Seminar Matematika Nalaria SDIT Exiss Abata

 

 

Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk merencanakan kegiatan kita di masa depan, merincinya serta mengevaluasi kegiatan kita di masa lalu. Sebagai bentuk pengembangan diri dalam mewujudkan perencanaan awal tahun yang baik pada tanggal 9-11 Januari 2018 SDIT Exiss Abata mengadakan seminar bagi para asatidz dan asatidzah bertajuk “Seminar Matematika Nalaria”. Materi disampaikan oleh tim dari klinik MIPA KPM  yang diawali dengan Seminar Rahasia Sukses Hidup Dengan Berfikir Supra-Rasional di hari pertama dilanjutkan metodologi Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR), Eksplorasi Matematika di hari kedua dan ketiga. Matematika Nalaria Realistik (MNR) merupakan suatu terobosan baru dalam pembelajaran matematika. MNR lebih menekankan penggunaan nalar dalam memahami matematika, sehingga pembelajaran ini berbeda dengan pembelajaran matematika di sekolah. Dengan MNR, siswa diajarkan untuk menganalisis masalah, menarik kesimpulan, dan menyelesaikan masalah dengan berbagai metode pemecahan masalah yang berlogika.  Matematika Nalaria Realistik mempunyai ciri-ciri berikut :

  1. Pemberian Masalah Nyata

Dalam MNR siswa diberikan masalah nyata terlebih dahulu pada saat memulai materi pelajaran. Pemberian masalah nyata tersebut untuk menghantar siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan untuk menemukan pengetahuan baru. Masalah nyata tersebut harus memenuhi kriteria :

  • Sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki anak
  • Menyesuaikan dengan cara berpikir anak
  • Melibatkan sebanyak-banyaknya panca indra anak
  • Menggunakan benda-benda di sekitar sebagai peraga matematika
  • Mengembangkan otak kiri dan otak kanan secara seimbang
  1. Pemahaman Konsep

Dalam MNR, konsep matematika diajarkan melalui matematika non formal yang sesuai dengan pengetahuan siswa. Kemudian siswa dihantarkan untuk menyimpulkan konsep tersebut dan menuliskan dalam bentuk matematika formal. Proses pengambilan kesimpulan tersebut merupakan sarana untuk melatih penalaran siswa.

  1. Penalaran dan Komunikasi

Dalam MNR soal dibuat untuk melatih siswa dalam bernalar dan mengkomunikasikan jawaban dalam bentuk uraian dengan baik, sehingga siswa terlatih untuk mengungkapkan idenya dengan sistematis.

  1. Pemecahan Masalah

Dalam MNR diajarkan soal-soal non-rutin yang dibuat untuk melatih kemampuan siswa berpikir kreatif serta melatih siswa untuk menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah dengan merekonstruksi materi-materi yang sudah dipelajari sebelumnya

  1. Aplikasi dalam Kehidupan

Dalam MNR siswa dilatih untuk mengetahui aplikasi konsep matematika yang dipelajari dalam kehidupan, sehingga siswa dapat mengetahui maksud dan tujuan belajar suatu konsep matematika dan semakin tertarik untuk mempelajari materi berikutnya

  1. Eksplorasi Matematika

Dalam MNR siswa dilatih bereksplorasi. Selain bertujuan untuk melatih ketrampilan psikomotorik, siswa juga dilatih untuk memiliki semangat pantang menyerah dan berpikir kreatif.

  1. Permainan Matematika

Dalam MNR terdapat permainan matematika yang bertujuan untuk membuat siswa merasa senang belajar matematika dan mempermahir pemahaman konsep matematika yang sudah dipahami dengan permainan tersebut.