Serunya berbagi pengalaman profesi bersama Bunda Dhika, Bunda Bima, dan Ayah Biyan secara nyata….

Memasuki akhir semester ganjil, tema kelas 3 adalah pengalaman kerja. Pengalaman kerja yang dimaksud di tema ini adalah memperkenalkan profesi secara nyata dengan mengundang orang tua siswa/i kelas 3 menjadi narasumber. profesi yang akan dijadikan sebagai pengalaman kerja adalah dokter kandungan, jurnalis, dan physiotherapy.

Di awal pembelajaran, guru bertanya kepada siswa/i “Apa itu pengalaman kerja??” siswa/i pun terdiam dan bingung, sampai akhirnya siswa/i terus menerus bertanya-tanya terkait hal itu. Setelah diputar beberapa video, akhirnya siswa/i pun mulai paham. Di dalam video itu diceritakan berbagai macam profesi diantaranya menjadi dokter yang peduli antar sesama, menjadi chef yang handal, pemain sepakbola yang terkenal, sukses dalam bekerja, jurnalis, dan ada juga profesi officeboys… hehe…

Banyak dari siswa/i tertarik menjadi dokter, pemain sepakbola, chef, artis, arsistek, guru, TNI, polisi, dll. Siswa/i antusias dalam mengungkapkan profesinya. Di kegiatan intro, guru menjelaskan apa tujuan bekerja, macam-macam profesi dan tugasnya, dan contoh gambar dari kegiatan yang terkait profesi yang akan disampaikan ketika action.

Di kegiatan  planning, siswa/i menulis profesi yang diinginkan beserta tugasnya, SubhanaAllah, ternyata siswa/i  A BA TA dapat mendeskripsikan tugas sesuai profesi yang diinginkan dengan baik. Semoga apa yang kalian cita-citakan terkabul dan dapat membahagiakan kedua orangtua… Aamiin.

Tiba harinya, action yang membuat penasaran siswa/i terkait pengalaman kerja datang juga. Alhamdulillah para narasumber datang tepat waktu dengan membawa peralatan terkait profesinya. Bunda Dhika, Bima, dan Ayah Abiyan siap berbagi pengalaman dengan siswa/i dengan penuh semangat. Pengalaman kerja pertama akan disampaikan oleh Bunda Dhika.

  • Bunda Dhika menceritakan suka dan dukanya menjadi seorang dokter kandungan, menyelamatkan seorang bayi dari seorang ibu dan perjuangan seorang ibu ketika melahirkan. Menceritakan ketika harus mengoperasi seorang pasien. selain itu, menceritakan pentingnya mencuci tangan sebelum makan, menutup mulut dengan masker ketika batuk/pilek. Bunda Dhika pun mengajarkan siswa/i mencuci tangan yang baik dengan memberikan sebuah antis dan menyetelkan video baby shack dengan gaya mencuci tangan. siswa/i senang dan ikut mempraktikkan secara bersama-sama sesuai video.

 

  • Waktu menunjukkan pukul 10.15 saaatnya pembicara ke 2 meyampaikan profesinya, sebelum maju pembicaranya, beberapa siswa/i mengira bahwasannya pembicara ke 2 seorang artis. Bunda Bima pun tersenyum malu. Ketika perkenalan ternyata seorang Direktur Penerbit. Siswa/i langsung kaget dikarenakan penampilannya yang seperti artis, hehe. Beliau menceritakan menjadi seorang jurnalis yang hebat. Ketika dalam menyampaikan materi, beliau memberikan contoh-contoh media salah satunya ada youtuber, siswa/i pun mengungkapkan keinginnya menjadi seorang youtuber. Dalam action jurnalis, siswa/i langsung mempraktikkan secara nyata menjadi seorang jurnalis dengan maju kedepan 3 orang siswa untuk menjadi seorang kameramen, narasumber, dan wartawan. SubhanaAllah Bunda Bima sudah siap lengkap membawa perlengakapan. Di dalam action ini, Laquisha menjadi kameramen, Tantry menjadi wartawan yang disertai penggunaan nametag dan mix, dan Rafee menjadi narasumber. Dan Alhamdulillah mereka bisa mempraktikkan dengan baik.

 

  • Selesainya pembicara ke 2 dilanjutkan oleh Ayah Abiyan, Ayah Abiyan memperkenalkan profesinya, siswa/i pun sempat bingung, setelah dijelaskan akhirnya siswa/i pun paham. Di pengalaman kerja physiotherapy, Ayah Abiyan meminta siswa/i untuk berdiri dan melompat setinggi-tingginya. Ternyata barang siapa yang melompat setinggi-tingginya mendapat sebuah reward. Tidak itu saja, Ayah Abiyan pun membuat suatu yel dengan gerakan yang menyenangkan agar siswa/i tidak bosan dalam kegiatan action ini.

Yel-yelnya…

Physiotherapy…..

Sakit Leher (Gerakannya memegang leher)

Sakit pinggang (Gerakannya memegang pinggang)

Sakit lutut (Gerakannya memegang lutut)

Go Physio….

Alhamdulillah kegiatan action pun berakhir, siswa/i senang dan banyak yang masih berharap maju kedepan untuk menjadi seorang jurnalis.

Pada hari Kamis, kami mulai membuat report sesuai materi yang disampaikan pembicara, kami membuat report dengan menggunakan laptop. Di hari Jumatnya kami mempresentasinya… alhamdulilah berakhirnya tema pengalaman kerja, semoga dengan adanya tema Pengalaman Kerja ini, selalu memotivasi siswa/i agar selalu berdoa untuk mencapai cita-citanya dan dijadikan sebagai penagalaman yang bermanfaat.

Terima Kasih Bunda Dhika, Bima, Ayah Abiyan atas ilmu dan pengetahuananya. Pengalaman yang sangat berharga….