Selamat Hari Raya Idul Adha

Allahu akbar Allahu akbar wa lillahil hamd

Suara takbir mengiringi penyembelihan hewan kurban, tanggal 11 dzulhijjah 1438 bertepatan dengan tanggal 2 september 2017 Yayasan Abacu LPI ABATA  melangsungkan penyembelihan hewan qurban. Tiga hari setelah hari raya idul adha merupakan hari diharamkannya bagi ummat islam berpuasa, atau lebih kita kenal dengan hari tasyrik. Idul adha merupakan hari penting bagi kita, kaum muslimin setelah idul fitri. Sunnah penyembelihan hewan qurban tidak lepas dari peristiwa penting Ibrahim dan Ismail alaihimassalam.

Pengorbanan nyata seorang ayah bernama Ibrahim, atas ketaatannya terhadap perintah Allah kepadanya. Wahyu yang turun melalui mimpi beliau, Allah perintahkan nabi Ibrahim untuk meyembelih anaknya. Ismail, anak laki-laki yang selama ini diidamkan kehadirannya di tengah keluarga. Esok harinya Ibrahim sampaikan mimpinya kepada ismail.

“Anakku Ismail, sesungguhnya semalam aku bermimpi menyembelihmu” dengan tabah nabi Ibrahim sampaikan wahyunya kepada Ismail. Dan apa jawaban Ismail? Dengan tegas dan mantap “Wahai ayahku! Laksanakanlah apa yang telah diperintahkan oleh Allah kepadamu. Engkau akan menemuiku insya-Allah sebagai seorang yang sabar dan patuh kepada perintah.”

Bahwa Ibrahim dan Ismail adalah contoh ketaatan luar biasa seorang hamba kepada Allah, tanpa banyak pertanyaan tanpa banyak keluhan mereka taati perintah Allah. Meskipun akhirnya Allah SWT ganti ismail dengan domba. Ketulusan Ibrahim merupakan bukti bahwa apa yang ia miliki sesungguhnya hanya titipan dari Allah, ada masa dimana kita harus rela melepas segala sesuatu yang sifatnya sementara. Maka atas ketaatan dan keikhlasan Ibrahim dan Ismail Alaihimassaalam Allah abadikan peristiwa ini di hari Idul adha.

Hari besar yang tidak boleh kita lewatkan ini, menjadi alasan kuat Yayasan Abacu LPI ABATA mengadakan penyembelihan hewan kurban. Adapun rinciannya sebagai berikut :

Kurban kali ini adalah berupa 6 ekor sapi (Seekor dari Ibu Hj. Meriayanawati, seekor dari Mama Richa, seekor dari Ibu Sita dkk serta 3 ekor dari infak siswa). Kemudian 12 ekor kambing (Seekor dari Tangguh siswa Kls 1 Abu Bakar Ashiddiq, 2 ekor dari Akhdan siswa TK, selebihnya merupakan hasil infaq siswa). Untuk tahun ini kupon daging kurban dibagikan sebanyak 800 kupon.

Bahwa idul adha mengajarkan kita bahwa tidak ada alasan untuk tidak taat kepada Allah.

Wallahu A’lam bishawab