati fenomena ini.

فَالْيَوْمَ نُنَجِّيْكَ بِبَدَنِكَ لِتَكُوْنَ لِمَنْ خَلْفَكَ اٰيَةً ۗوَاِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِ عَنْ اٰيٰتِنَا لَغٰفِلُوْنَ

Maka pada hari ini Kami selamatkan jasadmu agar engkau dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang setelahmu, tetapi kebanyakan manusia tidak mengindahkan tanda-tanda (kekuasaan) Kami. (Q.S Yunus: 92)

Masih ada ayat yang lain, yaitu firman Allah Swt berikut:

اَلنَّارُ يُعْرَضُوْنَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَّعَشِيًّا ۚوَيَوْمَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ ۗ اَدْخِلُوْٓا اٰلَ فِرْعَوْنَ اَشَدَّ الْعَذَابِ

Kepada mereka diperlihatkan neraka, pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Lalu kepada malaikat diperintahkan), “Masukkanlah Fir‘aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras!” (Q.S Al-Mukmin: 46)

Semua mufasir berpendapat kejadian itu berlangsung di alam barzakh, selain azab yang sangat keras yang akan diterima kaum Fir’aun pada hari kiamat kelak. Jadi, kejadian ditampakkannya neraka pada pagi dan petang merupakan bagian dari siksa kubur. Pada hadis yang diriwayatkan Shakhrah bin Juwairah dari Ibn Umar yang menuturkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Ketika orang kafir meninggal dunia, maka rohnya akan diperlihatkan neraka setiap pagi dan petang.” Kemudian beliau membaca ayat di atas.[2]

Kesimpulannya, sebelum kita mengakhiri pembicaraan tentang Ramses II, sebagian orang mengusulkan untuk menganalisis mumi Ramses II dan mengukur kadar garam pada jaringan ototnya untuk mendapatkan petunjuk tenggelamnya Ramses II di air laut yang terkenal kadar garamnya itu. Namun seperti sudah disinggung di atas terkait dengan pengawetan Ramses II, diketahui bahwa jasad Ramses II – setelah menggosongkannya dari citoplasma—dipenuhi dengan garan nitrat yang menyebabkan usulan analisis ini tidak penting. Terkait dengan Fir’aun dan antek-anteknya, Allah Swt berfirman:

كَمْ تَرَكُوْا مِنْ جَنّٰتٍ وَّعُيُوْنٍۙ () وَّزُرُوْعٍ وَّمَقَامٍ كَرِيْمٍۙ ()  وَّنَعْمَةٍ كَانُوْا فِيْهَا فٰكِهِيْنَۙ () كَذٰلِكَ ۗوَاَوْرَثْنٰهَا قَوْمًا اٰخَرِيْنَۚ

Betapa banyak taman-taman dan mata air-mata air yang mereka tinggalkan, juga kebun-kebun serta tempat-tempat kediaman yang indah, dan kesenangan-kesenangan yang dapat mereka nikmati di sana, demikianlah, dan Kami wariskan (semua) itu kepada kaum yang lain (Q.S Ad-Dukhan: 25-28)

**Diambil dari Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis Jilid 1 : Kemukjizatan fakta sejarah

[2] Lih. Tafsir Al-Qurthubi, j. 15, h. 319.

Aku Bisa Membuat dan Menjual Sop Buah

Belajar Membuat Sop Buah, Belajar Berwirausaha

 

Proyek kelas 2 di pekan ke-empat bulan September adalah membuat sop buah.  Keterampilan yang dirancang agar membuat  murid SD Exiss Abata dapat mempunyai bekal keterampilan menjadi entrepreneur yang sukses di masa depan. Aamiin

Proyek bermula dengan introduction di hari Senin.  Belajar mengenal  sop buah dan berkenalan dengan semua buah dan teman-teman lain yang ada dalam mangkuk sop buah.  Wah ternyata banyak buah-buahan sehat ya di dalam sop buah, ada apel, buah naga, alpukat, kelengkeng, stroberi, dan teman-teman buah lainnya. Ada juga nata de coco dan daging kelapa muda sebagai pelengkap. Senang sekali bisa mengenal sop buah dan isinya. Bertambah semangat ya untuk segera action karena murid Sd Exiss Abata akan membuat sesuatu yang sehat dan menyegarkan.

Sebelum melangkah ke kegiatan action, murid perlu mengenal dulu langkah-langkah pembuatan sop buah beserta alat dan bahannya pada pembelajaran tahap planning.  Hal ini merupakan tahapan yang penting sebelum action, karena planning merupakan panduan untuk murid dalam proses  membuat sop buah sehingga murid tahu cara membuat sop buah dan bisa melaksanakan action dengan mandiri. Pada tahap planning juga dibuat kelompok kerja, agar murid bisa bersinergi dengan teman-temannya dalam proses pembuatan sop buah. Satu kelompok terdiri dari 6 orang.

Tiba saatnya hari Rabu. yeeey action. Senangnya bisa praktek membuat sop buah di kelas bersama teman-teman, tapi tetap dalam pengawasan ustadz dan ustadzah ya.  Bismillah murid mulai membuat sop buat bersama kelompoknya masing-masing, ada yang bertugas mengerok buah melon dan  buah naga dengan sendok cocktail, ada yang menuang air kelapa beserta daging kelapanya ke dalam baskom, ada  yang menuangkan susu, ada yang menyiapkan gelas plastik dan pekerjaan lain yang semua dilakukan bersama . Senang sekali melihat murid sangat antusias dan bersemangat serta mampu bekerja bersama  tim dengan sangat baik, teamwork  yang baik.

