Sumber belajar yang nyata untuk murid

(By Indah Wardah):  “Pantang pulang sebelum padam” ingat slogan ini? Ini adalah slogan pemadam kebakaran. Tepat tanggal 8 Agustus 2017, SDIT ABATA mengadakan kunjungan pendidikan ke Pemadam Kebakaran Tanjung Duren. Di sana mereka diajarkan berbagai pengetahuan tentang bagaimana cara mencegah terjadinya kebakaran, memadamkan api dan cara untuk menyelamatan orang- orang yang terkena bencana lainnya. Ternyata, tidak hanya kebakaran saja yang ditangani oleh petugas pemadam kebakaran. Mereka juga bisa menangani bencana lainnya seperti kebanjiran dan kecelakaan lalu lintas. Pengetahuan seperti ini sangat menarik untuk diketahui oleh murid, Tentu saja mereka sangat terkejut dengan tugas-tugas pemadam kebakaran. Setelah itu, di sana mereka diajak berkeliling dengan mobil pemadam kebakaran dan pastinya mereka juga diajak bermain air oleh petugas pemadam kebakaran.

Pada kunjungan pendidikan kali ini, para murid tidak hanya diajak berkunjung ke Pemadam kebakaran. Mereka juga berkunjung ke Domino Pizza Meruya. Di sana mereka berkenalan dengan kakak pendamping dari Domino’s Pizza. Lalu mereka menjelaskan asal usul dan sejarah berdirinya Domino’s pizza. Selain itu, mereka juga memperkenalkan bahan-bahan untuk membuat Pizza. Kemudian para murid diajak berkeliling dapur Domino’s Pizza untuk melihat bahan dan cara pembuatan pizza. Setelah berkeliling, para siswa mendapatkan kesempatan untuk membuat pizza dengan kreasi mereka masing-masing. Dihadapan mereka sudah tersedia macam-macam topping pizza dan setiap murid boleh menghias pizza sesuai keinginan mereka. Setelah selesai membuat pizza, mereka mendapatkan oleh-oleh dari Domino’s Pizza, berupa souvenir dan pizza yang telah mereka buat. Kegiatan kunjungan pendidikan ini bertujuan agar murid bisa belajar mandiri, mengembangkan kreatifitas dan percaya diri serta menambah wawasan mereka.

Dengan berakhirnya rangkaian kegiatan di domino’s pizza, berakhir pula kunjungan pendidikan EXISS ABATA. Alhamdulillah, kunjungan kali ini berjalan dengan baik dan lancar.