Author Archives: Djuhanah Siti Sareh, S.Pd.I

Survey & Simulasi Pasar Kelas 1 2017-2018

Pada pekan ke-1/ 9-13 April 2018 murid Kelas 1 Exiss ABATA melaksanakan Tematik BCT yaitu Business & Carieer Thematic yang dikemas dalam pembinaan karakter Earth Caring pada proyek Survey & Simulasi Pasar. Persiapan proyek dimulai dengan informasi menyiapkan uang belanja dan uang mainan di Weekly Plan pada hari Jum’at.

Survey & Simulasi Pasar adalah kegiatan mengunjungi pasar tradisional dan pasar modern/swalayan sebagai salah satu persiapan melakukan simulasi jual beli di Kelas. Pemahaman murid Kelas 1 ini diperkuat dengan menyimak tayangan video jual beli di pasar tradisional dan di pasar modern/swalayan. Murid tertawa lebar, tanpa aba-aba guru langsung ngobrol dengan teman tentang tayangan. Selanjutnya murid tanya jawab membahas sedikit pengalaman pergi ke pasar.. Murid mencermati perbedaan pasar tradisional dan pasar modern, daftar belanjaan yang akan dibeli, daftar kelompok, dan persiapan perlengkapan yang dibawa saat mengunjungi ke pasar.

Hari Selasa murid dengan seragam olahraga berkumpul di Masjid Al Hikmah Taman Aries untuk sholat Dhuha’, muroja’ah, bersama pendamping briefing belanjaan, snack time, dan berbelanja barang yang ditugaskan di pasar tradisional ada kentang, jagung, bayam, buncis, ubi ketela, singkong, cabai, bawang merah, bawang bombai, jeruk nipis, tomat, sawi, wortel, ketimun, dan tempe . Murid melanjutkan belanja di Carefour Express Meruya. Suara riuh rendah dan suara tenang sepi bergantian. Sebagian mengikuti lomba membuat topping roti manis, sebagian belanja keliling memilih barang belanjaan yang ditugaskan dan masuk dalam barisan antrian di kasir. Kegitan dilengkapi dengan lomba menendang bola ke gawang mini. Suara sorak sorai dan terpingkal-pingkal mewarnai kegiatan. Pada sesi penutupan, murid duduk berbaris menyimak sambutan, pembagian hadiah, dan penyampaian souvenir. Lomba membuat topping roti manis diunggulkan 6 murid, dan lomba bola diunggulkan 3 murid.

Hari berikutnya murid melakukan simulasi di ruang Kelas, sebagian berperan sebagai pembeli dan sebagian menjadi pedagang. Alat dan bahan yang digunakan antara lain uang mainan, barang-barang belanjaan, dan meja-meja kelas. Kelas sangat ramai setelah aba-aba mulai… Murid sambil tertawa-tawa, bersuara keras, menawarkan, membeli, menanyakan harga, minta kembalian,  memasukkan belanjaan ke kantong plastik, ada yang membeli sedikit, ada yang membeli banyak.. Selesai simulasi murid menata kembali alat dan bahan. Ada belajaan yang dimasak dan dimakan bersama, ada juga belanjaan yang dibawa pulang.

Guru bertanya apa yang murid rasakan saat menjadi pedagang dan pembeli? Murid menjawab senang, lelah, suara habis, mau jualan lagi. Alhamdulilah, terlaksana lancar dan murid merasa senang.  Semoga bermanfaat dunia-akhirat ya, Nak..  Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin..

Alhamdulillah Melesat..! (Testing Water Rocket Sederhana Kelas 1 2017-2018)

Pada pekan ke-1/ 5-9 Februari 2018 murid Kelas 1 Exiss ABATA melaksanakan Tematik PTT yaitu Product Technologi Thematic yang dikemas dalam pembinaan karakter Integrity pada proyek Testing Water Rocket. Persiapan proyek dimulai dengan memeriksa kelengkapan water rocket masing-masing murid yang telah dibuat mereka pada proyek sebelumnya, dan informasi Weekly Plan pada hari Jum’at.

Testing Water Rocket adalah kegiatan menguji coba water rocket sederhana dengan cara meluncurkan dengan alat peluncur atau launcher. Pemahaman murid Kelas 1 ini diperkuat dengan menyimak tayangan video peluncuran tahun-tahun sebelumnya. Terdengar suara wuaahhh seirama rocket meluncur tinggi di video. Selanjutnya murid tanya jawab membahas sedikit manfaat water rocket, diantaranya membantu petani menabur benih, membantu menaikkan kabel ke tempat tinggi/sulit, dan membantu nelayan menebar jala/jaring penangkap ikan. Murid juga melakukan simulasi melalui menggunting gambar dan kalimat keterangan kemudian menyusun sesuai tahapan uji coba peluncuran. Diselingi dengan tepuk Water Rocket: ***isi air ***dipompa *** meluncur ***wusss..