Setelah pengolahan bahan selesai, murid bersiap mengemas, sop buah yang sudah jadi dikemas ke dalam gelas plastik dan disediakan tutup gelas dan sendoknya. Murid siap belajar menjadi wirausaha muda dengan menjual sop buah yang sudah mereka olah bersama-sama. Alhamdulillah sop buah yang dijual laris dibeli oleh kakak kelas dan ustadz ustadzah. Ada semangat luar biasa dan binar kebahagiaan di mata murid-murid ketika sop buah yang mereka jual laris manis terjual. Ada hasil yang murid dapatkan setelah menjual sop buah dan hasil yang mereka dapatkan dari perjuangan menjual sop buah kembali kepada murid dengan berbentuk barang berguna dan bermanfaat untuk kegiatan belajar mereka di kelas.

Selesai dengan perjuangan saat action, lanjut kepada tahapan pembelajaran selanjutnya yaitu tahapan  report. Murid bersiap membuat report tentang  pembuatan sop buah yang sudah dilaksanakan kemarin. Dalam pembuatan report hal-hal yang ditulis antara lain adalah tujuan dari proyek membuat sop buah, alat dan bahan yang diperlukan membuat sop buah, langkah-langkah pembuatan sop buah, dan kesimpulan serta kesan murid setelah melaksanakan action membuat sop buah. Murid akan menuliskan report di buku tulis mereka  masing-masing dengan tulisan rapi, karena akan ada penilaian isi dan penilaian tulisan pada setiap report yang murid buat.

Tahapan terakhir pada setiap pekan adalah tahapan presentasi. Murid menyiapkan diri dengan laporan mereka yang harus mereka sampaikan secara lisan di depan kelas dan di simak oleh murid lainnya. Presentasi dilaksanakan sesuai kelompok yang sudah dibentuk pada saat planning. Masing-masing kelompok maju dan mulai mempresentasikan kegiatan pembuatan sop buah di kelompoknya. Dalam satu kelompok presentasi akan ada tugas untuk masing-masing murid. Ada yang bertugas menjadi pembuka, pembicara, penjawab, dan penutup. Pembagian tugas ini dilakukan dengan cara musyawarah. Tujuan pembagian tugas dalam presentasi adalah agar semua murid dapat aktif semua dalam proses presentasi.

Murid di kelompok lain juga mendapat tugas untuk menyimak presentasi dari kelompok yang maju. Setiap sesi presentasi akan diberikan kesempatan kepada pendengar untuk bertanya terkait hal yang mereka belum pahami. Mereka harus mengamati setiap sesi pembahasan yang disampaikan oleh pembicara agar bisa bertanya tentang apa yang perlu ditanyakan atau menjawab pertanyaan. Jika ada pertanyaan dari kelompok pendengar, maka tim yang presentasi akan menjawab pertanyaan tersebut dengan cara bermusyawarah dengan kelompoknya.

Lima tahapan pembelajaran selama satu pekan telah tertewati dengan lengkap. Senang sekali bisa memberikan suatu proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermanfaat untuk murid-murid. Harapan besar kami adalah murid dapat mengimplemtasikan pembelajaran yang telah mereka dapat di sekolah ke dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tujuan pembelajaran di sekolah dapat tercapai dengan baik.

Info Lowongan Kerja

TENAGA PENGAJAR / GURU SMP

SYARAT:
1. Muslim & Muslimah yang Taat Beribadah,
2. Senang menghiasi diri dengan Akhlaqul Karimah,
3. Mencintai anak-anak dan dunia pendidikan,
4. Usia minimal 20 maksimal 30 tahun.
5. Pendidikan minimal S1 diutamakan Sarjana Pendidikan (S.Pd).
6. Mampu membaca Al-Quran dengan baik & benar.
7. Melek tehnologi informasi internet dan diutamakan mampu mengoperasikan Microsoft office (Power Point, Word, Excell),
8. Bersedia mengikuti pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi yang diwajibkan oleh lembaga.

SEGERA Kirimkan Surat Lamaran & CV Anda ke sdm@abata.sch.id

Info Lowongan Kerja

Dibutuhkan Kepala Sekolah SMP

Persyaratan Umum
* Memiliki Akhlaqul Karimah
* Berusia Maksimal 40 tahun
* Memiliki kualifikasi akademik minimal S1 dengan IPK 3 (Negeri) IPK 3,5 (Swasta)
* Sehat jasmasi dan rohani
* Mampu membaca al-Qur’an dengan baik diutamakan memiliki hafalan 1 juz/ surat pilihan
* Memiliki Soft Skill:
– Sikap Dewasa
– Berorientasi solusi
– Berfikir konstruktif
– Kreatif
– Supel
– Wawasan Luas

Persyaratan Khusus
* Aktif berkomunikasi dengan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
* Mampu melakukan peran Kepala Sekolah sebagai berikut:
Pemimpin, Manajer, Pendidik, Administrator, Inovator, dan Supervisor.

GAJI & FASILITAS:
1. Gaji yang Menarik
2. Tunjangan Kinerja
3. Bantuan Sosial Pegawai
4. Jaminan Kesehatan dan Tenaga Kerja
5. Tunjangan Pendidikan Keluarga
6. Apresiasi Prestasi Guru
7. Fasilitas Umroh
8. Dana Pensiun

SEGERA Kirimkan Surat Lamaran & CV Anda ke sdm@abata.sch.id

Zikir Asmaul Husna, Bershalawat, dan Maulid Nabi Muhammad SAW di SD EXISS ABATA

Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. keduanya berasal dari kata fiil madhi walada.. Kata maulid dalam ilmu tashrif, memiliki tiga sebutan dan arti, masing-masing sesuai konteks kalimat :

  1. Kata maulid bisa disebut mashdar mimiy yang berarti kelahiran
  2. Kata maulid bisa disebut isim zaman (keterangan waktu) yang berarti waktu lahir
  3. Kata maulid bisa disebut isim makan (keterangan tempat) yang berarti tempat lahir.

