Survey & Simulasi Pasar Kelas 1 2017-2018

Pada pekan ke-1/ 9-13 April 2018 murid Kelas 1 Exiss ABATA melaksanakan Tematik BCT yaitu Business & Carieer Thematic yang dikemas dalam pembinaan karakter Earth Caring pada proyek Survey & Simulasi Pasar. Persiapan proyek dimulai dengan informasi menyiapkan uang belanja dan uang mainan di Weekly Plan pada hari Jum’at.

Survey & Simulasi Pasar adalah kegiatan mengunjungi pasar tradisional dan pasar modern/swalayan sebagai salah satu persiapan melakukan simulasi jual beli di Kelas. Pemahaman murid Kelas 1 ini diperkuat dengan menyimak tayangan video jual beli di pasar tradisional dan di pasar modern/swalayan. Murid tertawa lebar, tanpa aba-aba guru langsung ngobrol dengan teman tentang tayangan. Selanjutnya murid tanya jawab membahas sedikit pengalaman pergi ke pasar.. Murid mencermati perbedaan pasar tradisional dan pasar modern, daftar belanjaan yang akan dibeli, daftar kelompok, dan persiapan perlengkapan yang dibawa saat mengunjungi ke pasar.

Hari Selasa murid dengan seragam olahraga berkumpul di Masjid Al Hikmah Taman Aries untuk sholat Dhuha’, muroja’ah, bersama pendamping briefing belanjaan, snack time, dan berbelanja barang yang ditugaskan di pasar tradisional ada kentang, jagung, bayam, buncis, ubi ketela, singkong, cabai, bawang merah, bawang bombai, jeruk nipis, tomat, sawi, wortel, ketimun, dan tempe . Murid melanjutkan belanja di Carefour Express Meruya. Suara riuh rendah dan suara tenang sepi bergantian. Sebagian mengikuti lomba membuat topping roti manis, sebagian belanja keliling memilih barang belanjaan yang ditugaskan dan masuk dalam barisan antrian di kasir. Kegitan dilengkapi dengan lomba menendang bola ke gawang mini. Suara sorak sorai dan terpingkal-pingkal mewarnai kegiatan. Pada sesi penutupan, murid duduk berbaris menyimak sambutan, pembagian hadiah, dan penyampaian souvenir. Lomba membuat topping roti manis diunggulkan 6 murid, dan lomba bola diunggulkan 3 murid.

Hari berikutnya murid melakukan simulasi di ruang Kelas, sebagian berperan sebagai pembeli dan sebagian menjadi pedagang. Alat dan bahan yang digunakan antara lain uang mainan, barang-barang belanjaan, dan meja-meja kelas. Kelas sangat ramai setelah aba-aba mulai… Murid sambil tertawa-tawa, bersuara keras, menawarkan, membeli, menanyakan harga, minta kembalian,  memasukkan belanjaan ke kantong plastik, ada yang membeli sedikit, ada yang membeli banyak.. Selesai simulasi murid menata kembali alat dan bahan. Ada belajaan yang dimasak dan dimakan bersama, ada juga belanjaan yang dibawa pulang.

Guru bertanya apa yang murid rasakan saat menjadi pedagang dan pembeli? Murid menjawab senang, lelah, suara habis, mau jualan lagi. Alhamdulilah, terlaksana lancar dan murid merasa senang.  Semoga bermanfaat dunia-akhirat ya, Nak..  Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin..