Mengenal Panca Indera

Pada tanggal 9 Agustus 2017, siswa kelas 4 SDIT Abata mengadakan proyek tematik dengan tema Panca Indera. Pada hari itu, siswa-siswa melakukan percobaan indera penglihatan, indera penciuman, indera peraba dan indera perasa.  Siswa diminta membawa bahan berupa Jahe, Kunyit, Lengkuas dan asem, sementara gula dan garam disediakan oleh pj tematik. Sebelum percobaan hari rabu, hari senin diawali oleh pendahuluan tentang Panca indera serta fungsinya dan mengumpulkan bahan, hari selasa mengumpulkan bahan bagi yang belum dan menggambar poster panca indera. Hari Rabu, saat action,dimulai dengan briefing ketua kelompok agar dapat menjelaskan kepada anggota kelompoknya.

Percobaan indera penglihatan dimulai dengan ketua kelompok mengarahkan senter kearah mata anggotanya dan melihat perbedaan pupil yang di senter dan yang tidak disenter, hasilnya pada pupil yang disinari senter, menjadi mengecil sementara pada pupil apabila tidak disenteri akan membesar. Hal ini sesuai dengan fungsi pupil, yakni mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk. Percobaan selanjutnya, yakni indera perasa, siswa-siswi diminta untuk merasakan garam, gula dan asem, untuk menentukan reseptor yang lebih terasa di lidah. Hal ini sesuai, sebab di lidah setiap manusia terdiri dari papilla (reseptor) yang dapat merasakan lebih kuat asin, manis atau asem sesuai bagiannya. Percobaan terakhir, indera pencium dan indera putup peraba, siswa-siswi diminta untuk menutup matanya dan menebak manakah yang termasuk kunyit, lengkuas dan jahe. Sebagian besar siswa agak sulit menebak karena menutup mata dan belum bisa membedakan hanya dengan meraba, namun setelah diminta mencium baunya (sambil dengan menutup mata) hampir sebagian besar dapat menebaknya dengan benar, karena baunya yang berbeda, hal ini sesuai dengan teori karena terdapat serabut saraf di hidung yaitu olfaktori yang dapat membedakan antara satu bau dengan bau lainnya.

Akhir percobaan, siswa-siswi mengisi form laporan yang hasil akhirnya untuk di presentasikan pada hari jumat bersamaan juga dengan mempresentasikan gambar poster panca indera yang diselesaikan pada hari kamis. (NAR)