Peringatan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat sedangkan di Indonesia sudah dilakukan sejak zaman kemeredekaan Indonesia.. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Baginda Rasulullah. Umat Islam memperingati pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah Bertepatan dengan hari Senin, 20 April tahun 571 Masehi.

Di sela-sela waktu, guru memutarkan video. setelah itu, membuat kuis terhadap murid-murid di kelas terkait sejarah kelahiran nabi Muhammad SAW. Murid-murid menjawab dengan cara rebutan dan siapa yang menang mendapatkan reward.  Di hari Selasa, 12 November 2019, kami memutarkan video berupa lantunan shalawat terhadap Bagainda Rasulullah diikutin oleh murid.murid.

Di tanggal 18 November 2019, Puncaknya SD Exisss ABATA memperingati Maulid Nabi dengan zikir Asnaul Husna yang dipimpin oleh Ustadz Adi Firly, S.Pd. dan Pembacaan bershalawat dan Maulib Nabi Muhmmad SAW bersama yang dipimpin oleh  Tim Marawis ABATA, Ustadz Hamdani, S..Pd.I dan Ustadz Farhan. Acara berjalan dengan sangat khidmat dan khusyu.

Setelah Bershalawat tibanya waktunya kak Andri menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW dengan semangat 45. Ibnu Hajar dalam kitab Al-Shawa’iq berkata, Diriwayat

kan oleh Imam Ja’far, bahwa siapa saja yang membaca shalawat kepada Nabi Saw dan ahli baitnya sebanyak seratus kali, maka Allah mengabulkan hajatnya sebanyak seratus hajat, tujuh puluh di antaranya diberikan di akhirat. Syaikh Al-Suja’i berkata dalam kitab Hasyiah atas kita Al-Shawa’iq,

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَهْلِ بَيْتِهِ

Nabi Muhammad SAW lahir dari pasangan Abdullah bin Abdul Muthalib dan Aminah binti Wahab. Ayahnya meninggal ketika Nabi Muhammad masih berada dalam kandungan sang ibu. Beliau menjadi yatim bahkan sebelum dilahirkan. Sesuai adat setempat, Nabi Muhammad dititipkan kepada Halimatussa’diah untuk disusui dan dibesarkan bersama anak-anak Halimah.

Memasuki usia 6 tahun, Nabi Muhammad SAW dibawa oleh ibunya ke Madinah. Setelah satu bulan tinggal di Madinah, rombongan ibu dan anak harus berhenti di tempat bernama Abwa’ dalam perjalanan kembali ke Makkah. Aminah meninggal. Menjadi yatim piatu, Nabi Muhammad SAW kemudian berada dalam asuhan Abdul Muththalib. Dua tahun mendapatkan curahan kasih sayang dari sang kakek, Abdul Muththalib wafat dalam usia 80 tahun.

              Pada Usia 25 tahun, Muhammad menikah dengan Khadijah. Beliau diberi Al-Amin artinya orang yang dapat dipercaya. Gelar ini disematkan kepada Muhammad yang terkenal memiliki sifat jujur, berbudi luhur, dan kepribadian tinggi. Tidak pernah sekali pun melakukan perbuatan tercela. Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rosul pada saat menginjak usia 40 tahun. Pada malam 17 Ramadhan yang bertepatan Muhammad didatangi oleh Jibril saat berdiam diri di Gua Hira, menurunkan wahyu yang pertama, Qur’an Surat Al-‘Alaq ayat 1 – 5.

Alhamdulillah setelah semua rangkaian kegiatan terlewati, saatnya murid-murid kembali ke kelas masing-masing untuk kegiatan KBM. Semoga dengan adanya acara ini kita semakin cinta dan giat untuk menghidupkan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Hakikat merayakan Mualid Nabi tidak hanya sekedar memperingati kelahiran Rasulullah, tetapi diperingati dengan cara meneladani ajaran, konsepsi, dan agama yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

 

 

 

 

 

 

Fun Camping SD EXISS ABATA “Mandiri, Siaga, Semangat, dan Ceria”

Setelah 4 bulan setengah menjalankan rangkaian KBM di kelas 2-3, akhirnya Tema yang dinantikan murid A BA TA datang juga yaitu “Camping, yang mana tema ini paling favorit dan menyenangkan oleh murid A BA TA karena tema ini bertujuan untuk membuat bagaimana caranya mandiri, menghadapi sebuah tantangan yang  berat, dan membangun teamwork di dalam kelompok camping. Di tema ini murid-murid di ajarkan diperkenalkan tentang team building, penanaman nilai kebersamaan dalam persahabatan, survive dalam kondisi dan cuaca apapun serta sikap peduli dan tolong menolong dengan menuju suatu tujuan.

Di awal pembelajaran, guru bertanya kepada murid mengenai camping dan perlengakapan yang dibawa ketika camping. Sebelum memulai melakukan kegiatan camping, guru memberikan penjelasan mengenai camping, tujuan camping, perlengakapan yang dibawa baik pribadi/kelompok, dan keadaan tempat camping  serta kolam berenang yang dilengkapi pelosotan. Kemudian memberikan berbagai inspirasi pengetahuan dengan melakukan tahap intro. Murid-murid senang dan antusias mengdengar ketika intro camping, walaupun di kelas sebelumnya, mereka sudah pernah ke camping. Camping adalah kegiatan dalam kepramukaan yang dilaksanakan secara di alam terbuka. Kami kelas 2-3 akan melakukan kegitan camping di Telaga Sindur, Bogor. Di hari Senin, tepatnya pukul 13.00, murid berkumpul dengan pendamping untuk pembagian perlengkapan kelompok dan pembuatan yel-yel kelompok.

