Kunjungan Pendidikan ke Marinir Hartono

Pagi di hari Kamis, 24 Agustus 2017 menjadi hari yang tidak biasa. Jam 07.00 WIB di lapangan sudah mulai riuh dan heboh dengan persiapan anak-anak kelas 4 SD EXISS ABATA yang akan berkunjung ke Kesatrian Marinir Hartono yang beralamat di Cilandak Jakarta Selatan. Itu merupakan kunjungan yang tak biasa untuk mereka sehingga mereka terlihat sangat antusias.

Adapun tujuan kedatangan siswa-siswi kelas 4 ke sana adalah selain merealisasikan program Semester I berupa kunjungan pendidikan, juga  untuk belajar secara langsung tentang profesi TNI, alat dan kendaraan perang, dan mencoba langsung kendaraan dan alat perang. Marinir Hartono adalah tempat yang sangat tepat sebagai laboratorium hidupnya. Harapannya adalah siswa kelas 4 nantinya bisa menghargai setiap profesi yang digeluti oleh orang lain terutama orang tuanya, serta mampu merealisasikan cita-cita mereka.

Sebelum berangkat, kelengkapan dicek satu persatu dan kemudian dibariskan sesuai kelompoknya. Ada 9 kelompok yang mengikuti kegiatan ini. Masing-masing kelompok beranggotakan 1 orang pendamping  dan 7 sampai 9 orang anggota/siswa. Semua telah siap pada barisan untuk mendapatkan pengarahan dari Kepala Sekolah SD EXISS ABTA Bapak Encep Sopyan Sori, M.Pd.I  yang intinya memberi semangat, mengingatkan untuk sopan dan sesuai aturan, serta belajar dengan baik di  Marinir Hartono.

Akhirnya pembekalanpun ditutup dengan do’a, dan jam 07.40 WIB pasukanpun berangkat menggunakan 2 bis besar yang telah disewa.

Sampai di Marinir Hartono pukul 09.00 WIB langsung di sambut oleh pasukan TNI AL bersenjata yang dipimpin oleh Bapak Haryono. Siswa-siswi berbaris sesuai kelompoknya untuk melihat PBB bersenjata yang ditampilakan oleh perwira TNI AL.

Selanjutnya pasukan kelas 4 diajak ke Monumen Yasa Wira Perkasa, yaitu tempat yang digunakan untuk mengenang para perwira TNI AL yang telah gugur dalam tugas. Kita sangat bangga bisa menyaksikan nama-nama perwira yang gugur dalam menjalankan tugas sebagai TNI AL.

Berlanjut ke Resimen Kavaleri, yaitu sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan kendaraan perang yang dimiliki oleh TNI AL. Di sana kami mendengarkan penjelasan dari Bapak Brigif tentang jenis kendaraan perang TNI AL. Setelah itu kami diizinkan untuk jalan-jalan menggunakan tank amfibi.

Selanjutnya ke Resimen Arteleri, yaitu sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan kesenjataan marinir di resimen. Di sana kami menyaksikan kehebatan sebagian senjata perang yang dimiliki TNI AL. Selain itu, kami mengetahui cara membongkar dan memasang senjata dari yang kecil, sedang dan besar.

 

Dipenghujung kegiatan kunjungan Pendidikan ke Marinir Hartono, kami kembali menyaksikan peragaan busana. Siswa-siswi kelas 4 diperkenalkan seragam dari berbagai jenis kesatuan dan busana dalam berbagai kegiatan di TNI AL.

 

Terakhir, acara kunjungan ditutup dengan memberikan cinderamata sebagai ungkapan terima kasih kepada Perwira di Marinir Hartono yang telah mengizinkan dan memberikan bimbingan kapada kami.