Polusi Air

(By Ary Yustanti) : Pada pekan pertama  di bulan Agustus,  projek kelas satu adalah Polusi Air.  Hari Senin  saat introduction kami mulai mempelajari pengertian polusi air, contoh polusi air, penyebab polusi air, dan dampak polusi air bagi makhluk hidup melalui slide dan video. Pada hari Selasa kami membuat perencanaan mengenai  kegiatan yang akan kami laksanakan.  Kami mendaftar alat dan bahan apa saja yang kami diperlukan untuk action . Alat yang kami butuhkan antara lain, sawi putih, wadah gelas plastik bekas, pewarna makanan, dan air. Untuk persiapan Action  kami memperhatikan slide tentang uji coba penyerapan air oleh Sawi putih. Kami menyaksikan dengan baik agar besok kami bisa action dengan mandiri.

Hari Rabu, saatnya untuk action. Bismillah, Action di mulai dengan pembagian kelompok, kelompok terdiri dari kelompok Brotherhood dan kelompok Teamwork, setelah itu kami menyiapkan alat dan bahan. Masing-masing kelompok mulai bekerja. Menuangkan air ke wadah dengan takaran yang sama lalu meneteskan pewarna makanan di wadah pertama dengan pewarna dan wadah kedua  tanpa pewarna, setelah itu kami masukkan sawi ke masing-masing wadah gelas plastik. Kami belum bisa melihat langsung perubahannya karena prosesnya memerlukan waktu. Keesokan harinya, ternyata hasilnya adalah perubahan warna pada sawi. Sawi yang kami masukkan di wadah berwarna berubah menjadi ada guratan warnanya, dan sawi di wadah air tanpa pewarna, sawinya tetap segar dan warnanya tidak berubah. Wah ternyata sawi menyerap air yang sudah kami beri pewarna.  Itu artinya jika air yang di serap oleh tanaman adalah air kotor yang sudah terkena polusi, maka kasihan sekali ya tamanan itu. Semoga kita bisa selalu menjaga air tetap bersih ya teman-teman, agar tanaman dapat selalu menyerap air bersih

Kamis siang kami membuat report mengenai kegiatan action, menuliskan tujuan pembelajaran polusi air, bahan-bahan yang diperlukan dan hasil pengamatan kami terhadap dampak polusi air bagi tanaman. Melaporkan perubahan yang terjadi pada sawi putih kami. Hasil report kami hias dengan hiasan yang menarik.  Hari Jum’at saatnya presentasi. Alhamdulillah, kami bisa presentasi dengan baik dan percaya diri, karena kami sudah melaksanakan action mandiri dan melihat langsung dampak polusi air bagi sawi putih kami. Alhamdulillah presentasi perkelompok berjalan lancar.  Alhamdulillah senangnya kami dapat tambah ilmu. Tetap jaga lingkungan kita tetap sehat ya teman-teman, dan selalu membuang sampah pada tempatnyaJ. Aku pasti bisa..