Di hari Selasa, guru memeriksa perlengkapan murid, lalu memberikan instruksi atau menjadwalkan kegiatan yang akan dilakukap selama di camping. Bagi yang perlengkapannya belum lengkap, bisa dilengkapi dengan membawanya di hari Rabu.

Di hari Rabu murid-murid berkumpul kembali dengan pendamping yaitu pengumpulan sleeping bag, perlengakapan kelompok, dan penguatan terkait yel-yel kelompok agar ketika harinya murid-murid tidak bingung dalam melakukan kegitan tersebut.

 

Tibanya harinya, kegiatan action dimulai, wajah murid-murid makin senang karena akan melakukan camping. Sesampainya di TKP, murid-murid berbaris perkelompok di lapangan lalu menuju aula untuk snack time, pembukaan, dan fun game. Sebelum melakukan outbond, murid-murid membuat project penyaringan air kotor menjadi bersih dengan menggunakan barang-barang bekas. Setelah fun games murid-murid salat zuhur dan makan siang.

Pos-pos selama kegiatan camping :

Pos I     : Menyebrangi danau yang kedalamannya mencapai 3 meter.

Pos II  : Jalan di atas tali dengan ketinggian 1 meter dari permukaan tanah

Pos III : Memasukkan holahop kecil ke tiang dengan jarak 50 cm dari posisi berdiri

Pos IV : Mencocokkan angka secara bergantian

Murid-murid melakukan kegiatan sesuai alur. setelah melakukan rangkaian kegiatan murid-murid melakukan salat Asar, snack time sore, dan jelajah alam sekitar Telaga Sindur. Pukul 17.30, muri-murid bersiap-siap untuk melakukan murajaah dan salat Magrib di lanjutkan makan malam di pinggir telaga. Murid-murid have fun menuju ke pinggir telaga dan senang ketika dibawahnya ada ikan yang bermunculan. Selesainya makan, anak-anak salat Isya dilanjutkan dengann Api Unggun serta yel-yel kelompok.

Setelah semua rangkaian kegiatan terlewati, saatnya murid-murid tidur. Pukul 03.00, murid-murid Qiyamul Lail dan Muhasabbah yang di pimpin oleh Ustad Ali. Pukul 04.15, Salat Subuh dan Tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Encep. Pukul 05.00, murid-murid snack time dan berolahraga. Murid-murid sangat enjoy dalam olahraga, semua gerakan dilakukan dengan riang gembira. Pukul 05.45, murid-murid menuju peternakan sapi dan sarapan pagi di pinggir telaga sambil memberi makan ikan.  Setelah sarapan, murid-murid menuju tempat yang mereka tunggu-tunggu selama camping yaitu kolam renang. Murid-murid diperbolehkan berenang selama 1 jam dengan didampingi oleh panitia dan pendampingnya. Pokoknya seruuuuu dan mengesankan dech!!!.. Jam menunjukkan pukul 09.30, saaatnya pengumuman kelompok yel terbaik, favorit, tenda terbaik. Hati murid-murid Daaag… Diiig…Duuug….

  • Kelompok yel-yel terbaik adalalah :
  1. Yel terbaik Putra : Kelompok Orange
  2. Yel Terbaik Putri : Kelompok Coklat Muda
  • Kelompok favorit adalalah :
  1. Favorit terbaik Putra : Kelompok Abu-abu
  2. Favorit Terbaik Putri : Kelompok Pink
  • Kelompok Tenda terbaik adalalah :
  1. Tenda terbaik Putra : Kelompok Biru Dongker
  2. Tenda Terbaik Putri : Kelompok Hijau Muda

 

Pukul 10.00 sudah saatnya murid kembali ke sekolah dan alhamdulilah berakhirnya tema Fun Camping Telaga Sindur 2019, semoga dengan adanya tema camping ini, selalu memotivasi murid-murid agar menjadi mandiri, percaya diri dalam menghadapi sebuah tantangan, dan teamwork dalam kelompok lebih solid.

Setiap tahunnya murid-murid SD EXISS ABATA selalu mengeksperikan gaya dan kemampuannya dalam melakukan semua kegiatan selama camping. kami save foto-foto kegiatan tersebut di dalam folder kegiatan camping dijadikan sebagai kenangan terindah. Ada juga yang meletakkan di status whatshapp, facebook, dan instragram.

Yel-yel Camping SD EXISS ABATA (Nada : Meraih Bintang)

Setiap saat setiap waktu

Semangat satu di jiwa

Ini saat yang di tunggu

Camping kelas 2 3

Camping di telaga sindur

Hari ini kan di kenang

Smua doa di panjatkan

Secara di persembahkan

Tetap sholeh dan sholehah

Anak SD EXISS ABATA

Tetap unggul kita kejar lampaui batas 2x

Yo..yo..ayo..yo..ayo..yo..yo.ayo…. 3x

Bersama ustd ustdzah, kita camping di telaga sindur

Kita jauh dari rumah,tapi kita tetap senang 2x

Wooo…ooo..

“Fun Camping Enjoy, Seru, dan Mengasyikkan”

 

Info Lowongan Kerja

Dibutuhkan Staf Administrasi Keuangan (Finance)

SYARAT:
1. Muslimah yang Taat Beribadah
2. Pendidikan minimal S1 Ekonomi/Akuntansi.
3. Mampu menyusun Laporan Keuangan.
4. Memiliki sertifikat Brevet A dan B.
5. Senang menghiasi diri dengan Akhlaqul Karimah,
6. Mampu membaca Al-Quran dengan baik & benar.
7. Melek tehnologi informasi internet dan diutamakan mampu mengoperasikan Microsoft office (Power Point, Word, Excell),
8. Bersedia mengikuti pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi yang diwajibkan oleh lembaga.

