Masa Pengenalan Sekolah kelas 1

(By : Arfian Abdul Karim) : Program tematik Exiss Abata diantaranya adalah Emotional and Social Thematic (EST). Salah satu kegiatan EST adalah Proyek Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan di setiap awal tahun pelajaran.

Pada Tahun Pelajaran 2017-2018 ini MOS dilaksanakan selama 5 hari, mulai hari Senin-Jum’at, 17-21 Juli 2017. Karakter yang dibina adalah Courage.

Hari pertama yaitu hari Senin, 17 Juli 2017. Kegiatan awalnya yaitu murid kelas 2-6 berkumpul di lapangan gedung B dengan formasi upacara, dan melakukan persiapan menyambut murid kelas 1. Pada saat bersamaan, murid kelas 1 memakai tanda pengenal dan membuat barisan per kelompok di lapangan gedung A. Lalu murid kelas 1 berbaris menuju lapangan gedung B dengan iringan pembawa panji-panji bendera merah putih dan logo ABATA. Murid Kelas 1 langsung membuat barisan.

Puncak acara penyambutan ditandai dengan sambutan dari Kepala sekolah, membuka gulungan banner Selamat Datang dan pelepasan balon slogan oleh perwakilan guru puteri secara bersamaan diiringi sorak-sorai semua yang hadir di lapangan, diantaranya para murid, para guru, para staf, para K3, dan beberapa wali murid kelas 1. Acara dilanjutkan dengan perkenalan wali kelas dan pengumuman lokasi kelas baru. Kemudian semua murid berbaris salim dan memasuki kelas masing-masing. Kegiatan dilanjutkan dengan silaturrohim guru Al Qur’an Kelas 1 ke Kelas 1

Hari kedua yaitu hari Selasa, 18 Juli 2017. Kegiatan awalnya morningfresh dan sholat Dhuha’ di kelas masing-masing, dilanjutkan dengan snack time dan pengenalan ruangan Gedung B, yaitu ruang Kelas 2, mushollah, kantin, ruang Kepala Sekolah/Waka dan perpustakaan. Selepas istirahat, kegiatan diakhiri dengan mewarnai kaligrafi Asmaul Husna

Hari ketiga yaitu hari Rabu, 19 Juli 2017. Kegiatan awalnya morningfresh dan sholat Dhuha’ di kelas masing-masing, dilanjutkan dengan snack time dan kegiatan mendengarkan dongeng oleh Kak Taufiq di mushollah bersama Kelas 2 dan 3.

Hari keempat yaitu hari Kamis, 20 Juli 2017. Kegiatan awalnya morningfresh dan sholat Dhuha’ di kelas masing-masing, dilanjutkan dengan snack time dan pembuatan tata tertib kelas, struktur kelas dan jadwal piket.

Hari terakhir yaitu hari Jum’at, 21 Juli 2017. Kegiatan awalnya morningfresh dan sholat Dhuha’ di kelas masing-masing, dilanjutkan dengan snack time dan dilanjutkan display kelas yaitu melanjutkan mewarnai gambar. Alhamdulillah semoga kegembiraan mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dapat terus berlanjut dalam pembelajaran setiap harinya. Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin… (By: Arfiah, S.Sos)