Murid kelas 2 melakukan Penggolongan tumbuh-tumbuhan

(By : Meilinda) :

 

Penggolongan tumbuhan merupakan penerapan dari  tema Science Research and Tematik dengan karakter yang diharapkan yaitu “be merciful (kasih sayang)”.  Tujuan dari tema ini yaitu agar siswa  belajar lebih dekat dengan tumbuhan sebagai ciptaan Allah SWT dan dapat menyebutkan nama-nama tumbuhan disekitar kita.

Seperti biasa pembelajaran tematik dimulai dengan “Introduction” (Pendahuluan) pada hari Senin, yaitu penyampaian materi terkait “Penggolongan Tumbuhan” seperti bagian-bagian pohon, jenis-jenis daun, akar, batang, dan tempat hidup tumbuhan. Pada hari Selasa dilanjutkan dengan “Planning” (Perencanaan) yaitu pembagian kelompok terkait penelitian yang akan dilakukan pada hari Rabu, setiap murid diwajibkan untuk membawa jenis tumbuhan yang berbeda-beda. Saat “Action” pada hari Rabu murid melakukan penelitian terhadap tumbuhan yang telah dibawa masing-masing dan menuliskan hasil penelitian ke dalam sebuah table, diantaranya yaitu menuliskan macam-macam daun, batang, dan tempat hidup dari setiap tumbuhan. Hari selanjutnya yaitu hari Kamis dilanjutkan dengan pembuatan Report (Laporan) dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Laporan dibuat masing-masing kelompok kedalam sebuah karton yang terdiri dari judul, tujuan, alat dan bahan, kegiatan, kesimpulan dan kesan, serta dilampirkan beberapa gambar jenis-jenis daun. Terakhir dari proses kegiatan pembelajaran tematik yaitu “Persentation” (persentasi) di depan kelas yaitu menyampaikan hasil dari penelitian.

Allah sangat menyukai hamba-Nya yang menjaga lingkungan dan tidak melakukan kerusakan di muka bumi. Yuuuuk kita jaga lingkungan