SEGERA Kirimkan Surat Lamaran & CV Anda ke sdm@abata.sch.id

Diklat Penguataan kepala Sekolah

“Sesungguhnya seorang imam (pemimpin) itu merupakan perisai, tempat orang-orang beperang di belakangnya dan berlindung dengannya.”(H.R Bukhari).

Pemimpin ibarat petunjuk arah. Maju mundurnya sebuah kaum sangat bergantung pada kebijakan pimpinannya. Begitu pula kebangkitan sebuah peradaban. Pemimpin punya andil besar mengarahkan dalam meraih kebangkitan. Pemimpin adalah tonggak kebangkitan peradaban. Sosok pemimpin panutan kita sebagai umat islam adalah Rasulullah SAW. Darinya kita belajar jiwa kepemimpinan yang nyaris sempurna tanpa cela. Pemimpin jika dikaitkan dengan Islam adalah mereka pembawa misi yang sangat besar dengan membawa nilai-nilai ajaran Islam, agar bisa diimplementasikan dalam pelbagai bidang dan dapat dirasakan kebaikannya bagi alam semesta.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Ahzab ayat 21, yang artinya :

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

Adapun kita semua, setiap manusia adalah pemimpin. Dan seiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnya. Hal ini di tegaskan dalam sabda Rasulullah Saw., yang maknanya sebagai berikut :

“Ingatlah, Setiap kamu adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawaban tentang kepemimpinannya, seorang suami adalah pemimpin keluarganya dan ia akan dimintai pertanggung jawaban tentang kepemimpinannya, wanita adalah pemimpin bagi kehidupan rumah tangga suami dan anak-anaknya, dan ia akan dimintai pertanggung jawaban tentang kepemimpinannya. Ingatlah, Bahwa kalian adalah sebagai pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawaban tentang kepemimpinannya,” (H.R Bukhari).

Setiap manusia bertanggung jawab atas kehidupannya, atas keputusan yang diambilnya. Maka, kebangkitan sebuah peradaban sangat berkaitan erat dengan kondisi manusianya. Sejauh mana mereka belajar, sejauh mana mereka mampu mengambil pelajaran dari seluruh peristiwa yang telah dialaminya.

Sebagai pribadi-pribadi yang sadar akan tugasnya sebagai pemimpin, bertempat di Wisma Hijau kota Depok telah dilangsungkan Diklat Penguataan kepala Sekolah dari tanggal 18 s/d 25 Oktober 2019.

Begitu pentingnya peran pemimpin dalam peradaban menjadi alasan kuat LPI Abata  untuk ikut serta dalam diklat ini. Adapun materi yang dibahas antara lain:

  1. Literasi digital
  2. Pengembangan RKS dan pelaporan
  3. Pengelolaan keuangan
  4. Pengelolaan kurikulum
  5. Pengelolaan PTK
  6. Pengelolaan peserta didik
  7. Pengelolaan sapras
  8. supervivi dan PK guru
  9. Supervisi dan PK tendik
  10. Rencana PKB
  11. Kepemimpinan Perubahan
  12. Pengembangan kewirausahaan
  13. Pengembangan sekolah berdasarkan 8 SNP

Wallahu a’lam bishshawaab

Terungkapnya Jasad Fir’aun (Part II)

Kita harus tahu pelajaran yang ditujukan kepada kita. Kita pun harus bisa mengambil pelajaran dari apa yang menimpa badan Fir’aun yang diselamatkan Allah itu. Supaya jelas, mari kita cermati bersama, mengapa semua itu bisa terjadi. Mumi para Fir’aun kemballi dimakamkan di Kuil Laut Tersembunyi pada tahun 696 SM. Pasir juga telah menimbun tempat masuk kuburan dan tidak ada yang tahu kalau itu kuburan.  Ini berlangsung hingga berabad-abad. Pada tahun 1872 M seorang petani Mesir bersama saudara-saudaranya secara tak terduga menemukan jalan masuk kuil Laut tersebut. Mereka menyembunyikan penemuan mereka. Mereka pun mondar-mandir ke kuburan itu secara sembunyi-sembunyi untuk mengambil barang yang ringan timbangannya, tetapi mahal harganya, seperti Mutiara, perhiasan, perabotan yang digunakan untuk memumikan keluarga kerajaan, dan lainnya. Mereka menjualnya dan membagi uang hasil menjual barang curian itu. Nah, seperti ada pameo, “Kalau pencuri berbeda pendapat, pencurian pun terbongkar”, pencuri bersaudara itu berselisih. Salah satu diantara mereka melaporkan kepada polisi. Ia mengakui apa yang sebenarnya terjadi setelah 10 tahun berlalu setelah menemukan tempat bersejarah itu.

Pada 6 Juli 1881, para petugas Lembaga Kepurbakalaan Mesir pergi ke kuburan dengan menurunkan 300 pekerja. Selama dua hari mereka melakukan pemindahan semua yang tersimpan dalam Kuil Laut Tersembunyi itu, termasuk semua mumi para fir’aun dan perabotan jenazah ke dalam kapal untuk kemudian diangkut ke Kairo, lalu disimpan di Museum Mesir di Bulaq (pinggiran Kairo). Menurut seorang ahli Kepurbakalaan Mesir, Ibrahim Al-Nawawi, peristiwa itu terjadi pada tahun 1902. Setelah pemindahan mumi Ramses II, ia membuka lapisan-lapisan untuk melihat secara kasat mata mumi itu dan untuk mengetahui apa yang terdapat di dalam lapisan itu. Apakah ada perhiasan, jimat, atau yang lain. Yang terlihat adalah tangann kiri Ramses II terangkat ke atas setelah lapisan yang menutupi jasadnya dibuka. Ini langsung menarik perhatian, karena tidak seperti pada mumi-mumi yang lainnya.[1]

