Memperkaya Informasi dengan Kegiatan Kunjungan Pendidikan

Kunjungan pendidikan merupakan kegiatan di luar kelas yang bertujuan untuk mempelajari proses yang sebenarnya langsung di lapangan. Mendengar kata kunjungan pendidikan, boleh dibilang semua murid merasa gembira karena mereka dapat memperkaya informasi factual dan membuat teori dalam buku lebih berarti. Persiapan kegiatan ini pun dilakukan, seperti melakukan kegiatan introduction yaitu pengetahuan awal tentang objek yang akan diamati. Kegiatan planning dengan pembentukan kelompok dan pembagian kerja dalam kelompok untuk melakukan pengamatan.

Rasa ingin tahu mereka semakin berkembang ketika pada hari Kamis, 7 September 2017, mereka melakukan kunjungan pendidikan ke Museum Air Tawar dan Serangga serta Skyworld untuk memperluas pengertian dan pengalaman mereka dengan mengamati ciri khusus makhluk hidup. Setiap makhluk diciptakan memiliki ciri khusus, baik itu tumbuhan atau hewan, ciri-ciri tersebut memiliki beragam fungsi dan manfaat yang kebanyakan berguna untuk kelangsungan hidup makhluk hidup tersebut. Perbedaan ciri khusus ini disebabkan oleh perbedaan iklim dan habitatnya.

Begitu pula ketika mereka berada di Skyworld, kesadaran mereka memuncak terhadap benda langit yang berada tepat di atas kepala mereka. Dengan deskripsi kondisi terkini solar system, mempertajam pengetahuan mereka tentang tata surya yaitu kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya.

Pengamatan yang menyenangkan dan bermanfaat dalam kunjungan pendidikan ini, memberikan suasana relaksasi di tengah rutinitas yang terkadang menjemukan dan mempererat keakraban dengan teman satu kelas dan melatih kerjasama dalam suatu kelompok.