Tibalah hari meluncurkan water rocket, murid sambil tertawa-tawa menuruni anak tangga menuju kran air untuk mengisi water rocket dengan air sebanyak setengah dari volume. Keadaan cuaca rintik hujan dan murid tetap antusias berbaris antri uji coba meluncurkan dengan launcher. Beragam suara terdengar saat water rocket meluncur dan melesat tinggi. Beberapa murid ingin mengulang dan mengulangi lagi uji coba peluncuran, hingga harus dihentikan dan mendapat pesan mereka boleh mengulangi lagi peluncuran di rumah bersama Ayah.

Alhamdulilah, terlaksana lancar, murid-murid berhasil meluncurkan water rocket sederhana buatan mereka masing-masing.  Semoga bermanfaat dunia-akhirat ya, Nak..  Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin

Membuat Es Kelapa Muda Kelas 1

Pada pekan ke-4 Nopember 2017 murid Kelas 1 Exiss ABATA melaksanakan Tematik BCT yaitu Business and Carieer Thematic yang dikemas dalam pembinaan karakter Creativity pada proyek Membuat Es Kelapa Muda. Persiapan proyek dimulai dengan Weekly Plan dengan catatan informasi yang perlu dibawa murid pada hari Senin.

Hari Senin, 20 Nopember  2017 murid melaksanakan tahapan Introduction. Murid mengamati slide untuk mengeksplor tentang pohon kelapa. Mengeksplor tentang keistimewaan pohon kelapa, bagian-bagiannya, dan berbagai manfaatnya. Murid menonton video-video tentang membuat es kelapa muda. Murid menyebutkan kegiatan yang dilakukan dalam tayangan. Murid menyebutkan benda-benda dalam video yang berbentuk bangun ruang. Murid mengelompokkan bangun ruang yang tersaji dalam video (Matematika).

Hari Selasa, 21 Nopember 2017 murid melaksanakan tahapan Planning. Murid dengan bimbingan wali kelas membicarakan rencana kegiatan membuat es kelapa muda. Murid menyebutkan alat dan bahan membuat es kelapa berdasarkan pengalamannya. Murid menyebutkan kembali alat dan bahan sesuai gambar yang ditampilkan slide. Murid membaca lancar teks urutan kegiatan dan tata tertib membuat es kelapa muda, dengan jeda dan suku kata serta huruf (Bahasa Indonesia).

Hari Rabu, 22 Nopember 2017 murid melaksanakan tahapan Action. Murid bersama guru menyebutkan kembali urutan kegiatan dan tata tertib membuat es kelapa muda. Murid bersama guru membicarakan bahwa membuat es kelapa muda termasuk perbuatan baik, misalnya untuk bersyukur kepada Allah. Allah SWT akan menambah nikmat bila kita melaksanakan perintahnya diantaranya  syahadat, sholat, berzakat, berpuasa, dan menunaikan haji bila mampu. Murid menyebutkan Rukun Islam dengan bantuan tepuk Rukun Islam (PAI). Murid dengan bimbingan guru menyebutkan perbuatan baik yang lain dan berbuat baik itu sangat diutamakan sesuai Hadits Nabi SAW tentang “Keutamaan Berbuat Baik” (HR. At Tirmidzi).

Hari Kamis, 23 Nopember 2017 murid melaksanakan tahapan Report. Murid dan guru membicarakan bahwa membuat es kelapa muda bisa dilakukan di rumah bersama anggota keluarga. Murid dengan bimbingan guru menyebutkan anggota keluarga dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Murid secara kelompok menulis di lembar karton laporan kegiatan membuat es kelapa muda; dengan iringan musik instrument lagu nasional dan lainnya. Kelas ramai dan meriah. Murid dalam kelompok riuh membagi tugas untuk menulis judul besar, tanggal, tujuan proyek, alat dan bahan yang digunakan, langkah pembuatan, kesimpulan bermotivasi, dan created by. Murid dipersilahkan menghias laporan dengan berbagai gambar tentang es kelapa muda. Kelas tambah ramai membicarakan aku mau menggambar ini.. aku gambar ini..

Hari Jum’at, 22 September 2017 murid melaksanakan tahapan Presentasi. Murid duduk berkelompok putra dan kelompok putri. Murid secara bergantian menjadi kelompok presenter dan kelompok penyimak. Murid perwakilan (c.q bergiliran) terlihat sangat antusias saat bertugas menjadi petugas merekam presentasi; duduk di kursi merekam dengan camera kelas sambil senyum lebar dan tertawa tanpa suara. Presentasi dilakukan di depan kelas dengan bantuan teks pada slide: Assalamu ‘alaikum wr.wb.. Kami dari kelompok __ terdiri dari (murid menyebutkan nama masing-masing bergantian dengan gaya) akan mempresentasikan proyek Membuat Es Kelapa Muda. Proyek ini bertujuan __. Alat dan bahan yang kami gunakan antara lain __. Tahapannya adalah __. Demikian presentasi kami, apakah teman-teman ada yang ingin bertanya? Silahkan __ (perwakilan kelompok penyimak). Terimakasih atas pertanyaannya. (Presenter membuat lingkaran untuk diskusi menyamakan kalimat jawaban yang akan diucapkan bersama-sama).

Jawabannya adalah __. Bila tidak ada yang bertanya lagi, kami tutup presentasi ini, terimakasih atas perhatiannya, wassalamu ‘alaikum wr.wb.. Murid mendapat reward tepuk tangan bersama, kata hebat, ekspresi sangat senang dan memuji, dan/atau memberikan isyarat ibu jari, setelah presentasi. Sebagian murid tampil presentasi dengan gerakan gaya, sebagian berdiri tegap, sebagian bersuara lantang, dan sebagian kurang terdengar. Beberapa murid penyimak ikut bersuara bersamaan presenter ataupun mendahului; sepertinya mulai hafal dengan kalimat-kalimat yang diucapkan dalam presentasi rutin.

Untuk menutup proyek Es Kelapa Muda ini, murid menjawab pertanyaan guru bahwa murid bisa dan merasa senang melaksanakan proyek ini. Beberapa murid dengan antusias berkeinginan membuat es di rumah bersama Bundanya. Semoga bermanfaat dunia akhirat ya, Nak.. Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin.

Semarak Muharrom

Pada pekan ke-3 September 2017 murid Kelas 1 Exiss ABATA melaksanakan Tematik EST yaitu Emotional and Social Thematic yang dikemas dalam pembinaan karakter Planning Skill pada proyek Semarak Muharrom. Persiapan proyek dimulai dengan Weekly Plan, informasi lagu, dan informasi agar wali murid menyiapkan pakaian nuansa putih untuk ananda kenakan pada hari Jum’at.

Hari Senin, 18 September  2017 murid melaksanakan tahapan Introduction. Murid mengamati slide untuk mengeksplor tentang Santunan, nama-nama bulan Masehi dan Hijriyah. Mengeksplor tentang keistimewaan bulan Muharrom yang menjadi salah satu sumber belajar murid melalui video yang diunggah dari internet. Keistimewaan itu diantaranya (1) termasuk empat bulan Haram (suci), firman Allah SWT dalam QS. At Taubah/9: 36; (2) dinamakan juga Syahrullah atau Bulan Allah, dalam Hadits Nabi SAW (HR. Muslim); (3) merupakan bulan kemenangan Nabi Musa AS atas Fir’aun, dalam Hadits Nabi SAW (HR. Al Bukhary); (4) saat disunnahkan puasa hari Asyura’, dalam Hadits Nabi SAW (HR. Muslim); (5) saat disunnahkan puasa tasu’a untuk berbeda dengan Yahudi, dalam Hadits Nabi SAW (HR. Ath Thabrani dan Baihaqy serta Ibnu Huzaimah); (6) saat puasa sunnah tanggal 11 Muharram, dalam hadits Nabi SAW (HR. Ahmad); (7) saat bersedekah pada hari ‘Asyuro. Murid mengamati contoh kegiatan bersedekah. Murid menonton video dan lagu yang mengandung hikmah untuk memotivasi dan mengembangkan empati. Berbagai ekspresi yang muncul di wajah anak kelas satu di kelas In syaa Allah menunjukkan respon neurons atau koneksi sinaptik yang banyak atas hikmah dari tayangan video/lagu. Beberapa mata terlihat berkaca-kaca. Murid menyebutkan kegiatan yang dilakukan dalam tayangan dan kegiatan yang dilakukan setiap hari. Murid menentukan lama atau sebentar untuk contoh kegiatan yaitu saat: latihan dan tampil, ibu memasak dan makan, tidur siang dan tidur malam, naik tangga dan meluncur di perosotan, mandi dan menyikat gigi (Matematika).

Hari Selasa, 19 September 2017 murid melaksanakan tahapan Planning 1. Murid membaca kalimat Murid Kelas 1 latihan penampilan pada siang hari. Lalu membaca lagi kata siang. Lalu membaca  ng. lalu menebalkan huruf n dan g, serta kata lainnya ( Bahasa Indonesia). Murid dengan bimbingan wali kelas membicarakan rencana tampil dalam acara santunan pada hari Jum’at, 2 Muharrom 1439 H/ 22 September 2017. Persiapan dilakukan dengan melibatkan wali murid membantu mengingatkan ananda agar menghafalkan atau mengulang-ulang lagu tampilan di berbagai kesempatan di rumah. Planning hari pertama murid latihan tampil di ruang kelas. Murid putri di shaf depan dan murid putra di shaf belakang. Murid dipersilahkan mengukur bahu untuk menentukan posisi masing-masing. Murid yang lebih tinggi di belakangnya, dan di pinggirnya. Murid terlihat lebih menikmati latihan saat tampilan lagu diselingi lagu lain atau video lucu.

Hari Rabu, 20 September 2017 murid melaksanakan tahapan Planning 2. Murid menyebutkan kembali perilaku terpuji: jujur, bertanggungjawab, hidup bersih, dan disiplin. Murid bersama guru menyebutkan berbagai contoh disiplin, salah satunya adalah latihan penampilan dengan tenang (c.q tertib). Murid menentukan benar atau salah setiap kalimat perilaku terpuji yang diajukan pada soal (PAI). Murid latihan tampil di area terbuka lantai outbound di lantai 1. Latihan gabungan kelas 1 Abu Bakar, 1 ‘Umar, dan 1 ‘Utsman, dengan formasi seperti saat penampilan nanti dengan posisi masing-masing murid mirip seperti posisi saat di kelas. Murid latihan dengan gerakan yang dipandu para Ustadzahnya yaitu Ustadzah Ary Yustanti, S.Pd.I, Ustadzah Sri Rahayu, S.E, Ustadzah Maemunah, S.Pd, Ustadzah Arfiah, S.Sos, dan Ustadzah Djuhanah, S.Pd.I, serta Ustadzah Syarifah, S.Sos, yang sambil tergabung menyiapkan santunan. Icebreaking dilakukan dengan reward jumlah bintang secara lisan, acungan jempol, dan bermain/game tepuk. Murid dipersilahkan bersiapan-siap untuk pulang setelah dipilih yang bisa menjawab dengan benar tentang kedatangan besok, keadaan saat datang, pakaian yang digunakan, apa saja yang dibawa, dan yang paling kompak membaca do’a penutup. Yang terlewati dari latihan ini yaitu pemilihan murid untuk menjadi pemandu gerak teman-temannya saat tampil di acara santunan.

Hari Kamis, 21 September 2017 hari libur nasional Tahun Baru Islam 1 Muharrom 1439 Hijriyah.

Hari Jum’at, 22 September 2017 murid melaksanakan tahapan Action. Murid berwudhu’ sebelum sholat Dhuha’ dilanjutkan makan snack, lalu berbaris menuju halaman gedung B untuk ikut serta acara Santunan Muharrom. Murid-murid Kelas 1 gabungan dari Kelas 1 Abu Bakar, Kelas 1 ‘Umar, dan Kelas 1 ‘Utsman, menyajikan penampilan nasyid terjemahan surat Al Fatihah. Murid ada yang tampil sungguh-sungguh mengikuti gerakan pemandu, ada yang badannya diam tapi suara lantang, ada yang bernyanyi pelan sambil menoleh-noleh, ada yang tangan diangkat setinggi kepala, ada yang wajahnya berhadapan berdua, ada yang menoleh ke temannya di belakang dalam waktu lama, ada yang seluruh badan berputar ke kiri dan ke kanan, …Alhamdulillah mereka tampil lancar.. Beberapa suara terdengar eehh ade kamu lucu banget liat deh.. Yaa Allaaaaahh..

Beberapa kesan ananda terucap saat di kelas. Alhamdulilah, semoga dapat menunaikan berbagai tugas lain dengan baik, lancar, dan gembira; serta bermanfaat dunia-akhirat ya, Nak..  Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin.