Alhamdulillah Melesat..! (Testing Water Rocket Sederhana Kelas 1 2017-2018)

Pada pekan ke-1/ 5-9 Februari 2018 murid Kelas 1 Exiss ABATA melaksanakan Tematik PTT yaitu Product Technologi Thematic yang dikemas dalam pembinaan karakter Integrity pada proyek Testing Water Rocket. Persiapan proyek dimulai dengan memeriksa kelengkapan water rocket masing-masing murid yang telah dibuat mereka pada proyek sebelumnya, dan informasi Weekly Plan pada hari Jum’at.

Testing Water Rocket adalah kegiatan menguji coba water rocket sederhana dengan cara meluncurkan dengan alat peluncur atau launcher. Pemahaman murid Kelas 1 ini diperkuat dengan menyimak tayangan video peluncuran tahun-tahun sebelumnya. Terdengar suara wuaahhh seirama rocket meluncur tinggi di video. Selanjutnya murid tanya jawab membahas sedikit manfaat water rocket, diantaranya membantu petani menabur benih, membantu menaikkan kabel ke tempat tinggi/sulit, dan membantu nelayan menebar jala/jaring penangkap ikan. Murid juga melakukan simulasi melalui menggunting gambar dan kalimat keterangan kemudian menyusun sesuai tahapan uji coba peluncuran. Diselingi dengan tepuk Water Rocket: ***isi air ***dipompa *** meluncur ***wusss..

Tibalah hari meluncurkan water rocket, murid sambil tertawa-tawa menuruni anak tangga menuju kran air untuk mengisi water rocket dengan air sebanyak setengah dari volume. Keadaan cuaca rintik hujan dan murid tetap antusias berbaris antri uji coba meluncurkan dengan launcher. Beragam suara terdengar saat water rocket meluncur dan melesat tinggi. Beberapa murid ingin mengulang dan mengulangi lagi uji coba peluncuran, hingga harus dihentikan dan mendapat pesan mereka boleh mengulangi lagi peluncuran di rumah bersama Ayah.

Alhamdulilah, terlaksana lancar, murid-murid berhasil meluncurkan water rocket sederhana buatan mereka masing-masing.  Semoga bermanfaat dunia-akhirat ya, Nak..  Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin