Fun Camping SD EXISS ABATA “Mandiri, Siaga, Semangat, dan Ceria”

Setelah 4 bulan setengah menjalankan rangkaian KBM di kelas 2-3, akhirnya Tema yang dinantikan murid A BA TA datang juga yaitu “Camping, yang mana tema ini paling favorit dan menyenangkan oleh murid A BA TA karena tema ini bertujuan untuk membuat bagaimana caranya mandiri, menghadapi sebuah tantangan yang  berat, dan membangun teamwork di dalam kelompok camping. Di tema ini murid-murid di ajarkan diperkenalkan tentang team building, penanaman nilai kebersamaan dalam persahabatan, survive dalam kondisi dan cuaca apapun serta sikap peduli dan tolong menolong dengan menuju suatu tujuan.

Di awal pembelajaran, guru bertanya kepada murid mengenai camping dan perlengakapan yang dibawa ketika camping. Sebelum memulai melakukan kegiatan camping, guru memberikan penjelasan mengenai camping, tujuan camping, perlengakapan yang dibawa baik pribadi/kelompok, dan keadaan tempat camping  serta kolam berenang yang dilengkapi pelosotan. Kemudian memberikan berbagai inspirasi pengetahuan dengan melakukan tahap intro. Murid-murid senang dan antusias mengdengar ketika intro camping, walaupun di kelas sebelumnya, mereka sudah pernah ke camping. Camping adalah kegiatan dalam kepramukaan yang dilaksanakan secara di alam terbuka. Kami kelas 2-3 akan melakukan kegitan camping di Telaga Sindur, Bogor. Di hari Senin, tepatnya pukul 13.00, murid berkumpul dengan pendamping untuk pembagian perlengkapan kelompok dan pembuatan yel-yel kelompok.

Di hari Selasa, guru memeriksa perlengkapan murid, lalu memberikan instruksi atau menjadwalkan kegiatan yang akan dilakukap selama di camping. Bagi yang perlengkapannya belum lengkap, bisa dilengkapi dengan membawanya di hari Rabu.

Di hari Rabu murid-murid berkumpul kembali dengan pendamping yaitu pengumpulan sleeping bag, perlengakapan kelompok, dan penguatan terkait yel-yel kelompok agar ketika harinya murid-murid tidak bingung dalam melakukan kegitan tersebut.

 

Tibanya harinya, kegiatan action dimulai, wajah murid-murid makin senang karena akan melakukan camping. Sesampainya di TKP, murid-murid berbaris perkelompok di lapangan lalu menuju aula untuk snack time, pembukaan, dan fun game. Sebelum melakukan outbond, murid-murid membuat project penyaringan air kotor menjadi bersih dengan menggunakan barang-barang bekas. Setelah fun games murid-murid salat zuhur dan makan siang.

Pos-pos selama kegiatan camping :

Pos I     : Menyebrangi danau yang kedalamannya mencapai 3 meter.

Pos II  : Jalan di atas tali dengan ketinggian 1 meter dari permukaan tanah

Pos III : Memasukkan holahop kecil ke tiang dengan jarak 50 cm dari posisi berdiri

Pos IV : Mencocokkan angka secara bergantian

Murid-murid melakukan kegiatan sesuai alur. setelah melakukan rangkaian kegiatan murid-murid melakukan salat Asar, snack time sore, dan jelajah alam sekitar Telaga Sindur. Pukul 17.30, muri-murid bersiap-siap untuk melakukan murajaah dan salat Magrib di lanjutkan makan malam di pinggir telaga. Murid-murid have fun menuju ke pinggir telaga dan senang ketika dibawahnya ada ikan yang bermunculan. Selesainya makan, anak-anak salat Isya dilanjutkan dengann Api Unggun serta yel-yel kelompok.

Setelah semua rangkaian kegiatan terlewati, saatnya murid-murid tidur. Pukul 03.00, murid-murid Qiyamul Lail dan Muhasabbah yang di pimpin oleh Ustad Ali. Pukul 04.15, Salat Subuh dan Tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Encep. Pukul 05.00, murid-murid snack time dan berolahraga. Murid-murid sangat enjoy dalam olahraga, semua gerakan dilakukan dengan riang gembira. Pukul 05.45, murid-murid menuju peternakan sapi dan sarapan pagi di pinggir telaga sambil memberi makan ikan.  Setelah sarapan, murid-murid menuju tempat yang mereka tunggu-tunggu selama camping yaitu kolam renang. Murid-murid diperbolehkan berenang selama 1 jam dengan didampingi oleh panitia dan pendampingnya. Pokoknya seruuuuu dan mengesankan dech!!!.. Jam menunjukkan pukul 09.30, saaatnya pengumuman kelompok yel terbaik, favorit, tenda terbaik. Hati murid-murid Daaag… Diiig…Duuug….

  • Kelompok yel-yel terbaik adalalah :
  1. Yel terbaik Putra : Kelompok Orange
  2. Yel Terbaik Putri : Kelompok Coklat Muda
  • Kelompok favorit adalalah :
  1. Favorit terbaik Putra : Kelompok Abu-abu
  2. Favorit Terbaik Putri : Kelompok Pink
  • Kelompok Tenda terbaik adalalah :
  1. Tenda terbaik Putra : Kelompok Biru Dongker
  2. Tenda Terbaik Putri : Kelompok Hijau Muda

 

Pukul 10.00 sudah saatnya murid kembali ke sekolah dan alhamdulilah berakhirnya tema Fun Camping Telaga Sindur 2019, semoga dengan adanya tema camping ini, selalu memotivasi murid-murid agar menjadi mandiri, percaya diri dalam menghadapi sebuah tantangan, dan teamwork dalam kelompok lebih solid.

Setiap tahunnya murid-murid SD EXISS ABATA selalu mengeksperikan gaya dan kemampuannya dalam melakukan semua kegiatan selama camping. kami save foto-foto kegiatan tersebut di dalam folder kegiatan camping dijadikan sebagai kenangan terindah. Ada juga yang meletakkan di status whatshapp, facebook, dan instragram.

Yel-yel Camping SD EXISS ABATA (Nada : Meraih Bintang)

Setiap saat setiap waktu

Semangat satu di jiwa

Ini saat yang di tunggu

Camping kelas 2 3

Camping di telaga sindur

Hari ini kan di kenang

Smua doa di panjatkan

Secara di persembahkan

Tetap sholeh dan sholehah

Anak SD EXISS ABATA

Tetap unggul kita kejar lampaui batas 2x

Yo..yo..ayo..yo..ayo..yo..yo.ayo…. 3x

Bersama ustd ustdzah, kita camping di telaga sindur

Kita jauh dari rumah,tapi kita tetap senang 2x

Wooo…ooo..

“Fun Camping Enjoy, Seru, dan Mengasyikkan”