Setelah dibuka lapisan penutup tubuhnya, tanan-tangan mumi yang lain masih melingkar di atas dada mereka, seperti terlihat pada mumi Mrinbtah. Hal ini juga dibuktikan oleh salah satu ahli kepurbakalaan yang menyaksikan langsung mumi Fir’aun ini. “Aneh sekali apa yang terlihat dari Fir’aun yang mengangkat tangan ke atas. Ia seperti sedang menolak bahaya dari dirinya.” Orang yang berkomentar dalam bentuk majaz ironi ini, mungkin tidak pernah tahu dia sedang kaget. Padahal ia telah menjelaskan terkait fenomena yang langka pada tangan kiri mumi Ramses II ini. Kita pun lalu bisa merekonstruksi apa yang terjadi sejak lebih dari 3000 tahun, tepatnya sebelum 3233 yang  (yang dihasilakn dari 1225 SM [tahun Ramses II meninggal] ditambah 2008 M [masa kita sekarang]) sebagai berikut:

Fir’aun dan tantara yang mengikutinya sampai di pantai. Ia mendapati ada jalanyang terbelah di tengah-tengah laut, Fir’aun pun memutuskan untuk menjalani jalan itu, yang kemudian diikuti bala tentaranya dengan segala perbekalannya. Saat itu senyum kemenangan tampak di wajah mereka. Hanya butuh beberapa saat saja mereka bisa menyusul Bani Israel yang melarikan diri untuk kemudian dibawa kembali lagi ke Mesir. Pada saat hendak menyusul, tiba-tiba kaki-kaki kuda dan kereta pengangkut perbekalan terjerembab di dalam lumpur. Bala tantara pun turun untuk menyingkirkan kereta yang terbelah agar kereta lain bisa lewat. Senyum Ramses II seketika itu hilang. Kepanikan menguasainya. Ia heran mengapa tempat itu tiba-tiba penuh lumpur? Padahal, rombongan Bani Israel lewat di tempat itu juga. Bahkan, sapi dan binatang ternak mereka pun bisa lewat.

Adapula kerbau di sana yang jelas lebih berat daripada kuda pengangkut mereka. Namun, kaki mereka tidak tenggelam ke dasar laut. Tidak selang berapa lama menunggu, sampai bala tentaranya selesai melepaskan kuda pengngkut mereka dari lumpur, ia melihat dengan rasa tidak percaya apa yang ada di hadapannya. Ombak besar datang menuju ke arahnya. Betapa mengerikannya, lautan seperti seperti menjadi satu. Air ombak datang ke arahnya dengan bergemuruh hebat. Dengan Gerakan reflek, ia mengangkat tangan kirinya sambil memegang perisainya untuk berlindung dengan ombak yang menggulung ke arahnya. Begitu kuatnya hempasan ombak itu dan begitu kuat pula genggaman tangannya, berakibat pada mengerutnya otot-otot lengannya yang sebelah kiri. Lengan dan tangannya pun tetap seperti itu. ketika air menenggelamkannya dan maut menghampirinya, tangannya masih seperti itu.

Akan baik kalo kita berhenti sejenak untuk mengingat perubahan yang terjadi di jasadnya setelah meniggal. Seperti diketahui, ototlah yang menjadi penyebab benda hidup bisa bergerak. Otot sendiri terdiri dari sel otot. Sel otot terdiri dari urat yang terbagi menjadi dua macam: ada urat yang tebal dan ada yang tinggi. Urat ini tersusun untuk menyuplai terus menerus otot. Jika diperlukan untuk menggerakkan sendi tertentu, ada perintah dari otak kiri di saraf untuk kemudian disampaikan ke otot yang bertanggungjawab untuk menggerakkan sendi. Aliran listrik yang keluar dari otak memproses reaksi kimiawi yang berkali-kali pada posisi hubungan saraf otot yang berakhir dengan mengaktifkan enzim khusus yang menyebabkan pemecahan protein tertentu bernama ATP (Adesnosine Tri Phospate). Protein inilah yang memberikan kemampuan yang diperlukan unutk bergerak. Benang otot yang tebal saling berjalinan dengan benang otot panjang. Panjang syaraf otot pun menjadi pendek. Ada penyempitan otot sehingga gerkan yang diinginkan bisa terjadi.

Setelah mati, di dalam tubuh terjadi tahapan-tahapan sebagai berikut:

Setelah roh meninggalkan jasad, semua isyarat apapun yang keluar dari otak berhenti. Semua otak tubuh juga mengendur. Ini yang disebut dengan pengenduran pertama. Setelah dua jam, semua otot mulai mengerut. Ini yang di dalam kedokteran disebut rigor mortis (kekakuan mayat). Secara bertahap akan terjadi kekakuan pada mayat, yang dimulai dari kepala, otot wajah, lutu, dada, kedua lengan, kedua paha, betis, dan berakhir telapak tangan. Kekakuan ini berlangsung selama kurang lebih 12 jam. Pada titik ini, sudah tidak mudah menggerakkan anggota tubuh pada bagian manapun. Oleh karenanya, orang-orang yang menghadiri prosesi jenazah, menutup pelupuk mata jenazah saat pengenduran pertama, sehingga kedua matanya tidak bisa lagi terbuka.

Setelah itu, protein-protein yang membentuk otot pun mulai melemah. Selanjutnya, otot-otot pun mengendur. Inilah yang disebut dengan pengenduran kedua. Ini juga dimulai dari kepala hingga kaki. Peristiwa ini diakhiri dengan tahapan yang disebut proses pembusukan. Inilah tahapan yang dilalui oleh tubuh pada kondisi kematian normal. Pada kondisi kematian normal, seperti kematian melalui proses bunuh diri mengalami ketegangan syaraf luar biasa yang akhirnya bisa mencapai pada tahapan hilangnya roh. Dan, seketika itu juga terjadi penyempitan pada semua otot tubuh. Inilah yang disebut dengan cadaveric spasm (kejang otot pada mayat).  Kejang ini menggantikan pengenduran pertama pada kematian normal. Setelah kejang, dilanjutkan dengan kekakuan mayat. Otot-otot pun menjadi menyempit. Seringkali para dokter forensic yang menangani kasus bunuh diri menemukan tangan orang yang bunuh diri menggeggam kain yang dililitkan di kepala. Dalam kondisi seperti itu, orang yang bunuh diri tidak bisa dilepaskan dari sesuatu yang digenggamnya sebelum terjadi pengenduran kedua.

