CITA-CITA DAN KUNJUNGAN PENDIDIKAN

pekan ke-4 tepatnya tanggal 21 Agustus 2017 adalah tema projeck Tematik yang dilaksanakan di sekolah kami SDIT A BA TA siswa kelas V (Lima), dipekan ini siswa diarahkan sedini mungkin untuk tahu cita-cita terbesarnya dan kelak dikemudian hari cita-cita tersebut bisa terwujud.

Pohon cita-cita dibuat untuk selalu ingat akan harapan tinggi yang harus diraih siswa dalam perjuangan belajarnya, karna dengan belajar manusia akan mendapatklan ilmu dan dengan ilmu Allah SWT akan tinggikan derajat manusia beberapa derajat, sesuai dengan janji Allah dalam QS Al Mujadalah Ayat 11:

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ

Artinya :

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)

Hari senin adalah Intro tentang cita-cita, dan siswa diharapkan dari intro tersebut mampu membuat tulisan (nama, ttl,, visi/misi dan cita-cita) yang nantinya tulisan tersebut akan dimasukan kedalam sebuah botol kecil dan kemudian digantung diranting pohon seperti gambar disamping ini, selain itu tulisan cita-cita tersebut akan ditempel dibuku siswa dan karton yang sudah disediakan untuk nantinya dipajang didalam kelas agar siswa selalu ingat citacita besarnya.

Tema ini juga kami mengajak siswa untuk berkunjung melihat, mencatat sekaligus meng-edukasi seni rupa dan tekstil, tepatnya di Musium keramik dan Tekstil hal ini sebagai referensi seorang siswa untuk bisa menjadi pengusaha keramik maupun pengusa batik. Setelah melihat, mencatat dan mengamati hasil karya seni rupa, kami pun melanjutkan untuk membuat langsung karya seni rupa tersebut, kali ini kami membuat seni rupa keramik dari bahan dasar tanah liat. Terlihat jelas bahwa siswa/i begitu antusias dan bergembira bisa andil langsung dalam pembuatan karya seni tersebut, terlebih proses pembuatan tersebut dipandu langsung oleh tim ahlinya, mulai dari teknik dasar sampai pada teknik yang paling sulit dan hal ini tentunya tidak akan terlupakan oleh kami semua.

 

Waktupun menunjukan pukul 12:00 menandakan kegiatan pembuatan keramik tersebut harus berakhir dan tentu hal ini terasa sebentar bagi siswa/i tapi meskipun kegiatan tersebut terasa sebentar, kami pun cukup puas karna karya terbaik kami selesai dengan bagus. Akhirnya ISHOMA pun kami lalui untuk sedikit melepas aktifitas kegiatan tersebut. Tepat jam 13:00 kami melanjutkan kunjungan pendidikan ke Musium Tekstil. Begitu indah dan terpesonanya siswa/i ketika melihat motif batik yang tersusun rapi didalam musium yang tertutup oleh kaca besar. Kami pun diarahkan oleh tim pemandu musium untuk melihat motif batik dari berbagai kota yang ada di Indonesia. Pada akhirnya kami menyimpulkan begitu indah dan bangganya kami menjadi anak bangsa Indonesia atas ragam dan bentuk seni rupa yang tersimpan dengan rapih dan tentu karya seni ini menjadi warisan bangsa kami. I Love You Indonesia.