Author Archives: Alifah, S.Pd

Mengenal lebih Dekat Sistem Peredaran Darah Kita.

Di dalam tubuh kita terdapat alat peredaran darah yang berfungsi untuk mengatur beredarnya darah. Darah membutuhkan waktu kurang dari 90 detik untuk beredar ke seluruh tubuh melalui 100 ribu km pembuluh darah. Kelas 5 SD EXISS ABATA pada pekan ke-3 bulan November mengambil tema Human Circulatory System. Pada tema tersebut siswa belajar mengetahui lebih jauh tentang darah, bagaimana cara jantung bekerja, peredaran darah, pembuluh darah, penyakit-penyakit pada darah dan organ peredaran darah serta cara menjaga organ peredaran darah manusia.

Pada hari Senin kami dijelaskan segala sesuatu yang terkait dengan sistem peredaran darah. Menonton  video bagaimana bentuk darah dan bagaimana darah beredar setiap harinya membuat badan kami bergetar. Kami menghitung denyut nadi  masing-masing untuk belajar dan mengamati sendiri bagaimana cara jantung kami bekerja. Karena denyut jantung seirama dengan denyut pembuluh darah. Mengetahui bagian –bagian jantung beserta fungsinya masing-masing, mengetahui dan mengamati sendiri pembuluh darah  yang dapat terlihat dari permukaan tubuh kami seperti pembuluh vena. Dijelaskan tentang macam-macam peredaran darah manusia dan bagaimana perjalanan darah mengelilingi tubuh kami mulai dari jantung sampai kembali lagi ke jantung. Dijelaskan tentang penyakit hemophilia, leukemia, animea, varises dan jantung koroner. Mendengar cerita ustd/ustz tentang penyakit-penyakit tersebut membuat kami ngeri…. tapi juga penasaran untuk mengetahui lebih jauh. Berbagai penyakit darah dan organ peredaran darah semakin mengevaluasi diri kami untuk selalu menjaga dan mensyukuri nikmat sehat yang Allah SWT berikan setiap harinya.

Untuk lebih memudahkan kami memahami  bagaimana system peredaran kami bekerja, kami diminta untuk membuat media sytem peredaran darah. Media tersebut dapat kami mainkan dengan mobil-mobilan dan juga dengan tapak kaki. Masing-masing kelompok membuat desain peredaran darah di atas duplex dan bahan spanduk. Kami menggambar dan mewarnai gambar system peredaran darah dengan sebagus mungkin menggunakan crayon. Untuk yang menggunakan duplex kami menambahkan potongan-potongan sedotan dipinggir-pinggir gambar. Sedotan tersebut berfungsi sebagai dinding pembatas arena jalannya mobil-mobil darah yang akan lewat di gambar system peredaran darah tersebut. Setelah gambar selesai kami diminta memberikan keterangan pada gambar tersebut dalam bahasa Inggris. Media tersebut kami buat dalam waktu dua hari yaitu di hari Selasa dan hari Rabu.

Pada hari jumat barulah kami memainkan media tersebut. Kami diminta menjalankan mobil-mobil darah yang mengandung oksigen tersebut berdasarkan pertanyaan yang diberikan oleh ustd/ ustz. Selain dengan mobil-mobilan kami diminta juga untuk berjalan –jalan dan melompat-lompat memainkan media peredaran darah yang terbuat dari spanduk. Perjalanan dan lompatan yang  kami lakukan juga sesuai dengan pertanyaan yang diberikan ke kami. Melakukan permainan tersebut membuat kami merasakan seperti darah yang sedang melakukan tugasnya berkeliling tubuh. Dengan permainan tersebut juga membuat kami  semakin paham tentang segala sesuatu yang terjadi di system peredaran darah kami.