Hal yang sama juga ditemukan para dokter forensic pada tangan orang yang terbunuh. Pada beberapa kasus, tangannya memegang bagian baju atau bagian rambut pembunuhnya. Ini biasanya menjadi langkah pertama yang akan dilakukan oleh para penyidik untuk mengungkap siapa pembunuhnya. Selanjutnya, sang pembunuh pun bisa ditangkap dan mendapatkan hukumannya. Ini pula yang dialami seseorang dalam kondisi tenggelam. Dalam kondisi seperti itu, kejang otot terjadi pada saat-saat akhir. Sering kali ditemukan tangan orang yang tenggelam sedang menggenggam potongan kayu kecil atau segenggam tanah dari dasar laut.

Inilah yang terjadi dengan Ramses II pada saat tenggelam. Saat itu, syarafnya mengalami ketegangan luar biasa, yang dilanjutkan dengan kejang otot. Tangan kirinya kaku. Posisi tangannya kala itu sedang emegang lengan yang dipergunakannya untuk menangkis air. Mungkin hempasan air terlalu dahsyat sehingga perisainya terlepas dari genggaman tangannya. Namun, tangannya sudah terlanjur dalam kondisi seperti itu. padahal, ototnya kejang, lalu kaku. Normalnya, pengenduran kedua akan terjadi setelah 12 atau 20 jam. Mngkin pengenduran itu terjadi pada semua anggota tubuhnyakecuali pada tangan kirinya. Otot-ototnya masih tertekan, persis seperti saat tenggelam.

Orang-orang yang mengawetkan melihat semua itu. Ketika meletakkan lengan Ramses II ke lambung atau mendekapkan ke dadanya, lengan itu kembali terangkat lagi ke posisi semula. Setelah pengawetan selesai, jasadnya diminyaki dengan minyak kelapa, balsam dan obat gosok. Sebagiannya menyerap ke otot dan persendian. Ototnya seperti karet, sementara persendiannya menjaga kelenturan otot-ototnya. Setiap kali mereka mengembalikan tangan ke dada, tangannya kembali terangkat. Mereka pun memutuskan mengikatnya ke dada dengan kain yang menyelimuti tubuhnya. Tanannya pun terikat ke dada. Abad demi abad berlalu hingga tidak kurang dari tiga ribu tahun. Pada saat jasad ini ditemukan di Kuil Laut Tersembunyi dan dipindahkan ke Museum Bulaq tahun 1902, ahli kepurbakalaan membuka ikatan itu untuk dikembalikan ke posisi saat Ramses II tenggelam. Saat itu ia sedang memegang perisai untuk menjaga dirinya dar hempasan ombak yang datang ke arahnya.

[1] Said Abu Al-Ainain, Al-Fir’aun Al-ladzi Yutharidzuhu Al-Yahudi, h.6.

**Diambil dari Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis Jilid 1 : Kemukjizatan fakta sejarah

Terungkapnya Jasad Fir’aun (Part I)

Setelah tenggelamnya Fir’aun (Ramses II) di tengah-tengah peyerangan terhadap bani Israel, anggota istana yang selamat dari tenggelam melakukan pengawetan jasad dan membawa peti mati dengan menggunakan perahu di Sungai Nil menuju kota Tibah (kota historis Mesir) yang disertai perahu-perahu lain yang di dalamnya terhadap para rahib, para Menteri, dan para pembesar kaum Fir’aun. Peti mati itu pun ditarik ke kuburan yang telah dipersiapkan oleh Ramses II untuk dirinya di lembah Raja. Pada beberapa tahapan ini, do’a-do’a pun dibacakan dan upacara-upacara jenazah pun diselenggarakan. Dengan cara seperti itulah kehidupan Ramses II berakhir. Ia merupakan Fir’aun terbesar, meskipun bukan terbesar secara mutlak.

Setelah kematian Fir’aun, segerombolan pencuri pun merajalela. Mereka semakin berani menjarah kuburan para raja. Keberanian mereka didorong banyaknnya harta karun berupa perhiasan dan perabotan jenazah yang tersimpan di kubura itu. Mungkin dalam hati terdalam, mereka ingin mengembalikan apa yang sudah diambil oleh raja-raja itu saat masih hidup dari mereka, dari bapak mereka dan dari nenek moyang mereka. Para pencuri itu memang ditangkap dan dihukum lebih dari sekali. Namun yang mengejutkan, aktivitas ini kemudian menjadi profesi banyak orang. Bahkan kuburan semua raja dari dinasti kesembilan belas, dan kedua puluh, setelah itu juga menjadi sasaran penjarahan. Semua tidak ada yang selamat. Yang selamat hanya kuburan Amenhotep II dan kuburan Tutankhamun yang terkenal. Diantara gejala pelecehan masyarakat terhadap para Fir’aun adalah penggambaran mereka dalam gambar lucu yang jauh sekali dari etika. Salah satu contohnya adalah gambar yang melukiskan Ramses III dalam rupa harimau yang memainkan catur.

