Profile

VISI EXISS ABATA

Terwujudnya Pendidikan Dasar Islami ber-Kualitas yang berorientasi pada IPTEK (Ilmu Pengetahuan & Teknologi) berbasis nilai-nilai Qur’ani dalam prinsip-prinsip Tauhid

MISI EXISS ABATA

1. Mewujudkan Sekolah Islam Terpadu yang Unggul berbasis nilai-nilai Qur’ani.

2. Membentuk dan melahirkan anak didik yang mencintai dan menjunjung tinggi Islam dan Al-Qur’an untuk masa depannya.

3. Mewujudkan anak didik yang Sholeh, Cerdas, Terampil dan Sehat (Sholatt) dengan memiliki sifat-sifat Cendekiawan-Muslim dan Muslim-Cendekiawan.

4. Membentuk anak didik sebagai manusia seutuhnya (Human in Harmony) yang memperhatikan ke-Seimbang-an Fikriyah (pola pikir), Ruhiyah (sikap mental) dan Jasadiyah (pola tindak dan kesehatan fisik

TUJUAN DAN SASARAN UMUM EXISS ABATA

“Tercapainya kepercayaan tinggi dan citra positif EXISS ABATA di DKI Jakarta sebagai Sekolah Unggul yang Menjadi Kebanggaan Umat dalam mendidik peserta didik yang Cerdas, Berprestasi dan Berakhlak Mulia sebagai Pemimpin di Masa Depan”

Strategi dan pendekatan yang diterapkan dalm menjalankan misi dan upaya mencapai tujuan pendidikan EXISS ABATA dan mampu mengefektikan penyelenggaraan sekolah adalah sebagai berikut :

1. Mewujudkan lingkungan sekolah yang kondusif (biah sholihah) dalam dimensi keamanan, kesehatan, kebersihan, keindahan, kekeluargaan yang didasarkan pada prinsip ukhuwah Islamiyah, fasilitas belajar dan beribadah

2. Melakukan proses Islamisasi dalam proses pembelajaran, yang bertujuan membangun kesadaran dan pola fikir yang integral dalam perspektif Islam

3. Standarisasi sistem manajemen yang meliputi standariasi aturan, standar organiasi sekolah, dan standarisasi SDM sehingga tercipta kenyamanan, produktivitas dan kolektivitas

4. Menerapkan Model Pendidikan berbasis Quality Assurance System (QAS)

5. Senantiasa melakukan Bench Marking (BenchM)

6. Senantiasa melakukan Continuous Improvement (CI)Menerapkan pembelajaran efektif dengan memperkaya dan memperluas sumber belajar, menggunakan pendekatan strategi belajar aktif (active learning) dengan penerapan proyek (Project Based Learning), menyelesaikan masalah (Problem Based learning), kerja tim (cooperative & collaborative Learning) dan pembelajaran yang mengembangkan berbagai kecakapan hidup (lifeskills) untuk menyiapkan peserta didik mampu memimpin dirinya dan orang lain (Leadership Based Learning) melalui kegiatan belajar dan program Variasi Kegiatan Sekolah (VKS)

7. Menerapkan program pembinaan kepemimpinan melalui Moslem Leaders Club (MLC) dalam bentuk program mentoring peserta didik guna menanamkan karakter dan pribadi pemimpin pada diri setiap peserta didik

8. Menjalin kemitraan yang efektif dengan orang tua, masyarakat, serta komponen pendidikan lainnya untuk meningkatkan efektivitas pendidikan (NetW)

9. Memastikan seluruh civitas akademika (kepala sekolah, dewan guru, manajemen dan seluruh pegawai) memiliki dan memahami visi, misi, semangat dan pemikiran (ghiroh dan fikroh) serta sikap dan perilaku yang sejalan dengan falsafah, nilai, visi dan misi EXISS ABATA.

10. Memastikan seluruh civitas akademika (kepala sekolah, dewan guru, manajemen dan seluruh pegawai) memenuhi standar kinerja yang ditentukan LPI ABATA setiap periodenya.

klik gambar untuk diperbesar