Penjarahan kuil dan kuburan terus berlangsung dan kian menjadi-jadi. Banyak tuduhan diarahkan pada Bupati TIbah Barat, kepala kepolisian, dan penanggung jawab keamanan kuburan-kuburan itu. Para penanunggung jawab itu pun dihukum. Informasi ini dikodifikasikan di papyrus yang terdapat di Museum Inggris. Namun, pencurian tetap saja terus berlanjut. Kepala rahib Amun memutuskan untuk menjaga jasada para Fir’aun, termasuk jasad Ramses II. Jasadnya dibungkus dengan kafan bagian luar yang baru dan diletakkan di peti dari kayu yang sederhana untuk mengelabui para pencuri. Ia dikuburkan di kuburan ayahnya, Seti I, bersama sekelompok jasad para Fir’aun terdahulu. Peristiwa itu dicatatkan di kafan para Fir’aun. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 15, bulan ketiga, tahun 24 berdasarkan perhitungan tanggal Ramses XI. Bila Ramses XI yang merupakan Fir’aun terakhir dari Dinasti XX dan memerintah selama 27 tahun, maka tahun peristiwa pengafanan dan penguburan kembali Ramses II terjadi pada tahun 1089 SM (127 tahun setelah kematiannya).

Namun, penjarahan terhadap kuburan kerajaan tidak berhenti. Pada masa pemerintahan Dinasti XXI, yang bertepatan dengan sesepuh rahib Amun bernama Binudijm II meninggal, para sejawatnya sesama rahib memutuskan untuk mengakhiri penjarahan terhadap jasad para Fir’aun. Mereka pun mengumpulkan jasad-jasad para Fir’aun. Pemakaman sesepuh rahib itu dijadikan momentum untuk mengelabui masyarakat. Mereka pun menguburkan semua Fir’aun di kuburan Ratu Hatshepsut di Kuil Laut (Dayr Al-Bahri) yang sudah diperluas agar bisa muat untuk semua jasad para Fir’aun mulai dari masa XIX. Mereka pun menutup kuburan dan mencatat bahwa peristiwa itu terjadi pada tahun ke-10 dari pemerintahan Raja Shenhonk tahun 969 SM.Mereka menutup sepenuhnya jalan masuk. Mereka juga menghilangkan simbol-simbol di sekitar kuburan. Tujuannya agar paara pencuri tidak tahu bahwa itu kuburan para Fir’aun. Kuburan yang baru itu pun selamat dari incaran para pencuri selama lebih dari 2800 tahun hingga akhirnya tidak diketahui sama sekali bahwa itu kuburan para Fir’aun. Tempat itu lalu disebut dengan “Kuil Laut Tersembunyi”. Ia memuat semua mumi, termasuk mumi Ramses II.

Posisi Informasi Al-Qur’an

Mungkin kita bisa menyimpulkan bahwa orang yang mengetahui tenggelamnya Fir’aun adalah orang-orang istana dan para rahib yang jumlahnya tidak banyak, meskipun mungkin berita ini bocor juga ke sebagian orang lain di luar istana. Yang terpenting bahwa Ramses II meninggal seperti Fir’aun-fir’aun yang sebelumnya. Secara umum, umur Ramses II (Fir’aun) kala meninggal adalah 90 tahun. Ia memerintah Mesir selama 67 tahun. Oleh karenanya, masyarakat tidak merasa kehilangan atas kepergiannya. Orang yang tahu bahwa dia tenggelam saat menyerang Bani Israel, dan yang menolak melepaskan Bani Israel akan meyakini bahwa Allah sedang bersama bani Israel. Allah menolong mereka. Tenggelamnya Fir’aun ketika menyerang mereka menjadi petunjuk dan bukti yang jelas bahwa pada akhirnya kebenaran pasti menang, meskipun pada mulanya kedzaliman terlihat sangat kuat.

Orang yang mengetahui Fir’aun tenggelam setelah bani Israel, akan meyakini bahwa Musa berada di jalan yang benar, sementara Fir’aun di jalan yang bathil. Setelah tenggelam, orang-orang dan para rahib yang melakukan pemumian terhadap jasadna. Dalam hal ini Allah Swt berfirman:

وَاِذْ نَجَّيْنٰكُمْ مِّنْ اٰلِ فِرْعَوْنَ يَسُوْمُوْنَكُمْ سُوْۤءَ الْعَذَابِ يُذَبِّحُوْنَ اَبْنَاۤءَكُمْ وَيَسْتَحْيُوْنَ نِسَاۤءَكُمْ ۗ وَفِيْ ذٰلِكُمْ بَلَاۤءٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ عَظِيْمٌ

“Dan (ingatlah) ketika Kami menyelamatkan kamu dari (Fir‘aun dan) pengikut-pengikut Fir‘aun. Mereka menimpakan siksaan yang sangat berat kepadamu. Mereka menyembelih anak-anak laki-lakimu dan membiarkan hidup anak-anak perempuanmu. Dan pada yang demikian itu merupakan cobaan yang besar dari Tuhanmu.” (Q.S Al-baqarah: 50)

Sampai di sini, peristiwa tenggelamnya Fir’aun menjadi satu bukti kekuasaan Allah, bahkan jika jasadnya pun tidak ditemukan. Fir’aun yang sombong, angkuh, suka menyiksa, dan suka merendahkan itu telah tenggelam. Kita pun menjadi tahu maka firman Allah Swt berikut:

فَالْيَوْمَ نُنَجِّيْكَ بِبَدَنِكَ لِتَكُوْنَ لِمَنْ خَلْفَكَ اٰيَةً ۗوَاِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِ عَنْ اٰيٰتِنَا لَغٰفِلُوْنَ

“Maka pada hari ini Kami selamatkan jasadmu agar engkau dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang setelahmu, tetapi kebanyakan manusia tidak mengindahkan tanda-tanda (kekuasaan) Kami.” (Q.S Yunus: 92)

**Diambil dari Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis Jilid 1 : Kemukjizatan fakta sejarah

1 2 3 22